Jumat, Maret 26, 2010

SILABUS JAR.TEMA DIRI SENDIRI KLS II A SD

SILABUS JAR.TEMA DIRI SENDIRI KLS II A SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar /SD
Jaringan Tema : DIRI SENDIRI
Kelas/Semester : II(dua)/I(ganjil)
Alokasi Waktu : 2 MINGGU
  1. Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
  2. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya bercerita dan deklamasi
    Memahami teks pendek dengan membaca lancar puisi anak
    Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
  3. KOMPETENSI DASAR
    Mendeskripsikan isi teks pendek
    Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata tang tepat dan santun berbahasa
    Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
    Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
  1. MATERI POKOK
    Deskripsi isi teks
    Kalimat tanya
    Isi puisi
    Cerita sederhana
  2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Menyimak teks pendek
    Membuat kalimat tanya
    Membaca puisi
    Tanya jawab tentang puisi yang dibaca
    Melengkapi cerita sederhana
  3. INDIKATOR
    Menceritakan kembali isi teks dengan kalimatnya sendiri
    Mengucapkan kalimat tanya dengan tepat
    Membaca puisi dengan ekspresi
    Menyimpulkan isi puisi yang dibaca
    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
  4. PENILAIAN
    Tes tulis , Performance
    Tes lisan , Produk
    ALOKASI WAKTU
    4 x Pertemuan
  5. ALAT/SUMBER
    Buku cerita
    Teks puisi
  1. Mata Pelajaran : PKn
  2. STANDAR KOMPETENSI
    Membiasakan hidup bergotong royong
  3. KOMPETENSI DASAR
    Mengenal pentingnya hidup rukun saling berbagi, dan tolong menolong
    Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
  4. MATERI POKOK
    Hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong
    Hidup rukun dan tolong menolong
  5. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Tanya jawab tentang hidup rukun dan tidak rukun
    Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dilaksanakan secara rukun saling berbagi dan tolong menolong
    Menyebutkan manfaat hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong
    Menyebutkan akibat tidak rukun dan tolong menolong
  6. INDIKATOR
    Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
    Menyebutkan akibat jika tidak menjaga kerukunan di rumah
    Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dilaksanakan secara rukun saling berbagi dan tolong menolong
    Menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
    Menyebutkan akibat tidak hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong

  7. Baca Selengkapnya Silahkan Download Di Bawah Ini:
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar