Jumat, Februari 05, 2010

SILABUS JARINGAN TEMA LINGKUNGAN KELAS I.A SD

SILABUS JARINGAN TEMA LINGKUNGAN KELAS I.A SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Mata Pelajaran : PKN
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
  3. MATERI POKOK
    Hidup rukun di rumah dan di sekolah.
  4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Anak bercerita tentang pengalaman bermain bersama teman-temannya
    Tanya jawab tentang cara bermain yang baik dan tidak baik
    Menyebutkan akibat jika tidak menjaga kerukunan dalam bermain di rumah dan di sekolah
    Menyebutkan contoh sikap tidak membeda-bedakan (jenis kelamin, agama, suku bangsa) dalam bermain di rumah dan di sekolah
    Mendemonstrasikan contoh hidup rukun dalam bermain dengan siapa saja (bermain peran dalam perbedaan
  1. INDIKATOR
    Mengidentifikasikan hidup rukun dan tidak rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
    Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan
    Menunjukkan sikap/perbuatan tidak membeda-bedakan adanya perbedaan di lingkungan rumah dan sekolah
  2. PENILAIAN
    Tes Lisan
    Tertulis Sikap
  3. SUMBER BELAJAR
    Penunjang
    PKn kelas I
    Pengalaman siswa dan guru.
  4. Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
    1. STANDAR KOMPETENSI
      Mendengarkan
      Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
      Berbicara
      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
    2. KOMPETENSI DASAR
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
      Mendiskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
    3. MATERI POKOK
      Kalimat perintah (kalimat imperatif)
      Mendengarkan dongeng (cerita binatang)
      Mendiskripsikan benda
    4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Melakukan sesuatu dengan benar sesuai dengan permintaan guru
      Mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru seperti melingkari, menyilang, mengisi titik-titik
      Menyimak dongeng yang dibaca guru
      Menjawab pertanyaan isi dongeng
      Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
      Tanya jawab tentang benda-benda yang ada di kelas
      Menyebutkan ciri-ciri fisik benda yang ditunjuk guru (nama, bentuk, warna, rasa dll)
      Menebak nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya
    5. INDIKATOR
      Melakukan permintaan guru
      Mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru seperti melingkari, menyilang, mengisi titik-titik
      Menyimak dongeng yangdibaca guru
      Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi dongeng
      Menceritakan kembali isi dongeng
      Menyebutkan nama benda di sekitar siswa
      Menyebutkan ciri fisik benda yang ditunjuk (nama, bentuk, warna, rasa dll)
      Menebak nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya
  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar