Sidebar atas

Minggu, Oktober 24, 2010

STANDAR ISI PELAJARAN SASTRA INDONESIA SMA/MA

STANDAR ISI PELAJARAN SASTRA INDONESIA SMA/MA

Mata Pelajaran Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas
(SMA)/Madrasah Aliyah(MA)Program Bahasa
A.Latar Belakang
  1. Mata pelajaran Sastra Indonesia berorientasi pada hakikat pembelajaran sastra yang menyatakan bahwa belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya.Oleh karena itu,pembelajaran sastra Indonesia diarahkan kepada usaha untuk menimbulkan pemahaman dan penghargaan terhadap hasil cipta manusia Indonesia.
  1. Standar kompetensi mata pelajaran Sastra Indonesia ini merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan bersastra,dan sikap positif terhadap sastra Indonesia.Standar kompetensi ini dimaksudkan agar peserta didik terbuka terhadap beraneka ragam informasi tentang sastra yang hadir di sekitar kita,dapat menyaring yang berguna,dan menyadari akan eksistensi budayanya sehingga tidak tercabut dari lingkungannya.
    Dengan standar kompetensi ini diharapkan:
    1.peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap karya sastra;
    2.guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi kesastraan peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan apresiasi sastra dan sumber belajar;
    3.guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
    4.orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kesastraan di sekolah;
    5.sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
    6.daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.Tujuan
  1. Sastra memungkinkan manusia mampu menjadikan dirinya sebagai manusia yang utuh, mandiri, berperilaku halus, bertoleransi dengan sesamanya, dan menghargai orang lain sesuai dengan harkat dan martabatnya.Oleh karena itu,pembelajaran sastra Indonesia diarahkan kepada pembentukan peserta didik yang berpribadi luhur, memiliki pengetahuan kesastraan, dan bersikap positif dan apresiatif terhadap sastra Indonesia.
    Mata Pelajaran Sastra Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
    1.Memahami,dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan,serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
    2.Mengekspresikan dirinya dalam medium sastra
    3.Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C.Ruang Lingkup
  1. Ruang lingkup mata pelajaran Sastra Indonesia di SMA/MA Program Bahasa terdiri atas aspek kesastraan dan apresiasi sastra.Apresiasi sastra mencakup dua kegiatan yang bersifat reseptif dan produktif.Keduanya berhubungan dengan empat keterampilan berbahasa,yaitu mendengarkan,berbicara,membaca,menulis.Materi yang diberikan mencakup berbagai genre sastra, baik sastra modern maupun sastra klasik.Untuk memperdalam pemahaman terhadap sastra,sampai akhir pendidikan di SMA/MA,peserta didik sekurang-kurangnya telah membaca sepuluh buku sastra.
Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini : 
1. File Bentuk PDF 
2. File Bentuk DOC 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar