Minggu, Agustus 16, 2009

RPP MEKANIK OTOMOTIF Bag.III SMK/MAK


RPP MEKANIK OTOMOTIF Bag.III SMK/MAK
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Sekolah : SMK / MAK
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester :
Pertemuan ke :
Kode Kompetensi : OPKR-30-003 B
Alokasi Waktu : 24 x 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Overhoul kopling dan komponennya
  2. Kompetensi Dasar
    Overhaul kopling dan komponenkomponennya..
  3. Indikator

    1. Overhaul dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
    2. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
    3. Prosedur overhaul dilaksanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan sesuai spesifikasi dan toleransi terhadap kendaran/sistem.
    4. Seluruh kegiatan overhaul dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation
    5. Procedures), undangundang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundangundangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.


  1. Tujuan Pembelajaran

    1. Siswa dapat
      Mempergunakan peralatan tangan dan khusus overhaul kopling
      Mengetahui prosedur overhaul kopling dan perlengkapannya
      Mengetahui spesifikasi pabrik

  2. Materi Pokok

    1. Peralatan tangan dan khusus overhaul kopling
    2. Prosedur overhaul kopling dan perlengkapannya
    3. Spesifikasi pabrik

  3. Metode Pembelajaran

    1. Informasi
    2. Penugasan
    3. Observasi
    4. Diskusi
    5. Demonstrasi

  4. Langkahlangkah Pembelajaran

    1. Kegiatan Awal
      Guru membagikan Modul
    2. Kegiatan Inti
      Mengidentifikasi peralatan overhoul kopling dan komponennya sesuai spesifikasi pabrik.
      Mempelajari prosedur overhoul kopling dan komponenya melalui buku manual.
      Melakukan pembongkaran kopling dan komponennya sesuai SOP.
      Melakukan pengukuran tinggi bidang gesek roda penerus dengan menggunakan peralatan sesuai spesifikasi pabrik.
      Mengukur kebalingan dan kerataan roda penerus dengan menggunakan peralatan sesuai spesifikasi pabrik.
      Melakukan pengukuran kedalaman paku keling pelat kopling dengan menggunakan peralatan sesuai spesifikasi pabrik.
      Melakukan pemeriksaan komponenkomponen kopling secara visual.
      Melakukan pemeriksaan bantalan pilot dengan mengukur diameter poros kopling dengan alat yang sesuai.
      Melakukan pengukuran kerataan pelat penekan dengan alat yang tepat.
      Melakukan pengukuran tegangan dan kesikuan pegas spiral dengan alat yang tepat.
      Melakukan penyetelan tinggi kekaratan jarijari penekan sesuai SOP.
      Melakukan pemeriksaan keausan bantalan pembebas sesuai SOP.
      Melakukan pengukuran kebalingan lubang dan kerataan rumah kopling bagian belakang sesuai SOP.
      Melakukan penggantian komponen yang rusak sesuai data spesifikasi pabrik.
    3. Kegiatan Akhir
      Siswa mengerjakan latihan soalsoal yang ada pada modul
      Guru memberikan penilaian

  5. Alat dan Sumber Belajar

    1. Modul Overhoul kopling
    2. Buku manual
    3. Unit kendaraan
    4. Alat tangan
    5. Spesial tools

  6. Penilaian
    Tes Tertulis
    Non test (observasi/cek list) dan lisan

Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 60: Murah Hati Dan Dermawan Serta Membelanjakan Dalam Arab Kebaikan Dengan Percaya Penuh Kepada Allah Ta'ala
Dari Ibnu Mas'ud رضي الله عنه dari Nabi صلی الله عليه وسلم, sabdanya:
"Tiada kehasudan yang dibolehkan melainkan dalam dua macam perkara, yaitu: seseorang yang dikarunia oleh Allah akan herta, kemudian ia mempergunakan guna menafkahkannya itu untuk apa-apa yang hak - kebenaran - dan seseorang yang dikaruniai oleh Allah akan ilmu pengetahuan, kemudian ia memberikan keputusan dengan ilmunya itu - antara dua orang atau dua golongan yang berselisih - serta mengajarkannya pula." (Muttafaq 'alaih)
Artinya ialah bahwa seseorang itu tidak patut dihasudi atau diri kecuali dalam salah satu kedua perkara di atas itu.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar