Jumat, Februari 19, 2010

RPP JAR.TEMA PERISTIWA KELAS I.B SD/MI

RPP JAR.TEMA PERISTIWA KELAS I.B SD/MI

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Peristiwa
Kelas / Semester : 1(satu)/2(genap)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 75 jam pelajaran
  1. I. STANDAR KOMPETENSI
  2. PKN
    Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah
    Menerapkan kewajiban anak dirumah dan di sekolah
  3. BAHASA INDONESIA
    Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
    Mengucapkan pikiran perasaan dan informasi secara lisan dengan gambar percakapan sederhana dan dongeng.
    Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
    Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
  1. MATEMATIKA
    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.
    Menggunakan pengukuran berat.
    Mengenal bangun datar sederhana
  2. IPA
    Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
    Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
  3. IPS
    Mendeskripsikan lingkungan rumah
  4. SBK
    Mengapresiasi karya seni rupa.
    Mengapresiasi diri melalui karya seni musik
    Mengapresiasi karya seni tari
    Mengapresiasikan diri melalui karya seni
  1. II. KOMPETENSI DASAR
  2. PKN
    Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan di dengar pendapatnya.
    Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
  3. BAHASA INDONESIA
    Mengulang deskrepsi tentang benda-benda disekitar.
    Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah sesuai.
    Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat.
    Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
  4. MATEMATIKA
    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
    Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
    Mengenal segitiga, segi empat dan lingkaran

  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download DiBawah Ini :
    1. File bentuk PDF
    2. File bentuk DOC

Minggu, Februari 14, 2010

SILABUS JAR.TEMA PERISTIWA KLS I B SD

SILABUS JAR.TEMA PERISTIWA KLS I B SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : PERISTIWA
Kelas / Semester : I(satu)/II (genap)
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Membaca
    Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
    Menulis
    Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dekte dan menyalin
  2. KOMPETENSI DASAR
    Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat.
    Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
  3. MATERI POKOK
    Menulis huruf tegak bersambung
    Membaca lancar teks pendek
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Membaca lancar kalimat sederhana dengan intonasi yang benar dan tepat.
    Menceritakan kembali ringkasan teks becaan secara lisan
    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai teks bacaan.
    Menebalkan kalimat yang di tulis tegak bersambung.
    Menulis syair puisi dengan huruf tegak bersambung.
    Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai isi bacaan.
  2. INDIKATOR
    Menebalkan kalimat yang di tulis tegak bersambung.
    Menyalin syair puisi dengan huruf tegak bersambung
    Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar
  3. PENILAIAN
    Tes: Kinerja
    Tes: Produk , Sikap dan Perilaku
  4. SUMBER BELAJAR
    Buku Bahasa Indonesia IB Erlangga
    Pengalaman guru
  5. Mata Pelajaran : MATEMATIKA

    1. STANDAR KOMPETENSI
      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua bilangan dalam pemecahan masalah.
      Menggunakan pengukuran berat
      Mengenal bangun datar sederhana.
    2. KOMPETENSI DASAR
      Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
      Mengenal segitiga, segi empat dan lingkaran.
    3. MATERI POKOK
      Operasi hitung bilangan.
      Soal cerita yang berkaitan dengan berat
      Bangun datar.
    4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
      Mengerjakan soal cerita tentang berat dan ringan.
      Menyebutkan nama benda di sekitar.
      Menggambarkan bermacam-macam bangun datar.
      Mengelompokkan bangun datar sesuai dengan bentuknya.
  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Rabu, Februari 10, 2010

RPP SD JAR.TEMA KEGEMARAN KELAS I.A

RPP SD JAR.TEMA KEGEMARAN KELAS I.A

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Jaringan Tema : Kegemaran.
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
  2. PKN
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
    Membiasakan tertib dirumah dan disekolah.
  3. BAHASA INDONESIA
    Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
    Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
    Memahami teks pendek dengan membaca nyring.
    Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin
  1. MATEMATIKA
    Bilangan.
    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
    Geometri dan pengurangan.
    Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
  2. IPA
    Benda dan sifatnya.
    Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan, perubahan benda.
  3. IPS
    Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
  4. SBK
    Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
    Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
  5. KOMPETENSI DASAR

    1. PKN
      Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
      Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
      Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai.
      Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
      Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas.
    3. MATEMATIKA
      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
      Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya.
  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Selasa, Februari 09, 2010

SILABUS JAR.TEMA KEGEMARAN KELAS I.A SD

SILABUS JAR.TEMA KEGEMARAN KELAS I.A SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Jaringan Tema : Kegemaran
Kelas / Semester : I(satu) / I(ganjil)
Mata Pelajaran : PKN
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
    Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
  2. KOMPETENSI DASAR
    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan dirumah dan di sekolah.
    Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
  3. MATERI POKOK
    Hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    Tertib di rumah dan di sekolah
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Membaca / mendengarkan cerita tentang seorang anak yang selalu patuh pada tata tertib yang di terapkan.
    Mengomentari cerita yang telah dibaca / di dengar.
    Menjawab pertanyaan tentang isi certa.
    Menyebutkan contoh kegiatan hidup rukun dalam anggota keluarga.
    Misal : bermain, belajar, menonton TV bersama kakak adik.
    Memberikan contoh kegiatan rukun dengan teman di sekolah.
    Misal : Berangkat sekolah, belajar kelompok, bermain bersama teman.
  2. INDIKATOR
    Menjelaskan contoh hidup rukun dalam anggota keluarga.
    Menjelaskan contoh hidup rukun di lingkungan sekolah
    Menceritakan tentang tata tertib yang harus di patuhi dalam kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
  3. PENILAIAN
    Tes: Lisan. Tertulis
    Sikap.
  4. SUMBER BELAJAR
    Penunjang PKn kelas I
    Pengalaman guru.
  5. Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
    1. STANDAR KOMPETENSI
      1. Mendengarkan
        Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongene yang di lisankan.
      2. Berbicara
        Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
    2. KOMPETENSI DASAR
      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
      Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan informasi yang sesuai.
    3. MATERI POKOK
      Puisi sederhana
      Dongeng (cerita binatang).
    4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Membacakan puisi sederhana dengan lafal dan informasi yang baik dan benar.
      Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekpresikannya dalam gerak dan mimik yang sesuai.
      Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi puisi (secara lisan).
      Mendengarkan dongeng tantang binatang.
      Menjawab pertanyaan dari isi dongeng.
      Mengungkapkan pendapat tentang tokoh / pelaku (baik, jahat, suka, tidak suka dan lain-lain)
      Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri.
    5. INDIKATOR
      Menyimak dongeng dari guru.
      Menjawab pertanyaan dari isi dongeng.
      Mengungkapkan pendapat tentang tokoh / pelaku.
      Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri.
      Membacakan puisi dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
      Mendeklamasikan puisi sederhana dengan baik
      Menjawab pertanyaan tentang isi puisi.
  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Minggu, Februari 07, 2010

RPP JAR.TEMA PENGALAMAN KELAS I.A SD

RPP JAR.TEMA PENGALAMAN KELAS I.A SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Pengalaman
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
  2. PKN
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
    Membiasakan tertib dirumah dan disekolah.
  3. BAHASA INDONESIA
    Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
    Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
    Memahami teks pendek dengan membaca nyring.
    Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
  4. MATEMATIKA
    Geometri dan pengukuran.
    Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
    Mengenal beberapa bangun ruang.
  1. IPA
    Mahkluk hidup dan proses kehidupan.
    Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara-cara perawatannya.
    Mengenal cara memelihara lingkungan agar tatap sehat.
    Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda.
  2. IPS
    Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
  3. SBK
    Mengapresiasi karya seni musik.
    Mengekpresikan diri melalui karya seni rupa.
    Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
    Mengapresiasi karya seni tari.
    Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
  4. KOMPETENSI DASAR
    1. PKN
      Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
      Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
      Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
      Menjelaskan pentingya tata tertib di rumah dan di sekolah.
      Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Membedakan berbagai bunyi bahasa.
      Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yangsantun.
      Membaca nyring kalimat sedehana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.
    3. MATEMATIKA
      Menentukan lama suatu kegiatan berlansung.
      Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, kerucut) dan lain-lain.
      Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

SILABUS JAR.TEMA PENGALAMAN KELAS I.A SD

SILABUS JAR.TEMA PENGALAMAN KELAS I.A SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Pengalaman
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Mata Pelajaran : PKN
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
    Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan dirumah dan di sekolah.
    Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah.
    Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
  3. MATERI POKOK
    Tertib di rumah dan di sekolah
    Hidup rukun dan tidak rukun di rumah dan di sekolah.
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mendiskusikan dengan teman sebangku / kelompok tentang kegiatan mentaati tata tertib dan akibat melanggar tata tertib
    Mencatat hasil diskusi
    Menceritakan pengalaman saling menyanyangi, menghargai dan tidak membeda-bedakan dalam bermain di rumah dan di sekolah.
    Menyebutkan pengalamannya hidup rukun dalam bermain di rumah dan di sekolah.
    Menyebutkan pengalamannya jika tidak rukun ketika bermain bersama teman.
    Tanya jawab tentang suasana hidup rukun di lingkungan keluarga dan di sekolah.
    Mencatat hasil pembahasan.
    Menyebutkan perlunya ada tata tertib di rumah dan di sekolah
    Menceritakan pengalaman manfaat adanya tata tertib di rumah dan di sekolah.
  2. INDIKATOR
    Menunjukkan sikap saling menyanyangi.
    Menghargai dan tidak membeda-bedakan dalam kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
    Menjelaskan contoh hidup rukun dan tidak rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
    Menerapkan hidup rukun dengan saling menyanyangi dan menghargai dalam kegiatan di rumah dan di sekolah.
    Menjelaskan perlunya ada tata tertib di rumah dan di sekolah.
    Mengklarifikasi kegiatan mentaati dan melanggar tata tertib di rumah dan di sekolah.
  3. PENILAIAN
    Tes: Lisan.
    Tertulis Sikap.Perilaku
  4. SUMBER BELAJAR
    Buku Penunjang PKn kelas I

  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Jumat, Februari 05, 2010

RPP JARINGAN TEMA LINGKUNGAN KELAS I.A SD

RPP JARINGAN TEMA LINGKUNGAN KELAS I.A SD

Satuan Penduduk : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Lingkungan
Kelas / Semester: I(satu)/I(ganjil)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
    1. PKN
      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
    2. BAHASA INDONESIA
      Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
      Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
      Memahami teks pendek dengan membaca nyring.
      Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
    3. MATEMATIKA
      Bilangan.
      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
      Geometri dan pengurangan.
      Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
  1. IPA
    Mahkluk hidup dan proses kehidupan.
    Memelihara lingkungan agar tetap sehat.
    Benda dan sifatnya
    Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
  2. IPS
    Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
  3. SBK
    Seni Rupa
    Mengapresiasi karya seni rupa.
    Mengapresiasikan diri melalui karya seni rupa.
    Mengapresiasi karya seni musik.
    Mengapresiasi karya seni tari.
  4. KOMPETENSI DASAR
    1. PKN
      Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
      Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
      Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
      Membaca nyaring suku dan kata dengan lafal yang tepat.
      Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis.
    3. MATEMATIKA
      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
      Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
      Mengenal panjang suatu benda dalam kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya.
    4. IPA
      Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
      Membedahkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
      Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
      Mengenal benda yang dapat di ubah bentuknya.
    5. IPS
      Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
    6. SBK
      Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar.
      Mengapresiasikan diri melalui gambar ekspresif.
      Mengidentifikasi unsur atau elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
      Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak ditempat
    Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :  
    1. File Bentuk PDF  
    2. File Bentuk DOC

SILABUS JARINGAN TEMA LINGKUNGAN KELAS I.A SD

SILABUS JARINGAN TEMA LINGKUNGAN KELAS I.A SD

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/SD
Jaringan Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Mata Pelajaran : PKN
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
  3. MATERI POKOK
    Hidup rukun di rumah dan di sekolah.
  4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Anak bercerita tentang pengalaman bermain bersama teman-temannya
    Tanya jawab tentang cara bermain yang baik dan tidak baik
    Menyebutkan akibat jika tidak menjaga kerukunan dalam bermain di rumah dan di sekolah
    Menyebutkan contoh sikap tidak membeda-bedakan (jenis kelamin, agama, suku bangsa) dalam bermain di rumah dan di sekolah
    Mendemonstrasikan contoh hidup rukun dalam bermain dengan siapa saja (bermain peran dalam perbedaan
  1. INDIKATOR
    Mengidentifikasikan hidup rukun dan tidak rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
    Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan
    Menunjukkan sikap/perbuatan tidak membeda-bedakan adanya perbedaan di lingkungan rumah dan sekolah
  2. PENILAIAN
    Tes Lisan
    Tertulis Sikap
  3. SUMBER BELAJAR
    Penunjang
    PKn kelas I
    Pengalaman siswa dan guru.
  4. Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
    1. STANDAR KOMPETENSI
      Mendengarkan
      Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
      Berbicara
      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
    2. KOMPETENSI DASAR
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
      Mendiskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
    3. MATERI POKOK
      Kalimat perintah (kalimat imperatif)
      Mendengarkan dongeng (cerita binatang)
      Mendiskripsikan benda
    4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Melakukan sesuatu dengan benar sesuai dengan permintaan guru
      Mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru seperti melingkari, menyilang, mengisi titik-titik
      Menyimak dongeng yang dibaca guru
      Menjawab pertanyaan isi dongeng
      Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
      Tanya jawab tentang benda-benda yang ada di kelas
      Menyebutkan ciri-ciri fisik benda yang ditunjuk guru (nama, bentuk, warna, rasa dll)
      Menebak nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya
    5. INDIKATOR
      Melakukan permintaan guru
      Mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru seperti melingkari, menyilang, mengisi titik-titik
      Menyimak dongeng yangdibaca guru
      Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi dongeng
      Menceritakan kembali isi dongeng
      Menyebutkan nama benda di sekitar siswa
      Menyebutkan ciri fisik benda yang ditunjuk (nama, bentuk, warna, rasa dll)
      Menebak nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya
  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

RPP JARINGAN TEMA KELUARGA KELAS I.A SD/MI

RPP JARINGAN TEMA KELUARGA KELAS I.A SD/MI


Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar /SD
Tema : Keluarga
Kelas / Semester : I(satu)/I(ganjil)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
    1. PKN
      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
      Membiasakan tertib dirumah dan disekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
      Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
      Memahami teks pendek dengan membaca nyring.
      Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
  1. MATEMATIKA
    Bilangan.
    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
    Geometri dan pengurangan.
    Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
  2. IPA
    Mahkluk hidup dan proses kehidupan.
    Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara-cara perawatannya.
  3. IPS
    Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
  4. SBK
    Mengapresiasi karya seni musik.
    Mengapresiasi karya seni tari.
  5. KOMPETENSI DASAR
    1. PKN
      Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
      Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
      Melaksanakan tata terib di rumah dan di sekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
      Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
      Membaca nyaring suku kata dan kata-kata dengan kata yang tepat
      Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis
    3. MATEMATIKA
      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang.
    4. IPA
      Membiasakan hidup sehat.
    5. IPS
      Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.
      Menceritakan kasih sayang antar keluarga.
      Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
    6. SBK
      Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang di hasilkan tubuh manusia.
      Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang di hasilkan tubuh manusia.
      Menunjukkan sikap presiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah atau level.
  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Kamis, Februari 04, 2010

SILABUS JARINGAN TEMA KELUARGA KELAS I.A SD/MI

SILABUS JARINGAN TEMA KELUARGA KELAS I.A SD/MI

SATUAN PENDIDIKAN: Sekolah Dasar (SD)
JARINGAN TEMA : KELUARGA
KELAS / SEMESTER : I / I
MATA PELAJARAN : PKN
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
    Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
  3. MATERI POKOK
    Perbedaan dalam keluarga.
    Hidup rukun di rumah dan di sekolah.
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Memberikan contoh perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa di lingkungan rumah dan sekolah.
    Mengamati gambar (macam-macam agama dan suku bangsa)
    Menyebutkan agama dan suku bangsa yang ada di negara Indonesia.
    Menjelaskan penganut agama dari masing-masing tempat ibadah.
    Menjelaskan daerah asal dari beberapa suku bangsa yang ada.
    Menyebutkan macam-macam kegemaran dan kebiasaan dari anggota keluarga.
    Mendiskusikan dengan teman sebangku / kelompok tentang kegemaran dan kebiasaan teman sebangku / kelompok.
    Mencatat hasil diskusi
  2. INDIKATOR
    Mengidentifikasi kemajemukan dalam lingkungan keluarga dan sekolah misal : jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
    Menjelaskan macam-macam agama dan suku bangsa.
    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan kegemaran dan kebiasaan di rumah dan di sekolah
  3. PENILAIAN
    Tes: Lisan. Sikap.
    Tertulis Kinerja
  4. SUMBER BELAJAR
    Buku PenunjangPKn kelas I
  5. MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

    1. STANDAR KOMPETENSI
      Mendengarkan
      Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongene yang di lisankan.
      Berbicara
      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
    2. KOMPETENSI DASAR
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana. Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
    3. MATERI POKOK
      Kalimat perintah
      Misal : Duduk Berdiri
      Membuka buku dan lain-lain
      Kalimat sapaan
    4. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      menyapa guru, teman sebaya berdasarkan gambar / permintaan
      Melakukan perbuatan sesuai dengan permintaan/ perintah guru (berdiri, duduk, melipat tangan, membuka buku dan lain-lain)
      Menemutunjukkan gambar dengan tepat sesuai permintaan guru. Menyampaikan ucapan salam yang sesuai (selamat pagi, siang, malam) ketika bertemu teman sebaya, guru dengan bahasa yang santun.
      Memperagakan cara
    5. INDIKATOR
      Melakukan perbuatan sesuai dengan permintaan / perintah guru.
      Menemutunjukkan gambar dengan tepat sesuai permintaan guru.
      Menyampaikan ucapan salam yang sesuai ketika bertemu teman sebaya, guru dengan bahasa yang santun.
      Memperagakan cara menyapa guru, teman sebaya berdasarkan gambar / permintaan.
  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

RPP JARINGAN TEMA (DIRI SENDIRI) KELAS IA SD/MA

RPP JARINGAN TEMA (DIRI SENDIRI) KELAS IA SD/MA

Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I(satu)/I(ganjil)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
    1. PKN
      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
      Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.
      Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
      Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
      Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, melengkapi dan menyalin.
    3. MATEMATIKA
      Bilangan
      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
      Geometri pengukuran.
      Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
    4. IPA
      Makhluk hidup dan proses kehidupan.
      Mengenal anggota tubuh dankegunaannya, serta cara perawatannya.
    5. IPS
      Memahami identitas diri keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
    6. SBK
      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
      Mengapresiasi karya seni tari.
      Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
  1. KOMPETENSI DASAR
    1. PKN
      Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
      Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
      Menerapkan hidup rukun dirumah dan disekolah.
      Melaksanakan tata tertib dirumah dan disekolah.
    2. BAHASA INDONESIA
      Membedakan berbagai bunyi bahasa.
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
      Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
      Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
      Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
    3. MATEMATIKA
      Membilang banyak benda.
      Mengurutkan banyak benda.
      Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)

    4. Baca Selengkapnya Silahkan Download Di bawah Ini :
      1. File Bentuk PDF
      2. File Bentuk DOC

Rabu, Februari 03, 2010

SILABUS JARINGAN TEMA (TEMA I : DIRI SENDIRI ) KELAS I SD/MI

SILABUS JARINGAN TEMA (TEMA I:DIRI SENDIRI) KELAS I SD/MI

SATUAN PENDIDIKAN : Sekolah Dasar/SD
KELAS : I (satu)
SEMESTER : Ganjil
  1. PKN
    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
    Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
    Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
  2. BAHASA INDONESIA
    1. Mendengarkan
      Membedakan berbagai bunyi bahasa.
      Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk.
    2. Berbicara
      Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana.
    3. Membaca
      Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
    4. Menulis
      Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf.
  1. MATEMATIKA
    Membilang banyak benda.
    Mengurutkan banyak benda.
    Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat).
  2. IPA
    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
    Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
  3. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
    1. Seni Rupa
      Mengekpresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.
    2. Seni Musik
      Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
    3. Seni Tari
      Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan.
      Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
  4. IPS
    Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat.
    Menceritakan pengalaman diri.

  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

RPP BAHASA JAWA KELAS. XII B SMA/MA

RPP BAHASA JAWA KELAS. XII B SMA/MA

Mata Pelajaran: BAHASA JAWA
Kelas/Semester: XII-IA Lan IS/Genap
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 2 x 45 menit.
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Bisa ngrungokake lan ngerti sarta nanggapi saben wacana lisan non sastra kang abasa Jawa.
  2. KOMPETENSI DASAR
    1.1. Ngrungokake warta lan nanggapi pawarta.
  3. INDIKATOR
    Nyatet bakuning isining pawarat.
    Nakokake lan mangsuli isining pawarta.
    Nanggapi isining pawarta.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa bisa nyatet bakuning isining pawarat.
    Siswa bisa nakokake lan mangsuli isining pawarta.
    Siswa bisa nanggapi isining pawarta.
  5. MATERI PEMBELAJARAN
    Pawarta
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Demonstrasi
    Pitakon & wangsulan
    Diskusi
  1. SKENARIO PEMBELAJARAN
    1. Purwaka
      1. Guru nata kahanan siswa supaya suasana tertib.
      2. Para siswa kanthi tertib nampa wulangan.
      3. Guru menehi keterangan marang siswa babagan pawarta.
    2. Inti
      1. Siswa ngrungokake rekaman pawarta kang disediakake guru kanthi premani.
      2. Siswa nakokake bakuning pawarta.
      3. Siswa nyritakake isining pawarta nganggo basa dhewe.
      4. Siswa bisa nanggapi isining pawarta.
      5. Siswa bisa nggawe pawarta.
    3. Penutup
      1. Guru bebarengan para siswa ndudut isining pawarta
  2. SUMBER DAN SARANA
    1. Sumber Belajar
      Buku panduan
      Rekaman pawarta
    2. Sarana Belajar
      Tape
      Kaset isi pawarta
  3. PENILAIAN
    1. Penilaian
      Keseriusan siswa ing pasinaon ngrungokake pawarta.
      Keseriusan siswa anggone nentukake bakuning pawarta.
      Keseriusan siswa anggone nyritakake isining pawarta.
    2. Penilaian Hasil
      a. Isi pawarta
      b. Pilianing tembung
  4. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Senin, Februari 01, 2010

RPP BAHASA JAWA KELAS XII.A SMA/MA

RPP BAHASA JAWA KELAS XII.A SMA/MA 


Mata Pelajaran: BAHASA JAWA
Kelas Semester: XII-1A dan IS/Ganjil
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 2 x 2 x 45 menit
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Bisa ngrungokake lan mahami sarta nanggapi sedhengah wacan lesan non sastra awujud pawarta/ maneka warna Basa Jawa.
  2. KOMPETENSI DASAR
    1.1. Ngrungokake pawarta
    1.2. Nanggapi pawarta
  3. INDIKATOR
    Nyatet pokok-pokok isining pawarta
    Ngajokake pitakon lan njawab isining pawarta
    Ngetokake uneg-uneg, nanggapi pawarta.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa bisa nyatet pokok-pokok isining pawarta
    Siswa bisa pitakon lan njawab isining pawarta
    Siswa bisa ngetokake uneg-uneg
  1. MATERI PEMBELAJARAN
    Pawarta.
  2. METODE PEMBELAJARAN
    Demontrasi
    Tanya jawab
  3. SKENARIO PEMBELAJARAN
    1. Pendahuluan
      Apresiasi motivasi.
      Guru njlentrehake kompetisi dasar
    2. Inti
      Guru macakake pawarta
      Siswa nyatet isine pawarta
      Siswa bisa nanggap isi pawarta
      Siswa bisa nggawe pawarta dhewe
    3. Penutup
      Guru nyimpulake isi pawarta
      Siswa bisa mangsuli pitakon
  4. SUMBER DAN SARANA
    1. Sumber Belajar
      Buku Piwulang Basa Jawa
    2. Sarana Belajar
      Tape Recorder
      Kalawari Penyebar Semangat
    3.  
  5. Baca Selengkapnya Silahkan Download Dibawah ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC