Kamis, April 22, 2010

SILABUS DAN RPP JAR.TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI KELAS III.B SD/MI

SILABUS DAN RPP JAR.TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI KELAS III.B SD/MI

SILABUS
Nama Sekolah: Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran: PKN
Kelas/Semester: III(tiga)/2(dua)
Alokasi Waktu: 6 x 35 menit
Jaringan Tema: Kegiatan sehari-hari
  1. STANDAR KKOMPETENSI
    Memiliki harga diri sebagai individu
  2. KOMPETENSI DASAR
    Memberi contoh bentuk harga diri seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
  3. MATERI POKOK
    Harga diri
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mengamati lingkungan
    Diskusi tentang kegiatan tolong menolong yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
    Menulis macam-macam perbuatan tolong menolong dari hasil diskusi
    Mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
  2. INDIKATOR
    Menyebutkan contoh tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari
    Menjelaskan arti manusia sebagai makhluk sosial
    Menyebutkan kelebihan dan kekurangan diri sendiri maupun orang lain
    Melengkapi table/lembar kerja
  3. PENILAIAN
    Tulis,Kinerja,Produk,Sikap
  4. ALOKASI WAKTU
    2 x perte-muan
  5. ALAT/SUMBER BAHAN
    Lingkungan kelas
    Buku penunjang
    LKS

  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Jaringan Tema : Kegiatan Sehari-Hari
Mata Pelajaran: PKN
Kelas/Semester: III(tiga)/II(dua)
Pertemuan Ke-
Alokasi Waktu: 3 x Pertemuan
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memiliki harga diri sebagai individu
  2. KOMPETENSI DASAR
    Memberikan contoh bentuk harga diri seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
  3. INDIKATOR
    Menyebutkan kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Menjelaskan arti manusia sebagai mahluk social
    Menyebutkan kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
  5. MATERI AJAR
    Harga Diri
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, Tanya Jawab, Pemberian Tugas, Diskusi
  7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan I

    1. Kegiatan Awal
      Menyebutkan anmggota keluarganya masing-masing
    2. Kegiatan Inti
      Mencari keterangan tentang manusia sebagai mahluk social
      Diskusi tentang kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
    3. Kegiatan Akhir
      Mencatat tentang kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
    Pertemuan II
    1. Kegiatan Awal
      Menjelaskan arti manusia sebagai mahluk social
      Mengamati lingkungan sekitar
    2. Kegiatan Inti
      Menyebutkan kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
      Mencatat kelemahan dan kelebihan diri sendiri
      Menghargai kelemahan dan kelebihan orang lain
      Melengkapi LK
    3. Kegiatan Akhir
      Tulislah kelemahan dan kelebihan dirimu masing-masing
    Pertemuan III
    1. Kegiatan Awal
      Mengamati Gambar tentang kegiatan gotong royong
      Membuat kalimat sesuai dengan gambar
      Menjelaskan arti manusia sebagai mahluk social
    2. Kegiatan Inti
      Menyebutkan contoh sikap menghargai orang lain
      Memahami perlunya menghargai kelebihan dan kekurangan orang lain
    3. Kegiatan Akhir
      Menjawab pertanyaan
  8. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
    Lingkungan masyarakat sekitar sekolah, gambar kegiatan gotong royong, Buku Pedoman

  9. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar