Sidebar atas

Rabu, Juli 21, 2010

CONTOH KE III SOAL DAN PEMBAHASAN UN B INDONESIA MTs/SMP

CONTOH KE III SOAL DAN PEMBAHASAN UN B INDONESIA MTs/SMP

  1. 1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
    Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
    SOAL
    Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan ini, kesan pertama yang terasa adalah bersih teratur dan menyenangkan. Baik pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya. Semuanya ini tentu merupakan salah satu unsur mengapa perpustakaan sekolah ini menjadi juara pertama dan ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.
    Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
    A. ruang perpustakaan
    B. dekorasi buku
    C. dekorasi ruangan
    D. perpustakaan teladan
    KUNCI JAWABAN : D
    PEMBAHASAN
    Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
    Kata kunci: semuanya ini (kalimat terakhir); ruang perpustakaan bersih (kalimat 1); dekorasi ruangan menyenangan (kalimat 2)
  1. 2. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
    Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut
    SOAL
    (1) Mengenang pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan, sebab tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini tidak mungkin mengisi kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu sesuai profesi kita masing-masing sebagai pelajar. (3) Semangat juang para pahlawan bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi kerja keras belajar meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena dan hanya berhura-hura saja.
    Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
    KUNCI JAWABAN : A
    PEMBAHASAN
    Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.
    Kata kunci: … mengisi kemerdekaan (kalimat 1=umum); tugas … mengisi kemerdekaan itu (kalimat 2= khusus);
  2. 3. Kemampuan yang Diuji : Menentukan kritik terhadap isi bacaan
    Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kririkan terhadap isi bacaan tersebut
    SOAL
    Pada tanggal 11 Desember 2006, saya berbelanja di Supermarket sambil memegang brosur supermarket tersebut, yang berlaku tanggal 6-19 Desember 2006. Saat melewati rak blueband, saya mengira harga yang tertera itu salah, karena tidak sesuai dengan isi brosur. Saya sangat kecewa, ternyata setelah dikonfirmasi ke pelayan, harga tersebut memang tidak sesuai dengan isi brosur. Pihak supermarket menjelaskan harga yang tertera di brosur itu salah cetak. Sebagai konsumen saya merasa sangat dirugikan dengan kejadian tersebut.
    Kritikan terhadap pihak supermarket pada teks tersebut adalah ...
    A. Pembeli bebas memilih berbelanja di supermarket mana saja.
    B. Pihak supermarket harus mencermati isi brosur sebelum diedarkan.
    C. Konsumen berhak memilih harga yang paling murah.
    D. Pihak supermarket sengaja menurunkan harga barang.
    KUNCI JAWABAN : B
    PEMBAHASAN
    Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “tidak sesui dengan isi brosur …; menjelaskan … salah cetak.
  3. 4. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
    Indikator Soal : Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan kedua teks berita tersebut
    SOAL
SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI :  
1. FILE BENTUK PDF  
2. FILE BENTUK DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar