Minggu, Juni 14, 2009

KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA ASING SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2008/2009



KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA ASING SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
A. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMA/MA
1. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. LISTENING (Mendengarkan)
    Memahami makna teks lisan berbentuk teks fungsional pendek, percakapan dan teks monolog sederhana berbentuk naratif (narrative, recount, news item) dan deskriptif (report, descriptive,explanation) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  2. READING (Membaca)
    Memahami nuansa makna di dalam teks tertulis seperti teks fungsional pendek dan esai berbentuk naratif (narrative, recount, news item), deskriptif (report, descriptive, explanation) dan argumentatif(exposition, discussion) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II. KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu dan informasi rinci dari sebuah percakapan
  2. Memberikan respons yang tepat terhadap percakapan yang berisi ungkapan simpati, rasa suka/tidak suka, undangan, permintaan/ pemberian dan penolakan izin, serta kepuasan/ ketidakpuasan yg iperdengarkan
  3. Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang ada di dalam percakapan
  4. Menentukan gambar yang sesuai dengan teks monolog yang diperdengarkan
  5. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu,dan informasi rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan
  6. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, informasi rinci tersirat, makna kata dari teks tertulis seperti teks fungsional pendek berbentuk
  7. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, makna kata, tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter
  8. Menentukan informasi tertentu, gambaran umum, makna kata, tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure
  9. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, pikiran utama paragraf tertentu, pesan moral, tujuan komunikatif, makna kata informasi tersirat, rujukan kata dari teks tertulis berbentuk essai
  10. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, makna kata dari teks tertulis berbentuk news item
  11. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, pikiran utama, makna kata, informasi tertentu dari teks tertulis berbentuk
  12. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan komunikasi, informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk report
  13. Menentukan gambaran umum, makna kata, informasi tertentu,informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk
  14. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan komunikasi, informasi rinci, makna kata dari teks esai berbentuk exposition
  15. Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat,
    informasi tertentu, makna kata, informasi tersirat dari teks esai berbentuk discussion
  16. Menentukan gambaran umum, rujukan kata dari teks esai tertulis berbentuk
2. BAHASA ARAB SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Membaca:
    Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan/atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobi/kegemaran, pekerjaan, wisata, layanan umum (rumah sakit, kantor pos).
  2. Menulis:
    Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan
    komunikatif, kosakata, dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah,kehidupan keluarga, hobi/kegemaran, pekerjaan,wisata, layanan umum (rumah sakit, kantor pos).
II. KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan informasi dari bacaan/dialog sederhana tentang identitas diri
  2. Menjelaskan makna kosakata dalam percakapan tentang identitas diri
  3. Menentukan informasi dari bacaan/dialog sederhana tentang kehidupan sekolah
  4. Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang kehidupan sekolah.
  5. Menentukan informasi dari wacana sederhana tentang kehidupan keluarga
  6. Menjelaskan makna kosakata dalam percakapan tentang kehidupan keluarga
  7. Menentukan informasi dari wacana sederhana tentang hobi / kegemaran.
  8. Menentukan ungkapan/ta’bir tentang hobi / kegemaran.
  9. Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang hobi/kegemaran.
  10. Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang pekerjaan.
  11. Menjelaskan makna kosakata/ungkapan dalam bacaan tentang pekerjaan
  12. Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang wisata.
  13. Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang wisata
  14. Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang rumah sakit
  15. Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang rumah sakit
  16. Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang layanan umum (kantor pos)
  17. Menggunakan ungkapan-ungkapan tentang identitas diri
  18. Menggunakan kalimat dan ungkapan komunikatif yang mengandung huruf jarr dan isim isyarah
  19. Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat yang mengg isim istifham, isim mufrad/mutsanna/jama’
  20. Menentukan ungkapan / ta’bir tentang hobi / kegemaran.
  21. Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif tentang hobi / kegemaran
  22. Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif tentang pekerjaan.
  23. Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif tentang wisata
  24. Menggunakan ungkapan yang tepat dalam kalimat sederhana tentang wisata
  25. Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif tentang seni budaya
  26. Menggunakan ungkapan perintah dlam transaksi dlm layanan umum (kantor pos)
3. BAHASA JEPANG SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. MEMBACA
    Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata yang ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.
  2. MENULIS
    Mengungkapkan pendapat, perasaan/pikiran dan informasi secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pada kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan ehari-hari,
    kegemaran, pariwisata yang ditulis dengan huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.
II. KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Mengidentifikasi berbagai ungkapan komunikatif
  2. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu, dan atau rinci dari wacana tertulis
  3. Menyusun kalimat
  4. Menentukan generik (kelompok) kata
  5. Menentukan arti kanji
  6. Menentukan berbagai ungkapan/kalimat komunikatif
  7. Menentukan kata kerja
  8. Menentukan kata bilangan
  9. Menentukan kata sifat
  10. Menentukan kalimat tanya
  11. Menentukan kata keterangan, kata sambung, kata bantu, kata benda
  12. Menentukan cara baca kanji yang tepat
  13. Menentukan kanji yang tepat dari suatu kata yang ditulis dalam hiragana
  14. Menyusun kalimat
  15. Menentukan generik (kelompok) kata
4. BAHASA JERMAN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. MEMBACA
    Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobby dan waktu senggang, pekerjaan, wisata.
  2. MENULIS
    Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobby dan waktu senggang, pekerjaan, wisata.
I. KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema identitas diri
  2. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema kehidupan sekolah
  3. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema kehidupan keluarga
  4. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema kegemaran/hobi
  5. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema pekerjaan
  6. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema wisata
  7. Menentukan ungkapan komunikatif /kosa kata yang tepat dalam percakapan sederhana tema identitas diri
  8. Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan tulis sederhana tema kehidupan sekolah
  9. Menentukan ungkapan komunikatif/kosa kata yang tepat dalam
    percakapan sederhana tema kehidupan keluarga
  10. Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan sederhana tema kegemaran/hobi
  11. Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan sederhana tema wisata
5. BAHASA PRANCIS SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. MEMBACA
    Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog, tentangidentitas diri, kehidupan sekolah, hobi dan kegiatan di waktu senggang, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata.
  2. MENULIS
    Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/ pola kalimat yang tepat, tentang identitas diri, kehidupan sekolah,hobi dan kegiatan di waktu senggang, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata.
II. KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan informasi dari sebuah wacana tulis
  2. Menentukan simpulan dari sebuah wacana tulis
  3. Menentukan gambar yang sesuai dengan pernyataan yang diberikan
  4. Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang menyatakan keadaan
  5. Menentukan sinonim/antonim dari kata yang diberikan berdasarkan konteks
  6. Menentukan kata ganti
  7. Melengkapi percakapan dengan Ungkapan komunikatif
  8. Menentukan ungkapan yang menyatakan jumlah/kuantitas
  9. Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang menyatakan keadaan suatu benda, seseorang atau peristiwa
  10. Melengkapi percakapan dengan ungkapan yang menyatakan kepemilikan
  11. Melengkapi percakapan dengan kalimat négatif/interogatif
  12. Melengkapi percakapan dengan ungkapan yang menyatakan kala
6. BAHASA MANDARIN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. MEMBACA
    Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kegemaran, wisata, pekerjaan.
  2. MENULIS
    Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan kosakata,ungkapan komunikatif dan struktur /pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah,kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan dan layanan umum.
II. KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan ejaan bahasa Mandarin (Hanyupinyin)
  2. Menentukan kalimat yang tepat sesuai dengan kaidah struktur bahasa Mandarin
  3. Menentukan berbagai ungkapan yang tepat sesuai dengan tema dari wacana
  4. Menentukan jawaban dengan tepat, sesuai dengan isi wacana
  5. Menentukan unsur-unsur yang berkaitan dengan penulisan Han(Hanzibihuabishunbushou)
  6. Menentukan kata benda, kata ganti, kata kerja, kata bantu bilangan, kata bilangan, kata sifat, kata waktu, kata bantu bertanya, kata sambung yang tepat sesuai tema atau gambar yang disajikan
Dalam format tabel silahkan  DOWNLOAD DISINI  lebih mudah dipelajari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar