Jumat, April 23, 2010

SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA KELAS IV.A SD/MI

SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA KELAS IV.A SD/MI

SILABUS
Mata Pelajaran:BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester: IV(empat)/I(ganjil)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mendengarkan tentang petunjuk denah dan simbol denah/lambang korps.
    Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan alat.
    Tema : Kegiatan sehari-hari
    Aspek : Mendengarkan,Berbicara,Membaca,Menulis,
  2. KOMPETENSI DASAR
    Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
    Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
  1. MATERI POKOK
    Gambar/denah,Deskripsi denah/gambar
  2. INDIKATOR
    Mencatat hal pokok/inti yang berkaitan dengan penjelasan yang didengar
    Membuat gambar/denah berdasarkan inti/hal pokok
    Menjelaskan kembali gambar/denah
    Menentukan nama tempat sesuai dengan denah atau gambar
    Mendeskripsikan tempat sesuai gambar dengan kalimat yang runtut
  3. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mendengarkan pejelasan gambar/denah
    Mencatat hal pokok/inti yang berkaitan dengan penjelasan yang didengar
    Membuat gambar/denah
    Menjelaskan kembali gambar/denah
    Mengamati denah/gambar
    Menentukan nama tempat sesuai dengan denah atau gambar
    Mendeskripsikan tempat sesuai gambar dengan kalimat yang runtut
  4. PENILAIAN
    Test tertulis, Kinerja, Test tertulis
  5. ALOKASI -*WAKTU
    10 Jam Pel.6 Jam Pel
  6. ALAT/SUMBER
    denah ,gambar-teks ,cerita,denah, gambar-teks cerita

  7. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran: BAHASA INDONESIA
Jaringan Tema:KEGIATAN SEHARI-HARI
Kelas/Semester: IV(empat)/I(ganjil)
Waktu: 6 Jam(3x Pertemuan)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
  3. INDIKATOR
    Mencatat hal pokok/inti yang berkaitan dengan penjelasan yang didengar.
    Membuat gambar/denah berdasarkan inti/hal pokok.
    Menjelaskan kembali gambar/denah.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat mencatat hal pokok/inti yang berkaitan dengan penjelasan yang didengar.
    Siswa dapat membuat gambar/denah berdasarkan inti/hal pokok dengan benar.
    Siswa dapat menjelaskan kembali gambar/denah dengan benar.
  5. MATERI
    Gambar/denah
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, tanya jawab,dan diskusi
  7. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    PERTEMUAN I

    1. KEGIATAN AWAL
      Mengadakan tanya jawab alamat siswa.
      Mengenalkan arah mata angin.
    2. KEGIATAN INTI
      Mengamati gambar/denah yang ditunjukkan guru.
      Mencatat bagian-bagian gambar/denah.
      Menyebutkan nama/tempat berkaitan dengan bagian-bagian gambar/denah.
    3. KEGIATAN AKHIR
      Penegasan tentang bagian-bagian gambar/denah.
      Tindak lanjut (PR).
    PERTEMUAN II
    1. KEGIATAN AWAL
      Mengadakan tanya jawab.
    2. KEGIATAN INTI
      Menyebutkan berapa kali belokan dari balai desa ke sekolah.
      Menggambar denah jalan dari balai desa ke sekolah.
      Menjelaskan nama denah yang di gambar.
      Penilaian hasil kerja siswa.
    3. KEGIATAN AKHIR
      Penegasan hal penting dalam menggambar denah.
      Tindak lanjut(PR).
    PERTEMUAN III
    1. KEGIATAN AWAL
      Menulis nama-nama jalan yang dilalui.
      menulis nama bangunan penting yang ada di samping jalan.
    2. KEGIATAN INTI
      Menyusun kalimat pertanyaan yang berkaitan dengan rute perjalanan.
      Merevisi kalimat pertanyaan wawancara.
      Melakukan wawancara yang berkaitan dengan perjalanan.
      Memperbaiki hasil catatan wawancara.
  8. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar