Selasa, Oktober 19, 2010

STANDAR ISI PELAJARAN EKONOMI SMA/MA

STANDAR ISI PELAJARAN EKONOMI SMA/MA

Mata Pelajaran Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A.Latar Belakang
  1. Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan masyarakat di era global serta perkembangan IPTEK yang telah membawa perubahan pada aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi,maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti sebagai insan berilmu pengetahuan,berketerampilan,berbudi pekerti luhur,berakhlak mulia,bertanggungjawab dan berupaya mencapai kesejahteraan diri serta memberikan sumbangan terhadap keharmonisan dan kemakmuran keluarga,masyarakat,dan negara.
  1. Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi,dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi,konsumsi,dan/atau distribusi.Luasnya ilmu ekonomi dan terbatasnya waktu yang tersedia membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dibatasi dan difokuskan kepada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar peserta didik,sehingga peserta didik dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi disekitar lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik.
  2. Pembahasan manajemen difokuskan pada fungsi manajemen badan usaha dalam kaitannya dengan perekonomian nasional.Pembahasan fungsi manajemen juga mencakup pengembangan badan usaha termasuk koperasi.
  3. Akuntansi difokuskan pada perilaku akuntansi jasa dan dagang. Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan.Pemahaman pencatatan ini berguna untuk memahami manajemen keuangan perusahaan jasa dan dagang.
    Mata pelajaran Ekonomi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS.Pada tingkat pendidikan menengah,ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
B.Tujuan
  1. Mata pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
    1.Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari,terutama yang terjadi dilingkungan individu,rumah tangga,masyarakat,dan negara
    2.Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
    3.Membentuk sikap bijak,rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi,manajemen,dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri,rumah tangga,masyarakat,dan negara
    4.Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk,baik dalam skala nasional maupun internasional
C.Ruang lingkup
  1. Mata pelajaran Ekonomi mencakup perilaku ekonomi dan kesejahteraan yang berkaitan dengan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan kehidupan terdekat hingga lingkungan terjauh, meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
    1.Perekonomian
    2.Ketergantungan
    3.Spesialisasi dan pembagian kerja
    4.Perkoperasian
    5.Kewirausahaan
    6.Akuntansi dan manajemen.
Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini: 
1. File Bentuk PDF 
2. File Bentuk DOC 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar