Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 2(dua)/1(ganjil)
Jaringan Tema : Lingkungan
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit/3 minggu
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
- KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan isi puisi
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
- INDIKATOR
Menceritakan kembali isi puisi yang didengar
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Membaca puisi dengan ucapan yang jelas, menjelaskan isi puisi yang dibaca
Melengkapi teks cerita sederhana dengan tepat
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menceritakan kembali isi puisi yang didengar dengan kata-kata sendiri
Siswa dapat mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang benar
Siswa dapat membaca puisi dengan ucapan yang jelas
Siswa dapat melengkapi teks cerita sederhana dengan kata-kata sendiri yang tepat
- MATERI AJAR
Mendeskripsikan isi puisi
Teks puisi
Teks cerita
- METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Pemberian Tugas.
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal
Mendengarkan cerita
Tanya jawab
- Kegiatan Inti
Menceritakan isi puisi yang didengar dengan kata-kata sendiri
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang benar
Membaca puisi dan menjelaskan isi puisi yang dibaca
Melengkapi teks cerita sederhana dengan kata yang tepat
- Kegiatan Akhir
Melaporkan hasil
Memanjangkan
- Kegiatan Awal
- ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Buku Erlangga hal 63 – 70
Puisi “lagu Kebunku”
Pengalaman guru
- PENILAIAN
Tes Lisan / Kinerja
Diskusikan dengan teman sebangku bagaimana keadaan kebutn pada lagu “Kebunku”. Kemudian ceritakan secara lisan.
- Baca Selengkapnya Silahkan Download Di Bawah Ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar