Selasa, April 20, 2010

SILABUS DAN RPP JAR.TEMA KEGEMARAN KELAS II.B SD/MI

SILABUS DAN RPP JAR.TEMA KEGEMARAN KELAS II.B SD/MI

SILABUS
Jaringan Tema : KEGEMARAN
Alokasi Waktu : 4 MINGGU
Kelas/Semester: II(dua)/II(genap)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mendengarkan
    Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
    Berbicara
    Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
    Membaca
    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
    Menulis
    Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
  1. KOMPETENSI DASAR
    Menceritakan kembali dongeng yang didengarkan
    Mendiskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
    Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
    Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang di sekitar
  2. MATERI POKOK
    Dongeng
    Gambar tumbuhan dan binatang
    Teks cerita atau fiksi(15-20 kalimat),Puisi
  3. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Menyimak dongeng yang dibacakan guru
    Menjawab pertanyaan
    Menceritakan isi dongeng
    Mengamati gambar tumbuhan dan binatang
    Mendeskripsikan gambar tumbuhan dan binatang
    Menyebutkan kegunaan dan ciri-cirinya
    Membaca teks cerita dengan memperhatikan pelafalan dan intonasi yang tepat
    Menjawab pertanyaan
    Menceritakan isi teks
    Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
    Menulis puisi sederhana dengan tulisan tegak bersambung
  4. INDIKATOR
    Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
    Menjelaskan isis dongeng
    Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar
    Mendeskripsikan gambar tumbuhan atau binatang
    Menyebutkan kegunaan dan ciri-cirinya
    Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
    Menjawab pertanyaan isi cerita
    Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
    Membaca puisi dan mengekspresikan dalam gerak mimik yang tepat
    Menjelaskan isi puisi
    Menulis puisi
  5. PENILAIAN
    Tes tulis,Produk
  6. ALOKASI WAKTU
    10x Pertemuan
  7. ALAT/SUMBER
    - Buku cerita
    - Cerita anak
    - Buku paket
    - Gambar tumbuhan dan hewan

  8. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II(dua)/II(genap)
Jaringan Tema : Kegemaran
Alokasi Waktu : 2x pertemuan
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mendengarkan
    Memahami pesan pendek dengan dongeng yang dilisankan
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
  3. INDIKATOR
    Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
    Menjelaskan isi dongeng
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Menjelaskan isi dongeng yang telah didengar dan menceritakan kembali dengan kalimatnya sendiri
  5. MATERI AJAR
    Dongeng
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan.
  7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan I

    1. Kegiatan Awal
      Tanya jawab tentang dongeng yang pernah didengar anak
    2. Kegiatan Inti
      Mendengarkan dongeng “Ulah Tidalik”
      Menjawab pertanyaan isi dongeng secara lisan
      Menceritakan isi dongeng dengan bahasa anak sendiri
      Menulis cerita dengan bahasa anak sendiri
    3. Kegiatan Akhir
      Melaporkan hasil di depan kelas
      Kesimpulan
  8. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
    Yudistira 2B halaman 52 - 54
    Pandai Membaca dan menulis 2b
    Gambar kotak, rusa,
    Raja wali domba
  9. PENILAIAN
    Kinerja
    Setalah anak-anak mendengarkan dongeng “Ulah Tidak”, coba ceritakan kembali isinya dengan kata-katamu sendiri!
    Tokoh cerita : …………..
    Tempat kejadian : …………..
    Yang dilakukan tidalik : …………..
    Yang terjadi setelah Tidalik tertawa : …………..

  10. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar