Selasa, April 27, 2010

LAPORAN HASIL DISKUSI KAJIAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR

LAPORAN HASIL DISKUSI KAJIAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR

I.PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang


    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan dasar hukum penyelenggaraan dan reformasi sistem pendidikan nasional Undang-undang tersebut memuat visi,misi,fungsi dan tujuan pendidikan nasional serta strategi pembangunan pendidikan nasional,untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu,relevan dengan kebutuhan masyarakat,dan berdaya saing dalam kehidupan global.
    1. Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi Pusat Kurikulum Depdiknas yang meliputi melakukan layanan professional,menyusun model- model kurikulum, dan melakukan kajian kebijakan kurikulum,maka perlu diadakan kegiatan pengkajian kebijakan kurikulum Depdiknas.
    2. Sesuai Renstra Depdiknas tentang penelitian dan pengembangan pendidikan disebutkan bahwa salah satu kegiatan pokok pemerintah adalah implementasi dan penyempurnaan Standar Nasional Pendidikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).Salah satu bagian dari Standar Nasional Pendidikan adalah Standar Isi yang memuat struktur kurikulum SD/MI dan SMP/MTs dengan beberapa mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik pada satuan pendidikan tersebut. Struktur Kurikulum tersebut selanjutnya dijabarkan atau disesuaikan dan diimplementasikan oleh sekolah dalam kurikulum sekolah.
    3. Langkah penting dalam setiap kajian adalah melakukan studi dokumentasi dan kajian konsep tentang pengembangan kurikulum dan penerapannya.Kajian ini meliputi konsep dan falsafah dalam sistem pengembangan kurikulum, muatan dan konten kurikulum, perencanaan pembelajaran,pengembangan bahan ajar,sistem pengadministrasian dan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan dokumen tersebut meliputi dokumen kurikulum, studi perbandingan antar dokumen kurikulum, dokumen perencanaan pembelajaran, dokumen bahan ajar,dokumen pengadministrasian dan pelaksanaan pembelajaran.
    4. Hasil analisis digunakan untuk mendapatkan informasi tentang hambatan, peluang maupun tantangan dari setiap kurikulum yang diterapkan oleh satuan pendidikan.
      Efektivitas implementasi kurikulum sangat ditentukan oleh praktek pembelajarannya di sekolah dan madrasah atau di tempat belajar.Untuk itu perlu dilakukan diskusi fokus pelaksanaan kegiatan belajar,sumber belajar dan lingkungan pendukungnya di tempat belajar,yang melibatkan berbagai karkateristik setiap satuan pendidikan. Beragamnya kondisi satuan pendidikan sehingga diperlukan data dan informasi komprehensif untuk menjaring data dan informasi perencanaan,praktek pembelajaran dan manajemen pengelolaan pembelajaran oleh satuan pendidikan.
    1. TUJUAN
      Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi hasil kajian konsep, kajian dokumen dan pelaksanaan kurikulum.
    2. RUANG LINGKUP
      Kegiatan ini meliputi Kajian Dokumentasi,Kajian Konsep,dan Pelaksanaanya yang terdiri dari:
      1. Hasil kajian kebijakan Program Pembelajaran PAUD
      2. Hasil kajian kebijakan pelaksanaan TK/RA
      3. Hasil kajian kebijakan Kurikulum MI
      4. Hasil kajian kebijakan pelaksanaan SD terpadu
      5. Hasil kajian kebijakan pencapaian KTSP SD
      6. Hasil kajian kebijakan Kurikulum MTs.
    3. HASIL YANG DIHARAPKAN
      Kegiatan ini diharapkan akan memperoleh hasil pembahasan terhadap kajian sebagai berikut:
      1. Hasil diskusi kajian Kebijakan Program Pembelajaran PAUD
      2. Hasil diskusi kajian kebijakan pelaksanaan TK/RA
      3. Hasil diskusi kajian Kurikulum SD/MI
      4. Hasil diskusi kajian kebijakan pelaksanaan SD terpadu
      5. Hasil diskusi kajian kebijakan pencapaian KTSP SD
      6. Hasil diskusi kajian kebijakan Kurikulum MTs.

  2. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar