Sidebar atas

Rabu, Agustus 17, 2011

SOAL U N BAHASA INDONESIA SMP/MTs 2006

SOAL U N BAHASA INDONESIA SMP/MTs 2006

UN-SMP-06-01
Meskipun hanya meraih satu emas dalam Olimpiade Fisika Intemasional XXXV di Pohang, Korea Selatan,14-22 Juli 2004, Indonesia tidak perlu berkecil hati. Emas persembahan Yudistira Virgus itu menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang disegani dalam perkembangan ilmu Fisika.
Gagasan besar pokok paragraf tersebut adalah …
  • A.mahalnya harga sekeping medali emas
  • B.Indonesia disegani dalam perkembangan ilmu Fisika
  • C.keberhasilan Indonesia dalam Olimpiade Fisika Intemasional
  • D.Yudistira Virgus mempersembahkan satu medali emas
UN-SMP-06-02
Pada era global, sumber daya manusia (SDM) handal merupakan kebutuhan yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM handal adalah melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar ber- dasarkan kurikulum yang terprogram dan hari efektif yang pasti.Simpulan tersirat dari paragraf tersebut adalah....
  • A.Pada era global, setiap negara membutuhkan SDM yang handal sebagai kebutuhan mendasar.
  • B.Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM handal.
  • C.SDM yang handal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan.
  • D.SDM yang handakmenjadi kebutuhan mendasar bagi setiap negara baik negara maju maupun berkembang.
UN-SMP-06-03
Musik berirama dangdut banyak penggemarnya dewasa ini.Jenis musik tersebut tidak hanya disenangi oleh masyarakat pedesaan, tetapi juga oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi yang ada di negeri ini mempro- gramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut meskipun dengan jam tayang yang berbeda- beda. Banyak pengusaha rekaman memanfaatkannya.
Rangkuman yang tepat paragraf tersebut adalah....
  • A.Musik dangdut digemari berbagai kalangan sehingga diprogramkan semua stasiun TV.
  • B.Musik dangdut berkembang pesat berkata para pengusaha rekaman dan stasiun TV.
  • C.Kini penggemar musik dangdut tidak hanya masyarakat pedesaan,tetapi juga masyarakat perkotaan.
  • D.Masyarakat pada umumnya senang akan tayangan musik dangdut karena musik dangdut mudah dinikmati.
UN-SMP-06-04
Bangunan sisa kolonial Belanda itu berdiri dipusat kota, di balik pagar seng. Ada yang mengatakan dindingnya kokoh, meski termakan usia, seakan ber- bicara betapa banyak sejarah yang telah dilaluinya. Dindingnya mungkin sudah lapuk ditumbuhi tanaman liar dan lumut. Menurutnya, datanya pun tak terlihat lagi, menunjukkan bahwa tak pernah ada tangan manusia yang merawatnya.
Kalimat berisi fakta terdapat pada kalimat …
  • A.pertama
  • B.kedua
  • C.ketiga
  • D.keempat
UN-SMP-06-05
Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama adalah kesalahan pengemudi. Pengemudinya biasanya kurahg sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk
sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain.Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
  • A.Jarak terlalu jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar,
  • B.Bila sopir berhati-hati maka kecelakaan tidak akan terjadi.
  • C.Para pengemudi biasanya mengebut dan saling mendahului
  • D.Tabrakan terjadi karena pengemudi sering mengantuk
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 96: Mohon Dirinya Seseorang Sahabat Dan Memberikan Wasiat Padanya Ketika Hendak Berpisah Dengannya Karena Bepergian Atau Lain-lainnya. Mendoakannya Serta Meminta Doa Daripadanya (Supaya Didoakan Olehnya)
Dari Abu Sulaiman yaitu Malik bin al-Huwairits رضي الله عنه, katanya: "Kita semua mendatangi Rasulullah صلی الله عليه وسلم dan kita semua adalah para pemuda yang hampir berdekatan saja usianya. Kita semua bermukim di sisi beliau صلی الله عليه وسلم selama duapuluh malam -untuk belajar ilmu pengetahuan agama. Rasulullah صلی الله عليه وسلم adalah seorang yang kasih sayang serta lemah-lembut. Beliau mengira bahwa kita semua telah rindu kepada keluarga kita, lalu bertanya kepada kita tentang siapa-siapa dari keluarga kita itu yang kita tinggalkan. Kitapun memberitahukannya tentang hal itu. Selanjutnya beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Kembalilah kini kepada keluargamu masing-masing, berdiamlah di dalam lingkungan mereka, berilah mereka pelajaran, perintahlah mereka - melakukan ketaatan, juga bersembahyanglah engkau semua shalat ini pada waktu begini dan shalat ini pada waktu begini - yakni shalat lima waktu. Jikalau waktu shalat sudah tiba, maka hendaklah seseorang di antara engkau semua itu membunyikan azan dan hendaklah menjadi imammu semua itu orang yang tertua dari engkau semua." (Muttafaq 'alaih) Imam Bukhari menambahkan dalam riwayatnya: "Rasulullah juga bersabda lagi: "Dan bersembahyanglah engkau semua itu sebagaimana engkau semua melihat cara saya bersembahyang."Ucapannya: Rahiman rafiqan, diriwayatkan dengan fa' dan qaf -sebagaimana di atas, juga diriwayatkan dengan dua qaf - lalu berbunyi raqiqan yang artinya halus perasaannya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar