Sidebar atas

Selasa, Oktober 12, 2010

PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

A. PENDAHULUAN
  1. Pendidikan berbasis kompetensi menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan suatu jenjang pendidikan.Kompetensi adalah istilah yang ditujukan untuk menyatakan suatu kebulatan dari pengetahuan,keterampilan serta sikap yang ditampilkan atau diwujudkan oleh siswa dalam kebiasaan berfikir dan bertindak.
    Berkait dengan masalah penyusunan soal maka lingkup pembicaraan kita tidak akan keluar dari koridor evaluasi,penilaian,pengukuran,dan pengujian.Istilah evaluasi diartikan sebagai penentuan nilai suatu program dan penentuan pencapaian tujuan suatu program.Sedang istilah penilaian dimaknai sebagai penafsiran hasil pengukuran.Pengukuran merupakan kegiatan sistematik untuk menentukan angka pada obyek atau gejala.Dan pengujian merupakan sejumlah pertanyaan yang memiliki jawaban yang dikatagorikan benar atau salah.
B. Sistem Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi
  1. Sistem penilaian berbasis kompetensi adalah uraian keterangan yang teratur sebagai penjelasan tentang prosedur dan cara menilai pencapaian kompetensi siswa.Instrumen penilaiannya dikembangkan mengacu pada indikator-indikator pencapaian kompetensi yang ditetapkan.Penilaian dilakukan mencakup semua kompetensi dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang kemajuan yang dicapai dan ketuntasan penguasaan tiap kompetensi dasar dari tiap siswa.
  2. 1.Sistem Penilaian Berkelanjutan
    Sistem penilaian yang dikembangkan sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi adalah sistem penilaian berkelanjutan.Sistem penilaian berkelanjutan adalah sistem penilaian yang dimaksudkan untuk mengukur semua kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa.Hasil pengujiannya dianalisis dan digunakan untuk menentukan ujian berikutnya.Dengan demikian pada sistem penilaian ini harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut.
    1. a.Semua komponen indikator pencapaian kompetensi dijadikan acuan untuk pembuatan instrumen penilaiannya.
    2. b.Hasil pengujian dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dikuasai dan yang belum dikuasai siswa serta kesulitan yang dihadapi siswa,sehingga dapat ditentukan langkah pembelajaran berikutnya yakni pembelajaran remedial atau pengayaan,serta pengujian berikutnya.
    3. c.Penilaiannya dapat dilakukan dengan teknik tes dan non tes.
    4. d.Penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung (di tengah atau akhir setiap pertemuan sebagai penilaian proses) dan pada akhir belajar suatu kompetensi
  3. 2.Teknik Penilaian
    Penilaian pembelajaran mencakup proses maupun hasil belajar.Dalam hal ini penilaian itu dapat dilakukan dengan teknik tes dan non tes.Teknis tes meliputi di antaranya: tes tertulis, tes lisan, tes perbuatan.Teknik non tes di antaranya:pengamatan (sistematis),pengisian angket,pengukuran skala sikap dan minat (afektif),pemberian tugas dan portofolio.
  4. 3.Jenis Tagihan
    Istilah tagihan adalah istilah untuk mengacu pada cara bagaimana pengujian itu dilakukan.Jenis tagihan yang dapat digunakan untuk tujuan penilaian ini antara lain: kuis,pertanyaan lisan,tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian,ulangan akhir semester serta ulangan kenaikan kelas.
    1. a.Kuis,yaitu pertanyaan singkat yang menanyakan hal-hal prinsip.
      Kuis dapat diberikan di awal,tengah atau akhir proses pembelajaran.Kuis dapat dilakukan secara lisan atau tertulis. Kecuali itu waktu yang diperlukan relatif singkat dan hanya menanyakan hal-hal yang penting saja.Jika banyak siswa gagal dalam menyelesaikan kuis,sebaiknya guru mengulangi materi sebelumnya.
    2. b.Pertanyaan lisan,biasanya diberikan dengan tujuan untuk pemahaman siswa terhadap konsep,prinsip atau teorema.Pertanyaan lisan merupakan salah satu cara efektif untuk mengetahui seberapa jauh tahap kemajuan siswa mencapai suatu kompetensi dasar tertentu. Dengan mengambil sampel siswa dari kelompok atas, sedang maupun bawah, guru dapat mengetahui apakah suatu kompetensi dasar pada tahap tertentu telah dikuasai atau belum.
    3. c.Tugas individu,dapat diberikan pada waktu-waktu tertentu misalnya pada tiap akhir minggu dengan bentuk tugas atau soal uraian obyektif atau non obyektif. Tingkat berfikir yang terlibat sebaiknya pada higher-order thinking.Bentuk instrumen yang diberikan pada tugas kelompok sebaiknya soal uraian baik uraian obyektif dan non obyektif atau tugas unjuk kerja.
    4. d.Tugas kelompok,diberikan pada waktu-waktu tertentu.Tujuannya lebih kepada mengukur kemampuan-kemampuan yang dapat terjadi bila dilaksanakan secara berkelompok,misalnya kemampuan bekerjasama dan menghargai pendapat orang lain. Bentuk soal yang diberikan hendaknya uraian dengan tingkat berfikir yang tinggi yaitu menerapkan(applying) sampai dengan mengkreasi(creating).Bila mungkin siswa diminta menggunakan data sungguhan atau melakukan pengamatan terhadap suatu gejala,atau merencanakan suatu proyek.
    5. e.Ulangan harian,adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Fungsinya untuk mengukur pencapaian siswa dalam satu kompetensi dasar tertentu.Soal yang digunakan hendaknya bervariasi,baik bentuk uraian obyektif maupun uraian non obyektif dan yang diukur meliputi kemampuan dalam pemahaman, aplikasi,dan analisis,serta kreasi(creating)
    6. f.pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
    7. g.Ulangan akhir semester,adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
    8. h.Ulangan kenaikan kelas,adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket.Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut.

Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar