Jumat, April 23, 2010

SILABUS DAN RPP IPA KELAS IV.A SD/MI

SILABUS DAN RPP IPA KELAS IV.A SD/MI

SILABUS
Nama Sekolah: Sekolah Dasar/SD.
Mata Pelajaran: ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas/Semester: IV(empat)/1(ganjil)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
    Menerapkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh
  3. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
    Rangka manusia dan fungsinya
    Penyakit rangka tubuh manusia dan cara penanggulangannya
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mengamati dan mendiskusikan model/gambar rangka tubuh manusia
    Demonstrasi model fungsi rangka
    Diskusi tentang hubungan struktur rangka dengan fungsinya
    Tanya jawab dan diskusi tentang penyakit pada rangka
    Mencari informasi pada narasumber dan mendiskusikannya
    Praktek simulasi cara merawat rangka
  2. INDIKATOR
    Menyebutkan 3 bagian utama rangka tubuh manusia
    Menjelaskan fungsi rangka
    Menjelaskan hubungan antara struktur rangka dengan fungsinya
    Menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
    Menjelaskan cara penganggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
    Mempraktekkan cara merawat rangka
  3. PENILAIAN
    Tertulis ,Lisan,Projek

  4. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan Alam 
Kelas/Semester : IV(empat)\I(ganjil)
Pertemuan Ke: 1 dan 2
Alokasi Waktu: 4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya.
  3. INDIKATOR
    Menyebutkan 3 bagian utama rangka manusia
    Menjelaskan fungsi rangka
    Menjelaskan hubungan antaratulang yang satu dengan yang lain dan menyebutkan jenis – jenisnya
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat menyebutkan 3 bagian utama rangka manusia.
    Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka.
    Siswa dapat menjelaskan hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain beserta jenis – jenisnya.
  5. MATERI AJAR
    Rangka manusia dan fungsinya.
  6. METODE
    Tanya Jawab,Ceramah,Diskusi,Demontrasi
  7. LANGKAH–LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan I

    1. Kegiatan Awal
      Menyiapkan model \ gambar rangka manusia
      Apersepi ( Tanya jawab tentang rangka )
    2. Kegiatan Inti
      Mengadakan pengamatan pada model / gambar rangka manusia
      Mengadakan Tanya jawab tentang hasil pngamatan
      Merangkum / menyimpulkan hasil pengamatan dan tanya jawab
      Menyalin kesimpulan materi di buku catatan
      Mengerjakan lembar kerja siswa (terlampir )
    3. Kegiatan Akhir
      Memberi tugs siswa ( PR )
    Pertemuan II
    1. Kegiatan Awal
      Menyiapkan gambar/model rangka
      Mengadakan tanya jawab tentang rangka
    2. Kegiatan Inti
      Mengadakan pengamatan pada gambar/model rangka manusia
      Mencari informasi pada buku tentang hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain beserta Janis–jenisnya
      Mengadakan tanya jawab tentang hasil pencarian informasi
      Merangkum/menyimpulkan hasil pencarian informasi
      Menyalin informasi ke dalam buku catatan
      Mengerjakan lembar kerja siswa(terlampir)
    3. Kegiatan Akhir
      Mengerjakan tugas
  8. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
    Model/gambar rangka manusiaTubuh sendiri
    Buku Paket Depdikbud Kelas IV hal. 91 – 98
    Buku Babon Ganeca Exact IV hal. 1 – 15

  9. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar