Jumat, April 23, 2010

SILABUS DAN RPP IPS KELAS IV.A SD/MI

SILABUS DAN RPP IPS KELAS IV.A SD/MI

SILABUS
Nama Sekolah:Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran: IPS
Kelas/Semester: IV(empat)/I(satu)
Alokasi Waktu: 9 x 35 menit
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami sejarah,kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten /kota dan provinsi.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Membaca peta lingku-ngan setempat (kabu-paten / kota, provinsi) dengan meng-gunakan skala seder-hana.
  3. MATERI POKOK
    Peta dan materi komponennya.
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mengamati peta setempat dengan menggunakan simbul dan tema tertentu
    Mencatat hasil pengamatan ten-tang simbul-simbul dalam peta
    Menunjukkan letak kabupaten, kota pada peta lingkungan setempat.
    Menggambar peta provinsi setempat dengan menggunakan symbol dan tema tertentu.
    Menentukan batas-batas wila-yah provinsi setempat.
    Diskusi kelompok tentang cara menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
    Memperbesar peta dengan bantuan garis-garis koordinat
  2. INDIKATOR
    Mengidentifikasi makna symbol-simbol ( legenda) yang terdapat pada peta lingkungan setempat.
    Menemu tunjukkan letak kabupaten, kota pada peta.
    Menggambar peta provinsi setempat dengan menggunakan symbol dan tema tertentu
    Menghitung jarak tempat dengan mengunakan skala peta.
    Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.
  3. PENILAIAN
    Tertulis,Karya,Format RPP

  4. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran:IPS
Kelas/Semester:IV(empat)/I(ganjil)
Pertemuan Ke-:I dan II
Alokasi Waktu:6 x 35 menit
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten /kota dan Provinsi.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Membaca peta lingkungan setempat/kabupaten/kota,Provinsi dengan menggunakan skala sederhana.
  3. INDIKATOR
    Mengidentifikasi makna simbol-simbol (legenda) yang terdapat pada peta lingkungan setempat.
    Menemu tunjukkan letak kabupaten, kota pada peta.
    Menggambar peta provinsi setempat dengan menggunakan simbol dan tema tertentu.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol (legenda) yang terdapat pada peta lingkungan setempat.
    Siswa dapat menemu tunjukkan letak kabupaten, kota pada peta.
    Siswa dapat menggambarkan provinsi setempat dengan menggunakan simbol dan tema tertentu.
  5. MATERI AJAR
    Peta dan materi komponennya.
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, Diskusi, Tanya jawab,Pemberian tugas
  7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan I

    1. Kegiatan Awal
      Tanya jawab tentang simbol-simbol pada peta.
    2. Kegiatan Inti
      Membaca buku IPS tentang menggambar peta lingkungan setempat
      Mencatat simbol-simbol (legenda) dalam peta.
      Menunjukkan letak kabupaten, kota, pada peta lingkungan setempat.
    3. Kegiatan Akhir
      Menyelesaikan soal latihan.
  8. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar