Minggu, Januari 02, 2011

JUKNIS ANALISIS STANDAR PENILAIAN

JUKNIS ANALISIS STANDAR PENILAIAN

A.Latar Belakang
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah harus menyusun kurikulum dengan mengacu kepada Standar Isi,Standar Kompetensi Lulusan,Standar Pengelolaan, Standar Proses,dan Standar Penilaian,serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.
  1. Standar Penilaian Pendidikan yang merupakan acuan dasar dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 20 Tahun 2007.Pemberlakuan standar penilaian di SMA diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan dalam mencapai standar kompetensi lulusan SMA dan pada akhirnya mampu meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Dari penjelasan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa standar penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam proses pencapaian standar nasional pendidikan lainnya.
    Berdasarkan laporan hasil pelaksanaan kegiatan bimtek KTSP di SMA pada tahun 2009, diperoleh data dan informasi antara lain sebagai berikut:
    1)sebagian besar sekolah belum melakukan analisis standar penilaian,meskipun dalam penyiapan perangkat dan pelaksanaan penilaian sudah mengacu pada berbagai ketentuan yang ditetapkan dalam standar penilaian;
    2)sebagian besar guru belum memahami manfaat/kegunaan hasil analisis standar penilaian. Selain itu, mereka juga belum memahami tata cara pelaksanaan analisis standar penilaian; dan
    3)belum ada naskah panduan/petunjuk teknis yang dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk melakukan analisis standar penilaian secara benar dengan hasil yang optimal.
    Sebagai salah satu upaya untuk membantu sekolah agar dapat melakukan analisis standar penilaian, Direktorat Pembinaan SMA menyusun dan menerbitkan “Petunjuk Teknis Analisis Standar Penilaian di SMA”.
B.Tujuan
  1. Petunjuk teknis ini disusun dengan tujuan untuk:
    1.dijadikan acuan bagi guru SMA dalam melakukan analisis standar penilaian serta mengaitkannya dengan standar isi, standar kompetensi lulusan, dan
    standar proses untuk pengembangan silabus dan RPP;
    2.meningkatkan pemahaman guru SMA tentang esensi teknik penilaian dalam kaitannya dengan perencanaan pembelajaran
C.Ruang Lingkup Kegiatan
  1. Ruang lingkup juknis analisis standar penilaian ini, mencakup kegiatan:
    1.Penugasan TPK untuk melakukan analisis standar penilaian;
    2.Penyusunan rencana dan jadwal pelaksanaan kegiatan analisis;
    3.Penyusunan perangkat analisis (panduan/rambu-rambu dan instrumen/format);
    4.Pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data dan informasi serta draf analisis;
    5.Pembahasan, penyempurnaan dan finalisasi hasil analisis;
    6.Penandatanganan dokumen hasil analisis;
    7.Penggandaan dan pendistribusian hasil analisis.
D.Unsur yang Terlibat
  1. 1.Kepala Sekolah,
    2.Tim Pengembang Kurikulum Sekolah,
    3.Guru/MGMP sekolah.
E.Referensi
  1. 1.Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
    Nasional, Pasal 36, 37 ayat (1), dan Pasal 38 ayat (1) dan (2);
    2.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab III Pasal 5, 6, 7, 8, 10, 13, 14, 16, 17, 18, Bab IV , Bab V Pasal 25, Pasal 36 ayat (2), Bab VIII Pasal 49 ayat (1), Pasal 51, 52, Bab X Pasal 63 ayat (1), Pasal 64, 65, 66 72;
    3.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi;
    4.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar
    Kompetensi Lulusan;
    5.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24/2006 dan No. 6 Tahun 2007 tentang
    Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan;
    6.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
    Sekolah/Madrasah, Lampiran Bagian B 2 butir 2.2 dan 2.10;
    7.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi
    Akademik dan Kompetensi Guru, Bagian A butir 1.d dan Bagian B butir 3;
    8.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
    Pendidikan;
    9.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses;
    10.Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran yang diterbitkan oleh BSNP;
Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini : 
1. File Bentuk PDF 
2. File Bentuk DOC 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar