Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar /SD
Jaringan Tema : DIRI SENDIRI
Kelas/Semester : II(dua)/I(ganjil)
Alokasi Waktu : 2 MINGGU
- Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya bercerita dan deklamasi
Memahami teks pendek dengan membaca lancar puisi anak
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
- KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan isi teks pendek
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata tang tepat dan santun berbahasa
Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
- MATERI POKOK
Deskripsi isi teks
Kalimat tanya
Isi puisi
Cerita sederhana
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Menyimak teks pendek
Membuat kalimat tanya
Membaca puisi
Tanya jawab tentang puisi yang dibaca
Melengkapi cerita sederhana
- INDIKATOR
Menceritakan kembali isi teks dengan kalimatnya sendiri
Mengucapkan kalimat tanya dengan tepat
Membaca puisi dengan ekspresi
Menyimpulkan isi puisi yang dibaca
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
- PENILAIAN
Tes tulis , Performance
Tes lisan , Produk
ALOKASI WAKTU
4 x Pertemuan
- ALAT/SUMBER
Buku cerita
Teks puisi
- Mata Pelajaran : PKn
- STANDAR KOMPETENSI
Membiasakan hidup bergotong royong
- KOMPETENSI DASAR
Mengenal pentingnya hidup rukun saling berbagi, dan tolong menolong
Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
- MATERI POKOK
Hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong
Hidup rukun dan tolong menolong
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tanya jawab tentang hidup rukun dan tidak rukun
Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dilaksanakan secara rukun saling berbagi dan tolong menolong
Menyebutkan manfaat hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong
Menyebutkan akibat tidak rukun dan tolong menolong
- INDIKATOR
Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
Menyebutkan akibat jika tidak menjaga kerukunan di rumah
Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dilaksanakan secara rukun saling berbagi dan tolong menolong
Menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
Menyebutkan akibat tidak hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
- Baca Selengkapnya Silahkan Download Di Bawah Ini:
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar