Rabu, September 02, 2009

CONTOH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MENENGAH DI DAERAH YANG TERKENA BENCANA ALAM

CONTOH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MENENGAH
DI DAERAH YANG TERKENA BENCANA ALAM

DAFTAR ISI
  1. BAB I. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Tujuan
    3. Ruang lingkup
  2. BAB II. PEMBELAJARAN DI DAERAH BENCANA ALAM
    1. Pengertian Bencana Alam
    2. Akibat bencana alam
    3. Karakteristik Pembelajaran di daerah bencana alam
  3. BAB III. PEMBELAJARAN DI DAERAH BENCANA ALAM
    MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU

    1. Pengertian Pembelajaran Terpadu
    2. Karakteristik Pembelajaran Terpadu
    3. Prinsip Pembelajaran Terpadu
    4. Pengorganisasian Pembelajaran Terpadu
    5. Implikasi Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
  4. BAB IV PROSEDUR PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
    1. Perencanaan Pembelajaran Terpadu
    2. Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
    3. Beberapa Ketentuan Umum Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
  5. BAB V PENUTUP
    1. Kesimpulan
    2. Rekomendasi
    3. LAMPIRAN
    4. Contoh Model Pembelajaran Terpadu
      1. Kelas X
      2. Kelas XI
      3. Kelas XII
      4. Rombongan belajar ( X, XI, XII)
      5. Pembelajaran sederhana
  1. BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
      1. Kondisi geografis Indonesia memiliki ribuan pulau besar dan kecil yang terletak di antara lempengan tektonis Euro-Asia dan lempengan Indo-Australia serta campur tangan manusia dalam mengeksploitasi hutan yang berlebihan sehingga hal tersebut sebagai penyebab terjadinya bencana alam seperti gempa bumi; tsunami; banjir dan tanah longsor
        di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dimana salah satu pasalnya menjelaskan bahwa “Wilayah Negara Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional”. Dampak dari terjadinya bencana alam tersebut merusakkan rumah-rumah masyarakat, hilangnya harta benda bahkan menimbulkan korban manusia. Selain itu, dari dampak dari bencana alam tersebut secara langsung berhubungan dengan pendidikan, antara lain rusaknya bangunan sekolah, fasilitas belajar seperti peralatan sekolah dan sebagainya.
        Akibat yang ditimbulkan dari terjadinya bencana alam terhadap bidang pendidikan sehingga peserta didik mendapatkan layanan pembelajaran terbatas.
      2. Padahal mendapatkan layanan pembelajaran termasuk di daerah bencana alam merupakan hak bagi setiap warga negara yang dijamin oleh negara sebagaimana yang tercantum di dalam Undang-Undang Dasar 1945, pasal 31, ayat 2. Kondisi tersebut tentu tidak boleh dibiarkan terus menerus tanpa adanya suatu upaya-upaya terencana dan tepat guna. Jika hal tersebut di biarkan tentu akan membawa dampak yang lebih besar terhadap pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia di daerah tersebut yang akan terhambat. Oleh karena itu, daerah-daerah bencana alam di seluruh Indonesia memerlukan suatu layanan pendidikan khusus bagi peserta didik dapat disesuaikan dengan masalah dan situasi serta kondisi di daerah tersebut.
      3. Untuk mengatasi terbatasnya pelayanan pembelajaran terhadap peserta didik di daerah bencana alam, maka Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan – Departemen Pendidikan Nasional mengembangkan model pembelajaran yang efisien dan efektif. Efisien artinya pembelajaran yang menggunakan waktu secara efisien dan efektif artinya pembelajaran yang dapat memecahkan masalah secara efektif. Melalui contoh model pembelajaran tersebut, diharapkan guru-guru dan masyarakat di daerah-daerah bencana alam dapat memberikan layanan pembelajaran dalam fasilitas atau sarana belajar yang terbatas dan situasi serta kondisi darurat.
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
Shahih Bukhari  
-Imam Bukhari-  
Kitab Puasa  

Bab 46: Apabila Orang Berpuasa Sudah Berbuka dalam Bulan Ramadhan, Kemudian Matahari Kelihatan Lagi 959. Asma' binti Abu Bakar رضي الله عنه berkata, "Kami berbuka pada masa Nabi pada hari yang berawan, kemudian matahari tampak lagi." Kemudian ditanyakan kepada Hisyam, "Apakah para sahabat disuruh mengqadha?" Hisyam berkata, "Harus mengqadha?" Ma'mar berkata, "Saya mendengar Hisyam berkata, 'Aku tidak mengetahui, apakah mereka itu mengqadha atau tidak.'"[71]  
[71] Di-maushul-kan oleh Abd bin Humaid, dia berkata, "Kami diberi tahu oleh Ma'mar tentang hal itu." Sanadnya sahih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar