Rabu, September 02, 2009

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) FORMAL

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) FORMAL
DAFTAR ISI
  1. I Pendahuuluan
    1. Latar Belakang
    2. Pengertian
      1. Kurikulum
      2. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
    3. Tujuan
    4. Ruang Lingkup
  2. II Landasan Pendidikan Anak Usia di Indonesia
    1. Landasan Yuridis
    2. Landasan Operasional
  3. III Konsep Teori Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
    1. Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini
    2. Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini
    3. Hakikat Program Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini
  4. IV Pendekatan dan Asas Pembelajaran Usia Dini
    1. Pendekatan Pembelajaran
    2. Asas-asas Pembelajaran
  5. V Struktur Kurikulum
  6. VI Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator Anak Usia Dini
    (Lahir – 6 Tahun)
  7. VII Pengembangan Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
    1. Arah dan Sasaran
    2. Prinsip Pengembangan
  8. IXPenilaian
  9. XPenutup
    1. Lampiran
    2. Model Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
KERANGKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  1. I. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
      1. Pengembangan kurikulum merupakan salah satu bagian penting dalam proses pendidikan. Kurikulum merupakan alat untuk membantu pendidik dalam melakukan tugasnya, sebab kurikulum secara umum dapat didefinisikan sebagai rencana yang dikembangkan untuk memperlancar proses pembelajaran.
        Kurikulum disusun agar memungkinkan pengembangan keragaman multi potensi, minat, kecerdasan bahasa, kognitif, sosial, emosional, spiritual, dan kinestetik/fisik- motorik, serta seni pada anak secara optimal sesuai dengan perkembangandan keunikan setiap anak..
      2. Pendidikan anak usia dini adalah masa yang penting, karena awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangkan agar anak dapat berkembang secara optimal. Pengalaman yang dialami anak pada masa awal pertumbuhan dan perkembangannya akan berdampak pada kehidupannya di masa yang akan datang. Oleh karena itu pada masa usia dini perlu dilakukan upaya pendidikan yang meliputi program stimulasi, bimbingan, pengasuhan dan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak yang diimplementasikan melalui pengembangan kurikulum.
      3. Penyempurnaan kurikulum termasuk kurikulum pendidikan anak usia dini dilaksanakan secara terus menerus melalui tahapan pengkajian, sosialisasi, advokasi dan implementasinya oleh tim pengembang kurikulum, pakar, praktisi dan pembina serta penyelenggara pendidikan.
      4. Pengembangan kurikulum anak usia dini sekarang ini dilakukan karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pengembangan kurikulum ini diharapkan dapat menjadi standar acuan pendidik dan penyelenggara pendidikan dalam membuat perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta penilaian (evaluasi) pembelajaran.
    2. Pengertian
      1. Kurikulum
        Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
      2. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini adalah kurikulum yang disusun, dilaksanakan dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing lembaga penyelenggara pendidikan anak usia dini.

      Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
      Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
    Download Juga Lampiran Di Bawah Ini
    1. Lampiran 1 Silabus dan RPP PAUD Formal File Bentuk PDF
    2. Lampiran 2 Silabus dan RPP PAUD Formal File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar