Sidebar atas

Kamis, Februari 07, 2013

Joseph-louis de Lagrange


Joseph-Louis de Lagrange
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Joseph Louis Lagrange)
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph-Louis de Lagrange (terlahir Giuseppe Luigi Lagrangia, 25 Januari 1736-10 April 1813) ialah matematikawan dan astronom Perancis-Italia yang membuat sumbangan penting pada mekanika klasik, angkasa dan teori bilangan.

Dilahirkan di Turin, ia adalah campuran Italia dan Perancis. Ayahnya ialah orang kaya, namun suka menghambur-hamburkan kekayaannya. Belakangan dalam hidupnya, Lagrange menyebutnya sebagai bencana yang menguntungkan karena, "jika saya mewarisi kekayaan mungkin saya tidak akan mempertaruhkan nasib saya dengan matematika."
Berpaling pada matematika dengan membaca sebuah esai tentang kalkulus, dengan cepat ia menguasai subyek tersebut. Pada usia 19, ia memulai karyanya-mungkin yang terbesar, Mécanique analitique, meski tak diterbitkan sampai ia berusia 52. Karena tiadanya diagram yang lengkap, komposisi terpadu, William Rowan Hamilton menyebut bukunya sebagai "sajak ilmiah".
Pada saat Lagrange mengirim beberapa hasil karyanya kepada Leonhard Euler, Euler sadar akan kecemerlangan Lagrange dan menunda menerbitkan sejumlah karyanya sendiri yang berkaitan agar Lagrange-lah yang bisa menerbitkannya pertama kali-contoh langka tentang sifat seorang akademikus yang tak mementingkan diri sendiri.
Karirnya masyhur; pada usia 20 ia adalah matematikawan istana pada Raja Prusia Friedrich yang Agung di Berlin dan kemudian guru besar di École normale di Paris. Selama Revolusi Prancis, ia adalah favorit Marie Antoinette dan kemudian Napoleon. Di Paris, ia membantu menyempurnakan sistem metrik tentang berat dan ukuran.
Kutipan atas Lagrange
• Lagrange merupakan puncak piramida dari ilmu-ilmu matematika. (Napoleon Bonaparte)
• Nakhoda besar analisis modern ialah Lagrange, Laplace, dan Gauss yang sebaya. (WWR. Ball)
Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Joseph-Louis_de_Lagrange"
Kategori: Kelahiran 1736 | Kematian 1813 | Matematikawan Italia | Matematikawan Perancis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar