Satuan Penduduk : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Lingkungan
Kelas / Semester: I(satu)/I(ganjil)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
- STANDAR KOMPETENSI
- PKN
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
- BAHASA INDONESIA
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
Memahami teks pendek dengan membaca nyring.
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
- MATEMATIKA
Bilangan.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Geometri dan pengurangan.
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
- PKN
- IPA
Mahkluk hidup dan proses kehidupan.
Memelihara lingkungan agar tetap sehat.
Benda dan sifatnya
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
- IPS
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
- SBK
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengapresiasikan diri melalui karya seni rupa.
Mengapresiasi karya seni musik.
Mengapresiasi karya seni tari.
- KOMPETENSI DASAR
- PKN
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
- BAHASA INDONESIA
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
Membaca nyaring suku dan kata dengan lafal yang tepat.
Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis.
- MATEMATIKA
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
Mengenal panjang suatu benda dalam kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya.
- IPA
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
Membedahkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
Mengenal benda yang dapat di ubah bentuknya.
- IPS
Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
- SBK
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar.
Mengapresiasikan diri melalui gambar ekspresif.
Mengidentifikasi unsur atau elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak ditempat
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC - PKN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar