Sidebar atas

Selasa, Juli 20, 2010

CONTOH KE II SOAL DAN PEMBAHASAN UN B INDONESIA SMP/MTs

CONTOH KE II SOAL DAN PEMBAHASAN UN B INDONESIA SMP/MTs

      1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut SOAL Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu. Gagasan utama paragraf tersebut adalah .… A. panorama kupu-kupu B. bangunan Taman Kupu C. berbagai jenis kupu-kupu D. tempat metamorfosis kupu-kupu KUNCI JAWABAN : B PEMBAHASAN Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Kata kunci: Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. (bangunan Taman Kupu ). Kata yang merujuknya: Bangunan ini .... (kalimat kedua); Di sini …. (kalimat ketiga); Bahkan, di sini .... (kalimat keempat)
    1. 2. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
      Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut
      SOAL
      (1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
      A.(1)
      B.(2)
      C.(3)
      D.(4)

      KUNCI JAWABAN : A
      PEMBAHASAN
      Kalimat utama: kalimat yang menjadi tempat keberadaan gagasan utama. Kalimat utama dapat pula disebut kalimat pokok. Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.
      Kata kunci: Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai Mesin buatan Amerika Serikat itu ....(kalimat kedua), Bangkai pesawat ...... itu .… (kalimat ketiga), Pesawat tersebut ....(kalimat keempat).
    2. 3. Kemampuan yang Diuji : Menentukan kritik terhadap isi bacaan
      Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi paragraf tersebut
      SOAL
      Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum memutuskan harga premium dan solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan solar.
      Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
      A. Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
      B. Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
      C. Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
      D. Pemerintah hendaknya tidak terlalu lama dalam mengambil keputusan.
      Kunci Jawaban: D
      Pembahasan
      Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf berarti memberikan tanggapan terhadap isi paragraf tersebut. Kritikan dapat berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “ Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009 (kalimat pertama)
    3. 4.Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
      Indikator Soal: Disajikan kutipan dua teks berita, siswa dapat menentukan kesamaan informasi kedua teks berita tersebut.
      Soal
    4. Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :    
      1. File Bentuk PDF    
      2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar