Sidebar atas

Sabtu, Agustus 21, 2010

SILABUS MATEMATIKA KELAS X , XI DAN XII SMA/MA

SILABUS MATEMATIKA KELAS X,XI DAN XII SMA/MA

  1. Nama Sekolah : SMA/MA
    Mata Pelajaran : MATEMATIKA
    Kelas/Program : X(sepuluh)
    Semester : 1(ganjil)
    STANDAR KOMPETENSI:
    1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
    KOMPETENSI DASAR
    1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
    1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
  1. INDIKATOR
    Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
    Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.
    Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar
    Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
    Merasionalkan bentuk akar
    Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.
    Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.
    Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan logaritmaMenyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
    Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma
  2. MATERI PEMBELAJARAN
    Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
    Bentuk Pangkat Bentuk Akar Bentuk Logaritma
  3. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Menyimak pemahaman tentang bentuk pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya
    Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan logaritma.
    Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.
    Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk pangkat
    Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar
    Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritmaMenggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.
    Melakukan pembuktian tentang sifat- sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan logaritma
  4. PENILAIAN
    Metode :
    Tugas Individu
    Tugas Kelompok
    Ulangan
    Bentuk Instrumen:
    Kuiz
    Tes Tertulis
    PG
    Tes Tertulis
    Uraian
  5. SUMBER BELAJAR
    Sumber:
    Buku Paket
    Buku referensi lain
    Alat: Laptop LCD
SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD SAJA FILE DIBAWAH INI
1. FILE BENTUK PDF
2. FILE BENTUK DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jumat, Agustus 20, 2010

CONTOH III SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP/MTs

CONTOH III SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP/MTs

  1. 1.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
    SOAL
    Hasil dari 6 – 18 : (2) × 3 adalah ....
    A. 9                                                     C. 33
    B. 18                                                   D. 45

    Kunci jawaban: C
    Pembahasan
    6 – 18 : (-2) × 3 = 6 – (-9) × 3
    = 6 – (– 27)
    = 6 + 27
    = 33
  1. 2.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat.
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
    SOAL
    Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0.
    Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah ….
    A. 81                                                    C. 87
    B. 84                                                    D. 93

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    - 28 soal benar, skornya adalah 28 × 3 = 84.
    - 3 soal salah, skornya adalah 3 × (-1) = -3.
    Skor yang diperoleh Dedi adalah 84 + (-3) = 81.

  2. 3.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
    SOAL
    Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan 0,75, adalah ....
    A.                                                        C.
    B.                                                        D.

    Kunci jawaban: D
    Pembahasan
    Pecahan desimal 0,75 = .
    KPK dari 4, 6, dan 3 adalah 12, maka: , , dan
    Urutan dari besar ke kecil adalah, , , atau

  3. 4.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
    SOAL
    Penghasilan Ady setiap bulan adalah Rp3.600.000,00. bagian untuk biaya transportasi, bagian untuk biaya pendidikan, bagian untuk keperluan di rumah, sedangkan sisanya ditabung.
    Banyak uang yang ditabung oleh Ady adalah ....
    A. Rp2.400.000,00                              C. Rp400.000,00
    B. Rp600.000,00                                  D. Rp200.000,00

    Kunci jawaban: D
    Pembahasan
    KPK dari 9, 6, dan 3 adalah 18.
    Bagian yang di tabung adalah 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
    = 1 –
    =
    Jumlah uang yang di tabung oleh Ady = × Rp3.600.000,00
    = Rp200.000,00
  4. 5.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
    Indikator soal
    Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar
    SOAL
    Jarak antara kota A dan kota B pada peta 5 cm. Dengan skala peta 1 : 1.200.000, jarak sebenarnya adalah ....
    A. 4 km                                                C. 40 km
    B. 6 km                                                D. 60 km

    Kunci jawaban: D
    Pembahasan
    Jarak sebenarnya = 1.200.000 × 5cm
    = 6.000.000cm
    = 60 km
Banyak tulisan yang tidak terlihat atau kacau download saja
Selengkapnya untuk dipelajari dirumah download saja file dibawah ini: 
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, Agustus 19, 2010

CONTOH II SOAL DAN PEMBAHASAN UNAS MATEMATIKA SMP/MTs

CONTOH II SOAL DAN PEMBAHASAN UNAS MATEMATIKA SMP/MTs

  1. 1.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
    SOAL
    Hasil dari 4 + 10 : 2  (5) adalah ....
    A. 29 C. 12
    B. 15 D. 5

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    4 + 10 : 2  (5) = 4 + 5  (5)
    = 4 – 25
    = 29
  1. 2.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
    SOAL
    Suhu tempat A adalah 60 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 280C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ….
    A. – 170 C. 110
    B. – 110 D. 170

    Kunci jawaban: C
    Pembahasan
    60 di bawah nol di artikan – 60, sedangkan 280 di atas nol diartikan + 280.
    Selisih antara – 60 dengan + 280 adalah 340, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 340 : 2 = 170. Suhu tempat C adalah – 60 + 170 = 110.

  2. 3.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
    SOAL
    Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan adalah ....
    A. C.
    B. D.

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    KPK dari 5, 4, dan 2 adalah 20, maka: , , dan
    Urutan dari besarke kecil adalah, , , atau

  3. 4.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
    SOAL
    Banyak siswa di suatu kelas 40 orang. bagian senang sepakbola, bagian senang volley, bagian senang basket, sedangkan sisanya senang berenang.
    Banyak siswa yang senang berenang adalah ....
    A. 1 orang C. 10 orang
    B. 3 orang D. 15 orang

    Kunci jawaban: B
    Pembahasan
    KPK dari 10,4, dan 8 adalah 40.
    Maka: 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
    = 1 –
    =
    Jumlah siswa yang senang berenang = x 40 orang
    = 3 orang.

  4. 5.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
    Indikator soal
    Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar
    SOAL
    Jarak dua buah kota pada peta dengan skala 1 : 3.500.000 adalah 5 cm.
    Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah ....
    A. 175 km C. 17,5 km
    B. 70 km D. 7 km

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    Jarak sebenarnya = 3.500.000  5 cm.
    = 17.500.000 cm
    = 175 km
    Tulisan tidak karuan/amburadul
Selengkapnya Download saja File dibawah ini yang tidak amburadul : 
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Selasa, Agustus 17, 2010

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP/MTs

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP/MTs

  1. KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    INDIKATOR SOAL
    Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat
    SOAL
    Hasil dari (- 12) : 3 + 8 x (- 5) adalah ....
    A. - 44          C. 28         B. - 36           D. 48

    KUNCI JAWABAN: A
    PEMBAHASAN
    (- 12) : 3 + 8 × (- 5) = - 4 + (-40)
                                    = - 44
  1. 2.KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    INDIKATOR SOAL
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
    SOAL
    Suhu tempat A adalah 100C di bawah nol,suhu tempat B adalah 200C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ....
    A. – 150              C. 50
    B. – 50                D. 150

    KUNCI JAWABAN: C
    PEMBAHASAN
    100 di bawah nol diartikan – 100, sedangkan 200 di atas nol diartikan + 200.
    Selisih antara – 100 dengan + 200 adalah 300, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 300 : 2 = 150. Suhu tempat C adalah – 100 + 150 = 50.

  2. 3. KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
    INDIKATOR SOAL
    Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
    SOAL
    Urutan dari kecil ke besar untuk pecahan adalah ....
    A.                                     C.
    B.                                     D.

    KUNCI JAWABAN: D
    PEMBAHASAN
    KPK dari 5, 9, dan 7 adalah 315, maka: , , dan
    Urutan dari kecil ke besar adalah , , atau

  3. 4.KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
    INDIKATOR SOAL
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
    SOAL
    Luas taman pak Ahmad 300 m2.bagian ditanami bunga mawar, bagian ditanami bunga melati, bagian ditanami bunga anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
    Luas kolam adalah ....
    A. 45 m2                          C. 65 m2
    B. 55 m2                          D. 75 m2

    KUNCI JAWABAN: C
    PEMBAHASAN
    KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 60.
    Bagian untuk kolam adalah 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
    = 1 –
    =
    Luas kolam = × 300 m2
    = 65 m2

  4. Untuk lebih jelas dan tulisan tidak amburadul Download saja file berikut :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
  5. Download Juga Kajian UN Matematika :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner