Kamis, Juli 07, 2011

SOAL UJIAN NASIONAL B INDONESIA SLTP 1992

SOAL UJIAN NASIONAL B INDONESIA SLTP 1992

Wacana
Aku dan Perpustakaan Sekolah

        Membaca merupakan salah satu kegemaran sejak di SD.Dalam waktu-waktu luang aku sering di ruang perpustakaan sekolah.Beralih ke SMP kebiasaan itu tidak pernah pudar.Ketika memasuki SMA,perpustakaannya di kelola oleh pustakawan,guru pustakawan,di bantu oleh murid pustakawan.Karena tertarik sekali menjadi murid pustakawan,segeralah aku mendaftarkan diri.Segala persyaratan kupenuhi.Disusul mengikuti tes seleksi, dan aku termasuk di antara 40 siswa yang lulus.
        Sajak itulah aku mengenal perpustakaan sekolah bukan sekedar untuk membaca-baca, melainkan juga dapat membantu mengurusnya. Ruang-ruang perpustakaan terdiri dari ruang buku,ruang baca,ruang kerja pustakawan/petugas,ruang sirkulasi,ruang referensi.
         Perpustakaan sekolah tidak hanya memuat buku- buku hiburan,tetapi terdapat berbagai ilmu pengetahuan yang berguna dan menunjang kegiatan berbagai bidang studi.Di samping itu terdapat pula majalah,surat kabar,pamplet,keliping,brosur dan lain-lain.
Tentang fungsi perpustakaan Bapak Pustakawan sekolahku menyebutnya ada 4 macam, yaitu,:
1.Fungsi edukatif,mengembangkan daya pikir
2.Fungsi informatif,memudahkan mencari informasi.
3.Fungsi administratif,pencatatan dan pemrosesan,
4.Fungsi rekreatif,menyediakan buku bersifat hiburan bermutu.
         Kehadiran murid pustakawan banyak sekali manfaatnya,karena tidak mungkin perpustakaan ditangan oleh seorang pustakawan,atau guru pustakawan saja. Keikutsertaan murid pustakawan dapat membantu memperlancar pelayanan kepada peminjam.mencek keluar masuknya buku membuat statistik peminjaman,membantu tugas, Administrasi, dan menempatkan buku pada rak-rak tepat.Ai Rahmawati September 1989
EBTANAS-SMP-91-01
Pernyataan yang benar dari wacana di atas adalah sebagai berikut,kecuali ..
  • A.Membaca merupakan salah satu kegemaran sejak di SD.
  • B.Fungsi perpustakaan adalah edukatif,inforrnatif,administratif,dan rekreatif.
  • C.Di sekolahku siapa saja boleh menjadi murid pustakawan.
  • D.Sejak aku menjadi murid pustakawan,tugasku membaca dan mengurus perpustakaan.
EBTANAS-SMP-91-08Wacana yang berjudul"Aku dan Perpustakaan Sekolah" di atas termasuk jenis karangan ...
  • A.argumentasi
  • B.eksposisi
  • C.narasi
  • D.deskripsi
EBTANAS-SMP-91-08
Kesimpulan wacana di atas adalah sebagai berikut,kecuali ...
  • A.Murid pustakawan banyak manfaatnya diikutsertakan dalam mengelola perpustakaansekolah.
  • B.Seorang pustakawan atau guru pustakawan cukup terampil menangani sebuah perpustakaan sekolah.
  • C.Fungsi perpustakaan ada empat macam yaitu:edukatif, informatif, administratif, dan rekreatif.
  • D.Dari SD sampai SMA kegemaranku membaca dan mengunjungi perpustakaan tak pernah pudar.
EBTANAS-SMP-91-09
Dengan sepintas ia melihat bunga itu.Tidak sempat mengamati dengan seksama,karena kuliahnya di universitas menyita waktunya.Di IKIP ia mengambil Jurusan Ekonomi. Jadi wajar kalau ia selalu mendengarkan berita ekonomi dari radio dan televisi Dari wacana di atas yang termasuk kata umum adalah...
  • A.Melihat,universitas,berita
  • B.Melihat,mengamati,IKIP
  • C.Berita ekonomi,universitas,mengamati
  • D.Berita,IKIP,bunga
EBTANAS-SMP-91-10
KaJau sehari-hari hanya ... saja,tentu engkau akan merugi.
Ungkapop yang tepat sebagai pengisi titik-titik pada kalimat di atas adalah ...
  • A.Turun tangan
  • B.Tangan terbuka
  • C.Berpangku tangan
  • D.Ringan tangan
EBTANAS-SMP-91-11
Salah satu dari enipat buah kalimat di bawah ini yang bermajas litotes adalah …
  • A.Dengan adanya krisis teluk maka ketegangan dunia dewasa in mengamuk.
  • B.Apa yang akan di harapkan dariku,ilmu tiada,bangsa tiada,hartapun apa lagi.
  • C.Tulisan Anda paling baik di antara para siswa di kelas ini.
  • D.Bulan tersenyum melihat orang pergi menonton
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar