Sidebar atas

Rabu, Oktober 13, 2010

STANDAR ISI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD/MI

STANDAR ISI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD/MI

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar
(SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A.Latar Belakang
  1. Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern.Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan --atau nasionalisme-- yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama,ras,etnik,atau golongannya.[Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia(PPKI),Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia,1998].
  1. Komitmen yang kuat dan konsisten terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,perlu ditingkatkan secara terus menerus untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia.Secara historis,negara Indonesia telah diciptakan sebagai Negara Kesatuan dengan bentuk Republik.
  2. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa,Kemanusiaan yang adil dan beradab,Persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.[Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945]
  3. Dalam perkembangannya sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai dengan penghujung abad ke-20,rakyat Indonesia telah mengalami berbagai peristiwa yang mengancam keutuhan negara. Untuk itu diperlukan pemahaman yang mendalam dan komitmen yang kuat serta konsisten terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.Konstitusi Negara Republik Indonesia perlu ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa Indonesia,khususnya generasi muda sebagai generasi penerus.
  4. Indonesia harus menghindari sistem pemerintahan otoriter yang memasung hak-hak warga negara untuk menjalankan prinsip-prinsip demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.Kehidupan yang demokratis di dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga,sekolah,masyarakat,pemerintahan,dan organisasi-organisasi non-pemerintahan perlu dikenal,dipahami,diinternalisasi,dan diterapkan demi terwujudnya pelaksanaan prinsip-prinsip demokrasi. Selain itu,perlu pula ditanamkan kesadaran bela negara,penghargaan terhadap hak azasi
    manusia,kemajemukan bangsa,pelestarian lingkungan hidup, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum,ketaatan membayar pajak,serta sikap dan perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  5. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil,dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
B.Tujuan
  1. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
    1.Berpikir secara kritis,rasional,dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
    2.Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara,serta anti-korupsi
    3.Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa- bangsa lainnya
    4.Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
C.Ruang Lingkup
  1. Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
    1.Persatuan dan Kesatuan bangsa,meliputi:Hidup rukun dalam perbedaan,Cinta lingkungan,Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia,Sumpah Pemuda,Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,Partisipasi dalam pembelaan negara,Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,Keterbukaan dan jaminan keadilan
    2.Norma,hukum dan peraturan,meliputi:Tertib dalam kehidupan keluarga,Tata tertib di sekolah,Norma yang berlaku di masyarakat,Peraturan-peraturan daerah,Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,Sistim hukum dan peradilan nasional,Hukum dan peradilan internasional
    3.Hak asasi manusia meliputi:Hak dan kewajiban anak,Hak dan kewajiban anggota masyarakat,Instrumen nasional dan internasional HAM,Pemajuan,penghormatan dan perlindungan HAM
Baca Selengkapnya silahkan Download File Dibawah Ini: 
1. File Bentuk PDF 
2. File Bentuk DOC 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar