Sidebar atas

Kamis, Agustus 19, 2010

CONTOH II SOAL DAN PEMBAHASAN UNAS MATEMATIKA SMP/MTs

CONTOH II SOAL DAN PEMBAHASAN UNAS MATEMATIKA SMP/MTs

  1. 1.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
    SOAL
    Hasil dari 4 + 10 : 2  (5) adalah ....
    A. 29 C. 12
    B. 15 D. 5

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    4 + 10 : 2  (5) = 4 + 5  (5)
    = 4 – 25
    = 29
  1. 2.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
    SOAL
    Suhu tempat A adalah 60 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 280C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ….
    A. – 170 C. 110
    B. – 110 D. 170

    Kunci jawaban: C
    Pembahasan
    60 di bawah nol di artikan – 60, sedangkan 280 di atas nol diartikan + 280.
    Selisih antara – 60 dengan + 280 adalah 340, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 340 : 2 = 170. Suhu tempat C adalah – 60 + 170 = 110.

  2. 3.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
    SOAL
    Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan adalah ....
    A. C.
    B. D.

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    KPK dari 5, 4, dan 2 adalah 20, maka: , , dan
    Urutan dari besarke kecil adalah, , , atau

  3. 4.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
    SOAL
    Banyak siswa di suatu kelas 40 orang. bagian senang sepakbola, bagian senang volley, bagian senang basket, sedangkan sisanya senang berenang.
    Banyak siswa yang senang berenang adalah ....
    A. 1 orang C. 10 orang
    B. 3 orang D. 15 orang

    Kunci jawaban: B
    Pembahasan
    KPK dari 10,4, dan 8 adalah 40.
    Maka: 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
    = 1 –
    =
    Jumlah siswa yang senang berenang = x 40 orang
    = 3 orang.

  4. 5.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
    Indikator soal
    Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar
    SOAL
    Jarak dua buah kota pada peta dengan skala 1 : 3.500.000 adalah 5 cm.
    Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah ....
    A. 175 km C. 17,5 km
    B. 70 km D. 7 km

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    Jarak sebenarnya = 3.500.000  5 cm.
    = 17.500.000 cm
    = 175 km
    Tulisan tidak karuan/amburadul
Selengkapnya Download saja File dibawah ini yang tidak amburadul : 
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar