Sidebar atas

Kamis, Juli 22, 2010

KAJIAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP/MTs

KAJIAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP/MTs

  1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
    Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita,opini/tajuk, tabel, bagan, grafik,peta, denah), berbagai karya sastraberbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.
  2. KEMAMPUAN YANG DIUJI
    Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
    Menentukan kritik terhadap isi bacaan
    Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
    Menentukan kalimat
    fakta/pendapat
    Menyimpulkan isi paragraf
    Menentukan isi tajuk
    Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
  1. URAIAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
    • Isi paragraf berupa gagasan utama
    • Bagian suatu paragraf berupa kalimat utama dan penjelasKritik berupa pernyataan positif atau negatif terhadap objek
    • Menentukan persamaan isi berita
    • Menentukan perbedaan penyajian teks berita
    • Menentukan informasi berita sesuai adik simba
    • Menentukan kalimat fakta/pendapat
    • menentukan simpulan isi paragraf
    Menentukan gagasan utama, fakta, keberpihakan penulis, dan simpulan tajuk
    • Menentukan pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, dan denah
    • Menentukan pertanyaan yang jawabannya merupakan isi grafik, tabel, bagan, dan denah
    • Menentukan simpulan isi grafik, table
    • Menentukan penjelasan isi denah
    • Mendeskripsikan isi denah perjalanan
    • Menentukan tema, citraan, suasana, nada, dan misi puisi
    • Menentukan majas dalam puisi
  2. INDIKATOR (Alternatif)
    o Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
    o Disajikan sebuah paragraf yang terdiri atas lima kalimat, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
    o Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut
    o Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut
    o Disajikan bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat
    -menentukan gagasan utama paragraf pertama bacaan tersebut
    -menentukan kalimat utama paragraf kedua bacaan tersebutDIsajikan bacaan terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritik terhadap isi bacaan tersebut
    o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut
    o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut6
    o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat
    -menentukan persamaan isi berita tersebut
    -menentukan perbedaan penyajian berita tersebut
    o Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut
SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI :  
1. FILE BENTUK PDF  
2. FILE BENTUK DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar