Kamis, Agustus 19, 2010

CONTOH II SOAL DAN PEMBAHASAN UNAS MATEMATIKA SMP/MTs

CONTOH II SOAL DAN PEMBAHASAN UNAS MATEMATIKA SMP/MTs

  1. 1.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
    SOAL
    Hasil dari 4 + 10 : 2  (5) adalah ....
    A. 29 C. 12
    B. 15 D. 5

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    4 + 10 : 2  (5) = 4 + 5  (5)
    = 4 – 25
    = 29
  1. 2.Kemampuan yang diuji.
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
    SOAL
    Suhu tempat A adalah 60 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 280C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ….
    A. – 170 C. 110
    B. – 110 D. 170

    Kunci jawaban: C
    Pembahasan
    60 di bawah nol di artikan – 60, sedangkan 280 di atas nol diartikan + 280.
    Selisih antara – 60 dengan + 280 adalah 340, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 340 : 2 = 170. Suhu tempat C adalah – 60 + 170 = 110.

  2. 3.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
    SOAL
    Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan adalah ....
    A. C.
    B. D.

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    KPK dari 5, 4, dan 2 adalah 20, maka: , , dan
    Urutan dari besarke kecil adalah, , , atau

  3. 4.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
    Indikator soal
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
    SOAL
    Banyak siswa di suatu kelas 40 orang. bagian senang sepakbola, bagian senang volley, bagian senang basket, sedangkan sisanya senang berenang.
    Banyak siswa yang senang berenang adalah ....
    A. 1 orang C. 10 orang
    B. 3 orang D. 15 orang

    Kunci jawaban: B
    Pembahasan
    KPK dari 10,4, dan 8 adalah 40.
    Maka: 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
    = 1 –
    =
    Jumlah siswa yang senang berenang = x 40 orang
    = 3 orang.

  4. 5.Kemampuan yang diuji.
    Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
    Indikator soal
    Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar
    SOAL
    Jarak dua buah kota pada peta dengan skala 1 : 3.500.000 adalah 5 cm.
    Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah ....
    A. 175 km C. 17,5 km
    B. 70 km D. 7 km

    Kunci jawaban: A
    Pembahasan
    Jarak sebenarnya = 3.500.000  5 cm.
    = 17.500.000 cm
    = 175 km
    Tulisan tidak karuan/amburadul
Selengkapnya Download saja File dibawah ini yang tidak amburadul : 
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC


Selasa, Agustus 17, 2010

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP/MTs

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP/MTs

  1. KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    INDIKATOR SOAL
    Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat
    SOAL
    Hasil dari (- 12) : 3 + 8 x (- 5) adalah ....
    A. - 44          C. 28         B. - 36           D. 48

    KUNCI JAWABAN: A
    PEMBAHASAN
    (- 12) : 3 + 8 × (- 5) = - 4 + (-40)
                                    = - 44
  1. 2.KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
    INDIKATOR SOAL
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
    SOAL
    Suhu tempat A adalah 100C di bawah nol,suhu tempat B adalah 200C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ....
    A. – 150              C. 50
    B. – 50                D. 150

    KUNCI JAWABAN: C
    PEMBAHASAN
    100 di bawah nol diartikan – 100, sedangkan 200 di atas nol diartikan + 200.
    Selisih antara – 100 dengan + 200 adalah 300, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 300 : 2 = 150. Suhu tempat C adalah – 100 + 150 = 50.

  2. 3. KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
    INDIKATOR SOAL
    Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
    SOAL
    Urutan dari kecil ke besar untuk pecahan adalah ....
    A.                                     C.
    B.                                     D.

    KUNCI JAWABAN: D
    PEMBAHASAN
    KPK dari 5, 9, dan 7 adalah 315, maka: , , dan
    Urutan dari kecil ke besar adalah , , atau

  3. 4.KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
    INDIKATOR SOAL
    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
    SOAL
    Luas taman pak Ahmad 300 m2.bagian ditanami bunga mawar, bagian ditanami bunga melati, bagian ditanami bunga anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
    Luas kolam adalah ....
    A. 45 m2                          C. 65 m2
    B. 55 m2                          D. 75 m2

    KUNCI JAWABAN: C
    PEMBAHASAN
    KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 60.
    Bagian untuk kolam adalah 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
    = 1 –
    =
    Luas kolam = × 300 m2
    = 65 m2

  4. Untuk lebih jelas dan tulisan tidak amburadul Download saja file berikut :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
  5. Download Juga Kajian UN Matematika :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC