Minggu, Oktober 17, 2010

STANDAR ISI PELAJARAN BAHASA ARAB SMA/MA

STANDAR ISI PELAJARAN BAHASA ARAB SMA/MA

Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Program Pilihan
A.Latar Belakang
  1. Dalam era globalisasi,perkembangan teknologi komunikasi sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia.Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting.Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris,dalam hal ini bahasa Arab,merupakan hal yang sangat mendesak.Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik,ilmu-ilmu murni,ekonomi,psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab.Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
  1. Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi,pikiran,dan perasaan.Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas,terampil,dan berkepribadian indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan,teknologi,dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
  2. Sehubungan dengan hal tersebut di atas,maka standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi awal (dasar)berbahasa Arab,yang mencakup empat aspek keterampilan bahasa yang saling terkait,yaitu mendengarkan,berbicara,membaca,dan menulis.Alokasi waktu yang disediakan adalah 2 jam per minggu.
  3. Dalam kelas bahasa Arab peserta didik dimotivasi untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam mendalami sejumlah bahan bacaan,baik berupa media cetak maupun media elektronik.Dengan bekal sejumlah pengetahuan tersebut,mereka dapat mempelajari budaya lain dan lebih mengenal budayanya sendiri, sehingga mereka dapat mempelajari suatu konsep dan berpikir secara kritis.
B.Tujuan
  1. Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia bertujuan agar para peserta didik memiliki kemampuan dasar dalam keterampilan mendengarkan,berbicara, membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara sederhana.
    C.Ruang Lingkup
  1. Mata Pelajaran Bahasa Arab terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri,kehidupan sekolah,kehidupan keluarga,kehidupan sehari-hari,hobi,dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa,yaitu mendengarkan,berbicara,membaca dan menulis.Selain itu,termasuk juga pengenalan huruf hijaiyah.
Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini: 
1. File Bentuk PDF 
2. File Bentuk DOC 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar