Rabu, Maret 02, 2011

SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMA IPA 2009/2010

SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMA IPA 2009/2010

1.Perhatikan premis-premis berikut.
Premis 1. Jika saya giat belajar maka saya bisa meraih juara.
Premis 2. Jika saya bisa meraih juara maka saya boleh ikut bertanding.
Ingkaran dari kesimpulan kedua premis di atas adalah:
  • A.Saya giat belajar dan saya tidak boleh ikut bertanding.
  • B.Saya giat belajar atau saya tidak boleh ikut bertanding.
  • C.Saya giat belajar maka saya bisa meraih juara.
  • D.Saya giat belajar dan saya boleh ikut bertanding.
  • E.Saya ikut bertanding maka saya giat belajar.
Penyelesaian:
Untuk dapat mengerjakan soal ini, diperlukan 2 langkah pengerjaan. Langkah pertama adalah penarikan kesimpulan dari premis-premis, dan langkah berikutnya adalah menentukan ingkaran kesimpulan yang diperoleh pada langkah pertama.
Langkah Pertama: Penarikan Kesimpulan Premis
Misal p adalah kalimat “saya giat belajar”
q adalah kalimat “saya bisa meraih juara”
r adalah kalimat “saya boleh ikut bertanding”
Maka premis-premis di atas dapat disusun dalam kalimat logika berikut.
1. Jika saya giat belajar maka saya bisa meraih juara :
2. Jika saya bisa meraih juara maka saya boleh ikut bertanding :
Dari premis-premis di atas, gunakan silogisme untuk penarikan kesimpulan. Ingat kembali konsep penarikan kesimpulan menggunakan silogisme, yakni:
Sehingga diperoleh kesimpulan premis-premis di atas adalah;
Langkah Kedua: Menentukan Ingkaran dari Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh pada langkah sebelumnya adalah implikasi:
Ingat kembali konsep ingkaran dari pernyataan implikasi, yakni :

Jadi ingkaran dari kesimpulan kedua premis di atas adalah
“saya giat belajar dan saya tidak boleh ikut bertanding”
2.Bentuk sederhana dari
Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
1. Bentuk DOC
2. Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar