Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Mata Pelajaran : PKN
- STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
- KOMPETENSI DASAR
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
- MATERI POKOK
Hidup rukun di rumah dan di sekolah.
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Anak bercerita tentang pengalaman bermain bersama teman-temannya
Tanya jawab tentang cara bermain yang baik dan tidak baik
Menyebutkan akibat jika tidak menjaga kerukunan dalam bermain di rumah dan di sekolah
Menyebutkan contoh sikap tidak membeda-bedakan (jenis kelamin, agama, suku bangsa) dalam bermain di rumah dan di sekolah
Mendemonstrasikan contoh hidup rukun dalam bermain dengan siapa saja (bermain peran dalam perbedaan
- INDIKATOR
Mengidentifikasikan hidup rukun dan tidak rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan
Menunjukkan sikap/perbuatan tidak membeda-bedakan adanya perbedaan di lingkungan rumah dan sekolah
- PENILAIAN
Tes Lisan
Tertulis Sikap
- SUMBER BELAJAR
Penunjang
PKn kelas I
Pengalaman siswa dan guru.
- Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
- STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
- KOMPETENSI DASAR
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Mendiskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
- MATERI POKOK
Kalimat perintah (kalimat imperatif)
Mendengarkan dongeng (cerita binatang)
Mendiskripsikan benda
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Melakukan sesuatu dengan benar sesuai dengan permintaan guru
Mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru seperti melingkari, menyilang, mengisi titik-titik
Menyimak dongeng yang dibaca guru
Menjawab pertanyaan isi dongeng
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
Tanya jawab tentang benda-benda yang ada di kelas
Menyebutkan ciri-ciri fisik benda yang ditunjuk guru (nama, bentuk, warna, rasa dll)
Menebak nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya
- INDIKATOR
Melakukan permintaan guru
Mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru seperti melingkari, menyilang, mengisi titik-titik
Menyimak dongeng yangdibaca guru
Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi dongeng
Menceritakan kembali isi dongeng
Menyebutkan nama benda di sekitar siswa
Menyebutkan ciri fisik benda yang ditunjuk (nama, bentuk, warna, rasa dll)
Menebak nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya
- STANDAR KOMPETENSI
- Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar