Sidebar atas

Jumat, Juli 22, 2011

SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SLTP 1998

SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SLTP 1998

PERTANDINGAN BOLA VOLI
          Pagi itu tim bola voli di kampung kami ber- tanding dengan tim dari desa seberang. Pertandingan itu dilaksanakan di Alun alun Kecamatan. Kami bertanding untuk-memperebutkan tiket ke pertandingan final melawan juara bertahan, yaitu tim dari kecamatan. Setelah kami berhasil memenangkan perlombaan yang menegangkan itu, kami semakin giat berlatih. Di bawah bimbingan Pak Sutisna, kami berupaya keras agar dapat memboyong piala bergilir dari Bapak Camat ke kampung kami.
Soal nomor 1-5 berhubungan dengan bacaan di atas! 
EBTANAS-98-01
Mereka sedang bertanding bola voli.
Pertanyaan yang benar untuk jawaban di atas adalah ...
  • A. Mengapa mereka bertanding bola voli?
  • B. Apa yang mereka lakukan di Alun-alun Kecamatan? 
  • C. Siapakah pemenang dalam pertandingan itu?
  • D. Di manakah mereka melakukan pertandingan tersebut?
EBTANAS-98-02
Pertandingan itu dimenangkan oleh tim dari kampung
kami. Pertanyaan yang benar untuk jawaban di atas adalah ...
A. Bagaimanakah cara memenangkan pertandingan itu?
B. Apa yang mereka lakukan setelah bertanding?
C. Mengapa pertandingan dimenangkan oleh / mereka?
D. Siapakah yang memenangkan pertandingan tersebut?
EBTANAS-98-03
Dimanakah pertandingan itu dilaksanakan?
  • A. Pertandingan itu akan dilaksanakan pagi itu.
  • B. Pertandingan itu dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan.
  • C. Pertandingan itu dimenangkan oleh tim kami. 
  • D. Pertandingan itu memperebutkan piala bergilir.
EBTANAS-98-04
Bagaimanakah jalannya pertandingan? Jawaban yang benar adalah ...
  • A. Pertandingan itu dilaksanakan pagi pagi.
  • B. Pertandingan itu dilaksanakan di Alun-alun kecamatan.
  • C. Pertandingan itu berlangsung menegangkan. 
  • D. Pertandingan itu dimenangkan oleh tim kami.
EBTANAS-98-05
Mengapa sejak memenangkan pertandingan tim kampung itu giat berlatih?
Tim itu giat berlatih karena ...
  • A. ingin memboyong piala bergilir dari Bapak Camat
  • B. di bawah bimbingan Pak Sutisna
  • C. ingin memperebutkan tiket ke pertandingan final
  • D. memenangkan pertandingan
EBTANAS-98-06
Yudi disuruh menimba air. Tapi ember timbanya bocor. Ketika timba itu ditarik, tak sedikit pun air yang
didapatnya. KelakuanYudi bagai menegakkan benang basah.
Arti peribahasa pada paragraf di atas adalah ...
  • A. mengerjakan sesuatu yang sia-sia
  • B. mengerjakan hal yang bersifat coba coba. 
  • C. melakukan pekerjaan yang meragikan.
  • D. melakukan sesuatu yang tercela.
EBTANAS-98-07
Menyanyilah Rani dengan suara lantang. Semua peserta lomba terdiam. Para Juri segera ... Ketika nyanyian
berakhir semua hadirin bertepuk tangan ...
  • A. memberikan penilaian dengan saksama
  • B. memberikan pengumuman
  • C. memberikan hasil akhir penilaian
  • D. memberikan piagam penghargaan
EBTANAS-98-08
Kalimat yang mengandung kelompok kata bermakna
kepahlawanan adalah ...
  • A. Dengan berat langkah ia meninggalkan ruangan.
  • B. Ia pantang mundur untuk menghadapi masalah itu. 
  • C. Hatinya berbunga-bunga mendengar berita itu.
  • D. Buah hatinya menuju medan perang.
EBTANAS-98-09
Tendangannya membuahkan gol. Kejadian itu sangat mengagetkan kami. "Nah, ini baru jagoan kita!" Teriak
seorang penonton.
Kalimat yang mengungkapkan kepuasan adalah ...
  • A. Tendangannya membuahkan gol
  • B. Kejadian itu sangat mengagetkan kami. 
  • C. "Nah, ini baru jagoan kita! "
  • D. Teriak seorang penonton.
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 4: Pintu Rayyan Itu Khusus Untuk Orang-Orang yang Berpuasa
918. Sahl رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga terdapat (delapan pintu. Di sana 4/88) ada pintu yang disebut Rayyan, yang besok pada hari kiamat akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Tidak seorang selain mereka yang masuk lewat pintu itu. Dikatakan, 'Dimanakah orang-orang yang berpuasa?' Lalu mereka berdiri, tidak ada seorang pun selain mereka yang masuk darinya. Apabila mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup. Sehingga, tidak ada seorang pun yang masuk darinya."
919. Abu Hurairah رضي الله عنه mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang memberi nafkah dua istri (dengan apa pun 4/193) di jalan Allah, maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, 'Wahai hamba Allah, ini lebih baik.' (Dan dalam satu riwayat: Ia akan dipanggil oleh para penjaga surga, yakni oleh tiap-tiap penjaga pintu surga, 'Hai kemarilah.' 2/213). Barangsiapa yang ahli shalat, maka ia dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa yang ahli jihad, maka ia dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa yang ahli puasa, maka ia dipanggil dari (pintu puasa dan) pintu Rayyan. Dan, barangsiapa yang ahli sedekah, maka ia dipanggil dari pintu sedekah." Abu Bakar berkata, "(Tebusan) engkau adalah dengan ayah dan ibuku, wahai Rasulullah. Apakah ada keperluan bagi yang dipanggil dari seluruh pintu itu? Apakah ada orang yang dipanggil dari seluruh pintu itu?" (Dalam satu riwayat: "Wahai Rasulullah, itu yang tidak binasa?") Beliau bersabda, "Ya, dan aku berharap engkau termasuk golongan mereka."

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Rabu, Juli 20, 2011

SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SLTP 1997

SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SLTP 1997

Pengaruh Limbah Industri
          Pada masa pembangunan ini, di mana-mana didirikan pabrik. Semua pabrik itu mengeluarkan bermacam-macam limbah. Ada yang berbentuk limbah padat misalnya plastik, karet, logam kulit, kayu, dan kertas. Limbah smacam ini dapat didaur ulang atau dimanfaatkan untuk bahan industri kecil dan industri kerajinan.
         Pabrik tekstil dan pabrik makanan kaleng pun mengeluarkan limbah cair yang langsung dibuang ke sungai. Limbah seperti inilah yang mencemarkan sungai. pencemaran tersebut dapat mengancam kehidupan ikan dan hewan air lainnya, bahkan menyebabkan timbulnya penyakit kulit bagi pengguna air di sekitar sungai itu.
         Pemerintah menentukan persyaratan berdirinya pabrik, agar mampu memperkecil pencemaran lingkungan. Para pemulung memberikan andil pula dalam mengurangi pencemaran lingkungan ini. Mereka mengambil barang-barang bekas untuk didaur ulang. Pengambilan barang-barang bekas itu dapat mengurangi volume sampah yang kian hari kian menggunung.
Soal nomor 1-5 berhubungan dengan bacaan di atas!
EBTANAS-97-01
Bacaan itu bertema limbah industri.Pertanyaan yang benar untuk jawaban di atas adalah ...
  • A. Mengapa tema bacaan tersebut?
  • B. Berapakah tema bacaan tersebut? 
  • C. Apakah tema bacaan tersebut?
  • D. Di mana letak tema bacaan tersebut?
EBTANAS-97-02
Pemerintahlah yang mengeluarkan peraturan tentang syarat-syarat berdirinya pabrik.
Pertanyaan yang benar untuk jawaban di atas adalah ...
  • A. Mengapa pemerintah mengeluarkan peraturantentang syarat-syarat berdirinya pabrik?
  • B. Siapakah yang mengeluarkan peraturan tentang syarat-syarat berdirinya pabrik?
  • C. Untuk apa pemerintah mengeluarkan peraturan tentang syarat-syarat berdirinya pabrik?
  • D. Bagaimana cara pemerintah mengeluarkan peraturan tentang syarat-syarat berdirinya pabrik?
EBTANAS-97-03
Di mana kita dapat temukan limbah cair? Limbah cair itu dapat kita temukan di ...
  • A. sungai-sungai sekitar pabrik itu
  • B. tumbuhan atau tempat berair di sekitar pabrik itu
  • C. cerobong asap yang terdapat di pabrik
  • D. tempat sampan di mana para pemulung berada
EBTANAS-97-04
Bagaimana agar limbah dapat dijadikan bahan industri kecil? Limbah itu harus ...
  • A. langsung dibuang ke sungai
  • B. dimasukkan ke cerobong asap
  • C. dikembalikan ke tempatnya
  • D. didaur ulang dahulu
EBTANAS-97-05
Mengapa para pemulung dinyatakan punya andil dalammengatasi masalah limbah?
Karena para pemulung dalam usaha mencari nafkahnya dapat ...
  • A. mendaur ulang limbah menjadi industri kerajinan
  • B. mengubah limbah cair menjadi bahan untuk industri
  • C. memanfaatkan limbah menjadi bahan industri
  • D. membersihkan barang bekas untuk dijual ke penampungan
EBTANAS-97-06
"Nak, di tempat tinggalmu yang baru nanti, kau harus bisa menyesuaikan diri. Seperti peribahasa mengata-
kan, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya," Arti peribahasa di atas adalah ...
  • A. sejauh-jauhnya orang merantau, akhirnya pulangke negerinya juga.
  • B. biasanya tingkah laku anak menurut tingkah laku orang tuanya.
  • C. kebiasaan di suatu daerah, akan berbeda dengan kebiasaan daerah lainnya.
  • D. kepada yang pandai kita bertanya, kepada yang
kaya kita meminta.
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 8: Bertindak Lurus
Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, katanya: Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda: "Bersengajalah secara sederhana - tidak sangat muluk-muluk ataupun teledor - dan bertindak luruslah, juga ketahuilah bahwasanya tidak seseorangpun yang dapat selamat karena amalnya." Para sahabat bertanya: "Sekalipun Tuan sendiri juga tidak - dapat diselamatkan oleh amalnya - ya Rasulullah." Beliau صلی الله عليه وسلم menjawab: "Sayapun tidak dapat, kecuali jikalau Allah menutupi diriku -memberikan karunia padaku - dengan kerahmatan daripadaNya serta dengan keutamaanNya." (Riwayat Muslim)
Para ulama berkata: Makna istiqamah, yaitu tetap taat kepada Allah Ta'ala.
Mereka mengatakan bahwa istiqamah itu adalah termasuk dari golongan jawami'ul kalim - yakni sedikit kata-katanya tetapi luas pengertiannya - dan istiqamah itulah yang merupakan kenizhaman segala perkara.
Wa billahit taufik.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Senin, Juli 18, 2011

SOAL UN BAHASA INDONESIA MTs/SMP 1996

SOAL UN BAHASA INDONESIA MTs/SMP 1996

Tanah Pertanian
          Suburnya tanah pertanian merupakan modal bagi peningkatan produksi pangan. Beruntunglah bagi bangsa Indonesia yang memiliki tanah yang subur, Tetapi kita juga harus sadar bahwa kesuburan tanah itu bersifat sementara. Jika kesuburan tanah kita ini tidak dipelihara maka tanah akan menjadi gersang. Tumbuhan pun tak akan tumbuh lagi di sana.
          Kesuburan tanah dapat dijaga dengan pemupukan secara teratur. Kita dapat menggunakan bermacam-macam pupuk untuk mengolah tanah itu. Pupuk alam dihasilkan oleh alam, seperti kotoran hewan, kompos dan lain-lainnya. Sedangkan pupuk buatan dibuat oleh, pabrik seperti urea, TSP, ZA dan sebagainya. Semua jenis pupuk itu dapat kita gunakan sebagai bahan campuran jika kita sedang mengolah tanah. Jika tanah kita subur, maka bangsa kitapun akan menjadi makmur.
Soal nomor 1-5 berhubungan dengan bacaan di atas
EBTANAS-96-01
Modal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pangan adalah ...
  • A. suburnya tanah pertanian
  • B. pemupukan secara teratur
  • C. pemeliharaan tanah pertanian
  • D. tanah yang menjadi gersang
EBTANAS-96-02
Pupuk alam dapat kita peroleh dari ...
  • A. bunga tanah
  • B. pabrik pupuk
  • C. bahan campuran
  • D. alam sekitar
EBTANAS-96-03
Jika kesuburan tanah tidak dijaga, maka ...
  • A. tanah akan menjadi gersang
  • B. kita perlu pemupukan secara teratur
  • C. kita akan memiliki tanah yang subur
  • D. kita dapat meningkatkan produksi pangan
EBTANAS-96-04
Cara agar kesuburan tanah tetap terjaga adalah dengan...
  • A. meningkatkan produksi pangan
  • B. mengadakan pemupukan secara teratur
  • C. memiliki tanah yang subur
  • D. membuat pupuk buatan
EBTANAS-96-05
Kalimat utama dari paragraf kedua adalah ...
  • A. Kita dapat menggunakan bermacam-macam pupuk untuk mengolah tanah itu.
  • B. Jika tanah ini subur, maka bangsa kita pun akan menjadi makmur.
  • C. Tumbuhan pun takkan tumbuh lagi di sana.
  • D. Kesuburan tanah dapat dijaga dengan pemupukan secara teratur.
EBTANAS-96-06
Berikut ini kalimat yang mengandung kata umum adat
istiadat adalah ...
  • A. Ibu membeli baju kurung di toko
  • B. Bapak memakai peci hitam
  • C. Penari itu memakai kain panjang
  • D. Anita menggunakan selendang biru
EBTANAS-96-07
Para pedagang ... sedang menawarkan dagangan kepada penumpang kereta api.
  • A. swalayan
  • B. kakilima 
  • C. asongan 
  • D. eceran
EBTANAS-96-08
Pramuka ... membuat barisan berbentuk lingkaran.
  • A. Siaga
  • B. Penggalang
  • C. Penegak
  • D. Pendega
EBTANAS-96-09
Ruangan ini harus dilengkapi ... udara agar keluar masuk dengan bebas.
  • A. isolasi
  • B. sanitasi
  • C. ventilasi
  • D. rehabilitasi
EBTANAS-96-10
Kalimat berikut ini yang mengandung kata khusus adalah ...
  • A. Mereka bekerja siang dan malam untuk menghidupi keluarganya.
  • B. Paman membawa oleh-oleh untuk kami sekeluarga.
  • C. Siapa yang melihat kacamata kepunyaan kakek Adi?
  • D. Ayah menjinjing kopor yang berisi surat-surat berharga.
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 6: Ketaqwaan
Pertama: Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم ditanya: "Ya Rasulullah, siapakah orang yang semulia-mulianya?"
Beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Yaitu orang yang bertaqwa di antara engkau semua.
Orang-orang berkata: "Bukan ini yang kita tanyakan." Beliau صلی الله عليه وسلم, menjawab: "Kalau begitu ialah Nabi Yusuf, ia adalah Nabiullah, putera Nabiullah dan inipun putera Nabiullah pula dan ini adalah putera khalilullah - kekasih Allah yakni bahwa Nabi Yusuf itu adalah putera Nabi Ya'qub putera Nabi Ishaq putera Nabi Ibrahim yaitu Khalilullah."
Orang-orang berkata lagi: "Bukan ini yang kita tanyakan." Beliau صلی الله عليه وسلم menjawab pula: "Jadi tentang orang-orang yang merupakan pelikan-pelikan - pembesar-pembesar - dari bangsa Arab yang engkau semua tanyakan padaku? Orang-orang yang merupakan pilihan di antara bangsa Arab itu di zaman Jahiliyah, itu pulalah yang merupakan orang-orang pilihan di zaman Islam, jikalau mereka mengerti hukum-hukum agama." (Muttafaq 'alaih)
Lafaz Faquhuu jika dibaca dengan didhammahkan qafnya adalah masyhur, tetapi ada yang mengatakan dengan mengkasrahkan qaf, lalu dibaca Faqihuu, artinya ialah "mengerti akan hukum-hukum syara'."

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, Juli 14, 2011

SOAL UN BAHASA INDONESIA MTs/SMP 1995

SOAL UN BAHASA INDONESIA MTs/SMP 1995

BALAI DESA
           Pak kades sangat terharu sekali memandangi balai desa di sebelah rumahnya. Bangunan yang lama diinginkannya itu kini terwujud sudah. Balai desa itu dikerjakan secara gotong royong masyarakat Desa Sukamaju.PakCamat dan Ketua KUD turut merencanakannya pula. Sebelumnya mereka pernah bermusyawarah di kantor kelurahan. Hasil musyawarah itu kini dapat dinikmati bersama.
          Pak Kades bangga mempunyai balai desa seperti itu. Kini warga desanya dapat mengadakan berbagai kegiatan di sana. Semua warga desanya bangga, karena konstruksi bangunan balai desa yang indah dan megah itu adalah hasil karya putra desa itu sendiri. Ia bemama Kirman. la masih sekolah di STM Pembangunan. Tapi karyanya sudah berguna bagi pembangunan desanya.
Soal nomor 1 sampai dengan 5 berkaitan dengan bacaan di atas!
EBTANAS-95-01
Siapakah yang merancang konstruksi bangunan balai desa itu?
Perancang konstruksi bangunan balai desa itu adalah ...
  • A. Pak Kades
  • B. Kirman
  • C. Ketua KUD 
  • D. Pak Camat
EBTANAS-95-02
Dimana letak balai desa yang baru dibangun itu? Letak balai desa yang baru dibangun itu di ...
  • A. dekat kantor kelurahan
  • B. dekat kantor KUD
  • C. sebelah rumah Pak Kades
  • D. dekat STM Pembangunan
EBTANAS-95-03
Mengapa semua warga Desa Sukamaju sangat bangga terhadap hasil karya itu?
Semua warga desa Sukamaju merasa bangga karena …
  • A. konstruksi bangunan itu hasil karya putera desa itu sendiri
  • B. Pak Camat dan Ketua KUD turut pula merencanakannya
  • C. sebelumnya mereka pernah bermusyawarah di kantor kelurahan
  • D. warga desanya dapat mengadakan berbagai kegiatan di sana
EBTANAS-95-04
Bagaimanakah perasaan Pak Kades saat memandangi balai desa itu?
Saat memandangi balai desa itu Pak Kades merasa ...
  • A. bangga 
  • B. bahagia 
  • C. terharu 
  • D. senang
EBTANAS-95-05
Kalimat utama dari paragraf kedua bacaan itu adalah ...
  • A.
  • B. Kini warga desanya dapat mengadakan berbagai kegiatan di sana
  • C. Tapi karyanya sudah berguna bagi pembangunan desanya
  • D. Hasil musyawarah itu kini dapat dinikmati bersama
EBTANAS-95-06
Selendang ... dari daerah Tapanuli itu indah sekali.
  • A. lurik 
  • B. batik 
  • C. ulos 
  • D. sutefa
EBTANAS-95-07
Kalimat berikut ini yang menggunakan kata khusus adalah ...
  • A. Bangunan itu masih baru
  • B. Gedung itu dipakai pertemuan
  • C. Ruang ini bersih dan rapi
  • D. Sekolah kami terletak di pinggir jalan
EBTANAS-95-08
Peserta yang sakit di gotong dengan ...
  • A. tenda
  • B. tandu
  • C. tongkat
  • D. tali
EBTANAS-95-09
Banyak ... yang mengundurkan diri karena pelayanan- nya tidak memuaskan.
  • A. pelanggan
  • B. pedagang
  • C. penjual
  • D. pengusaha
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 15: Firman Allah, "Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan istri-istri kamu. Mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka, sekarang campurilah mereka dan campurilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu." (al-Baqarah: 187)
929. Al-Bara' رضي الله عنه berkata, "Para sahabat Nabi Muhammad apabila ada seorang yang berpuasa, dan datang waktu berbuka, tetapi ia tidur sebelum berbuka, maka ia tidak makan di malam dan siang harinya sampai sore. Sesungguhnya Qais bin Shirmah al-Anshari berpuasa. Ketika datang waktu berbuka, ia datang kepada istrinya, lalu berkata kepadanya, 'Apakah kamu mempunyai makanan? Istrinya menjawab, 'Tidak, tetapi saya berangkat untuk mencarikan (makanan) untukmu.' Pada siang harinya ia bekerja, lalu tertidur. Kemudian istrinya datang kepadanya. Ketika istrinya melihatnya, si istri berkata, 'Rugilah engkau.' Ketika tengah hari ia pingsan. Kemudian hal itu diberitahukan kepada Nabi, lalu turun ayat ini, 'Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa menggauli istrimu.' Maka, mereka bergembira, dan turunlah ayat, 'Makan dan minumlah sehingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam.'"

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Senin, Juli 11, 2011

SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SLTP 1994

SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SLTP 1994

JUMLAH PENDUDUK
          Sebagai salah seorang anggota keluarga, kamu dapat menghitung jumlah keluarga di rumahmu. Misalnya, di rumahmu ada ayah, ibu, dua orang adik, nenek, dan kakekmu. Berarti di rumahmu ada tujuh orang. Cukup banyak orang di rumahmu, bukan!
          Coba kamu perhatikan lingkungan tempat tinggalmu! Dapatkah kamu menghitung? Tentu saja dapat, hanya saja memerlukan waktu cukup lama karena cukup banyak jumlahnya. Apabila kalau kamu menghitung banyaknya penduduk di kampungmu atau penduduk di seluruh kepulauan Indonesia. Tidak cukup waktu satu-dua hari untuk menghitungnya, melainkan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, karena kamu harus mendatangi rumah setiap penduduk,
          Suatu cara untuk menghitung jumlah penduduk di suatu tempat adalah dengan jalan yang biasa disebut sensus atau cacah jiwa. Dengan cacah jiwa, jumlah penduduk di suatu tempat dapat diketahui dengan pasti. Cacah jiwa dilakukan mulai dari perhitungan jumlah penduduk di tiap keluarga sampai dengan jumlah penduduk di seluruh desa, bahkan jumlah penduduk suatu negara.
          Dengan mengetahui jumlah anggota keluarga, kepala keluarga dapat mengatur kehidupan anggota keluarganya, baik biaya hidupnya, biaya pendidikan anak-anaknya, maupun biaya-biaya lainnya. Demikian juga halnya dengan pemerintah. Dengan mengetahui jumlah penduduk pemerintah dapat mengatur kehidupan penduduknya sehingga memperoleh kehidupan yang layak. Kalau penduduk terlalu padat, mereka harus mencari tempat lain sehingga memperoleh hidup yang layak.
          Kota-kota besar biasa lebih padat penduduk-nya daripada kota kecil atau desa. Rumah-rumah di desa berjauhan. Banyak lahan yang masih kosong yang dapat digarap untuk pertanian. Penduduknya pun tidak banyak. Kalau kamu masuk ke balai desa atau kantor lurah, kamu dapat melihat jumlah penduduk yang tertera di papan data penduduk. Angka-angka yang tertera di sana merupakan hasil cacah jiwa penduduk di desa itu. Berdasarkan hasil cacah jiwa itu, kepala desa atau lurah dapat merencanakan pembangunan daerahnya, guna kesejahteraan penduduknya.
Dikutip dari: Pandai Berbahasa Indonesia 5c Depdikbud RI
EBTANAS-94-01
Apa gunanya sensus? Sensus berguna untuk ...
  • A. mengetahui jumlah penduduk di suatu tempat
  • B. menghitung jumlah penduduk di suatu negara 
  • C. mengetahui jumlah keluarga di suatu tempat 
  • D. menghitung jumlah penduduk di suatu tempat
EBTANAS-94-02
Dimana masih banyak terdapat lahan yang kosong?
  • A. Di setiap daerah masih banyak terdapat lahan yang kosong
  • B. Di kota masih banyak terdapat lahan yang kosong
  • C. Di desa masih banyak terdapat lahan yang kosong
  • D. Di kota dan di desa masih banyak terdapat lahan yang kosong
EBTANAS-94-03
Mengapa pemerintah harus mengatur kehidupanpenduduknya?
Pemerintah harus mengatur kehidupan penduduknya agar ...
  • A. penduduk tidak menjadi padat
  • B. jumlah anggota keluarga menjadi berkurang
  • C. pembangunan berjalan lancar
  • D. mereka memperoleh kehjdupan yang layak
EBTANAS-94-04
Bagaimana keadaan penduduk di desa? Keadaan penduduk di desa ...
  • A. lebih padat daripada penduduk kota
  • B. tidak sepadat penduduk kota
  • C. lebih kaya daripada penduduk kota
  • D. tidak selayak penduduk kota
EBTANAS-94-05
Kalimat utama paragraf kelima adalah ...
  • A. Berdasarkan hasil cacah jiwa itu kepala desa merencanakan pembangunan di daerahnya
  • B. Angka-angka yang tertera di sana merupakan hasil cacah jiwa penduduk di desa itu
  • C. Kota-kota besar biasanya lebih padat penduduknya daripada kota kecil atau di desa
  • D. Banyak lahan yang masih kosong yang dapatdigarap untuk pertanian
EBTANAS-94-06
Karet merupakan ... untuk ban.Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
  • A. produksi
  • B. ramuan
  • C. alat
  • D. bahan baku
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 6: Ketaqwaan
Pertama: Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم ditanya: "Ya Rasulullah, siapakah orang yang semulia-mulianya?"Beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Yaitu orang yang bertaqwa di antara engkau semua.Orang-orang berkata: "Bukan ini yang kita tanyakan." Beliau صلی الله عليه وسلم, menjawab: "Kalau begitu ialah Nabi Yusuf, ia adalah Nabiullah, putera Nabiullah dan inipun putera Nabiullah pula dan ini adalah putera khalilullah - kekasih Allah yakni bahwa Nabi Yusuf itu adalah putera Nabi Ya'qub putera Nabi Ishaq putera Nabi Ibrahim yaitu Khalilullah."
Orang-orang berkata lagi: "Bukan ini yang kita tanyakan." Beliau صلی الله عليه وسلم menjawab pula: "Jadi tentang orang-orang yang merupakan pelikan-pelikan - pembesar-pembesar - dari bangsa Arab yang engkau semua tanyakan padaku? Orang-orang yang merupakan pilihan di antara bangsa Arab itu di zaman Jahiliyah, itu pulalah yang merupakan orang-orang pilihan di zaman Islam, jikalau mereka mengerti hukum-hukum agama." (Muttafaq 'alaih)
Lafaz Faquhuu jika dibaca dengan didhammahkan qafnya adalah masyhur, tetapi ada yang mengatakan dengan mengkasrahkan qaf, lalu dibaca Faqihuu, artinya ialah "mengerti akan hukum-hukum syara'."

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Minggu, Juli 10, 2011

SOAL U N B INDONESIA MTs/SMP 1993

SOAL U N B INDONESIA MTs/SMP 1993

Wacana
TANAMAN JERUK DI GADUT DISERANG PENYAKIT CVPD
         Tidak kurang dari 2.500 batang (6 Ha) pohon jeruk di Kenagarian Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, diserang pcnyakit virus CVPD (Citrus Vein Ploem Degeneration) yang sangat berbahaya dan mudah menular.
         Pcnyakit tersebut ditemui di Gadut lebih kurang 10 km sebelah utara Bukittinggi, dengan tanda-tanda daun dan tulang menguning. Bila yang terserang daun tua dapat dirasakan seperti kertas. Pertumbuhan buah jadi kecil-kecil dan akan keras seperti batu. Akhirnya mengering dan mati dalam waktu enam bulan terhitung mulai kena serangan. Penularan penyakit biasanya me- lalui bibit, alat-alat pemangkas, dan perantaraan serangga vektor (diaphorine citri).
         Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sum- bar Ir. Nurmawan mengatakan kepada Kompas, mus- nahnya tanaman jeruk di propinsi utama penghasil jeruk seperli Sumut, Sumsel, Lampung dan beberapa
daerah di pulau Jawa, adalah akibat penyakit CVPD itu.
Harian KOMPAS, 21 Oktober 1983
EBTANAS-SMP-93-01
Pohon jeruk sebanyak 2.500 batang (6 Ha) yang diserang penyakit CVPD terletak di daerah ...
  • A. Kenagarian Gadut
  • B. Tilatang Kamang 
  • C. Kabupaten Agam 
  • D. Sumatera Barat
EBTANAS-SMP-93-02
Tanda-tanda pohon yang terkena hama penyakit virus CVPD ialah ...
  • A. buahnya yang kuning dan keras
  • B. daunnya yang menguning dan rontok 
  • C. daun dan tulang daunnya menguning 
  • D. daun yang masih muda seperti kertas
EBTANAS-SMP-93-03
Ide pokok paragraf kesatu wacana di atas adalah ...
  • A. Areal tanaman jeruk di Kenagarian seluas 6 Ha
  • B. Jumlah pohon jeruk di Kenagarian ada 2.500 batang
  • C. Jeruk di Kenagarian Gadut diserang virus CVPD
  • D. Penyakit virus CVPD sangat berbahaya dan mudah menular.
EBTANAS-SMP-93-04
Pertanyaan yang benar dari wacana di atas adalah ...
  • A. Pohon jeruk yang terkena penyakit tidak ditandai dengan ciri-ciri yang jelas.
  • B. Kompas mengatakan bahwa musnahnya tanaman jeruk di daerah itu adalah akibat penyakit CVPD.
  • C. Pohon jeruk akan mengering dan mati dalam waktu enam bulan terhitung mulai kena serangan virus CVPD.
  • D. Tidak kurang dari 2.500 batang (6 Ha) pohon jeruk tumbuh suburdi Kenagarian Gudut.
EBTANAS-SMP-93-05
Dalam wacana di atas terdapat kata virus.Kata tersebut artinya bibit penyakit yang ...
  • A. sangat berbahaya
  • B. sudah dilumpuhkan
  • C. hidup dalam tanaman
  • D. terdapat dalam tanaman
EBTANAS-SMP-93-06
Kata berimbuhan dalam paragraf kesatu wacana di atas berjumlah ...
  • A. 4 buah 
  • B. 5 buah 
  • C. 6 buah 
  • D. 7 buah'
EBTANAS-SMP-93-07
Wacana di atas termasuk jenis karangan ...
  • A. narasi
  • B. deskripsi
  • C. eksposisi
  • D. argumentasi
EBTANAS-SMP-93-08
Kesimpulan isi wacana di atas adalah ...
  • A. Tanaman jeruk banyak yang rusak, mengering dan mati.
  • B. Daun dan tulang daun tanaman jeruk menguning, mengering, kemudian mati.
  • C. Rusaknya tanaman jeruk di Kanagarian Gadut diakibatkan virus.
  • D. Penularan penyakit melalui bibit, alat-alat pe mangkas, dan serangga vektor.
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jumat, Juli 08, 2011

SOAL U N B INDONESIA MTs/SMP 1991

SOAL U N B INDONESIA MTs/SMP 1991

MEMBANGUN SINEMA INDONESIA

         Membangun Sinema Indonesia yang berwawasan Nusantara,merupakan impian yang harus terwujudkan.Mewujudkan impian ini tentunya bukan tugas insan perfilman semata,namun juga menjadi tanggung jawab seluruh pihak yang terkait.Mengingat kehadiran film tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat di luar film itu sendiri.Oleh sebab itu,apabila berbicara tentang sinema Indonesia yang berwawasan kebangsaan,mau tidak mau kita di hadapkan pada suatu pertanyaan,sejauh mana kemauan politik menunjang perwujudannya?
        Adapun yang di maksud dengan sinema Indonesia berwawasan kebangsaan adalah hasil cipta,rasa,dan karsa Indonesia yang dalam hasil karya filmnya mencoba terjemahkan kehendak cita-cita kemerdekaan dan UUD'45 menjadi pijakan hukumnya dan Pancasila sebagai moralnya.Dengan kata lain,sinema Indonesia berwawasan kebangsaan adalah hasil karya film yang terintegrasi ke dalam tujuan kemerdekaan bangsa.
        Sehubungan dengan hal di atas.Mendagri menghimbau agarsetiap daerah memproduksi film yang menampilkan nilai-nilai etnik atau sosial budaya daerahnya.Hal ini menyadarkan kita bahwa kita dituntut senantiasa harus menghormati,melestarikan dan menerima secara aktif setiap nilai budaya etnik yang terdapat di seluruh Nusantara sebagai warisan yang harus dijadikan modal dasar dalam usaha membentuk budaya Indonesia yang ideal.Dengan demikian,melalui tahapan ini akan terjadi semacam desentralisasi kebudayaan dalam pengertian bahwa Jakarta sebagai segala kegiatan sosial,politik,dan ekonomi,bukan berarti harus menjadi pusat pembangunan kebudayaan nasional.
EBTANAS-SMP-92-01
Makna sinema dalam wacana di atas yang tepat adalah...
  • A.Panggung tempat pertunjukan
  • B.Pementasan suatu kesenian
  • C.Gedung tempat pertunjukan film
  • D.Acara kesenian yang sedang disajikan
EBTANAS-SMP-92-02
Pernyataan yang benar dari wacana di atas terdapat pada kalimat-kalimat di bawah ini,kecuali ...
  • A.Sinema Indonesia berwawasan kebangsaan
  • B.Sinema Indonesia merupakan cipta,rasa,dan karsa cita-cita kemerdekaan
  • C.Sinema Indonesia sebagai wadah pembangunan kebudayaan film nasional harus di Jakarta.
  • D.Sinema Indonesia dituntut menghormati melestarikan dan menerima secara aktif budaya Indonesia.
EBTANAS-SMP-92-02
Kesimpulan wacana di atas adalah ...
  • A.Pembangunan sinema Indonesia bisa berlandaskan impian yang belum terwujudkan. Impian itu akan melahirkan cita-cita memproduksi film-film baru yang tidak meninggalkan cipta,rasa,dan karsa budaya nasional.
  • B.Pembangunan perfilman Indonesia dapat di pengaruhi oleh film-film impor,sehingga menampilkan nilai-nilai etnik atau sosial budaya daerah yang dipadukan dengan budaya asing.
  • C.Membangun,sinema Indonesia bukan hanya tugas orang-orang film saja,tetapi juga orang-orang diluar film.Sinema Indonesia harus berlandaskan cita-cita kemerdekaan dan UUD'45.Diharapkan produser film menampilkan sosial budaya daerahnya dan menjaga kelestarian budaya di seluruh nusahtara.
  • D.Membangun perfilman Indonesia akan melestarikan masuknya kebudayaan barat yang sukar di bendung dan akan mendesak budaya daerah yang berwawasan Nusantara
EBTANAS-SMP-92-09
Anak itu berjalan cepat-cepat.Melihat ke depan tanpa menoleh ke kanan dan ke kiri. Memandang siapa ia tidak.Akhirnya,matanya menatap orang yang dicarinya dengan sarnar-samar.Kata umum yang terdapat pada paragraf di atas adalah...
  • A.melihat
  • B.menoleh
  • C.memandang
  • D.menatap
EBTANAS-SMP-92-10
Kalimat yang bermajas ironi terdapat pada ...
  • A.Dalam sekejap,kue-kue itu selesai dilahapnya
  • B.Karena badannya sehat,ia bolak-balik saja ke dokter.
  • C.Kita jangan memandang sebelah mata regu lawan.
  • D.Hatiku kian teriris mendengar penghinaan itu.
EBTANAS-SMP-92-11
Kebakaran itu tak dapat dielakkan lagi.Si jago merah menghabiskan bangunan penduduk.Mereka kehilangan harta benda.Kampung yang terkena musibah itu di selimuti kedukan.Dalam paragraf di atas, majas metafora terdapat pada kalimat ...
  • A.no. 1
  • B.no. 2
  • C.no. 3
  • D.no. 4
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kamis, Juli 07, 2011

SOAL UJIAN NASIONAL B INDONESIA SLTP 1992

SOAL UJIAN NASIONAL B INDONESIA SLTP 1992

Wacana
Aku dan Perpustakaan Sekolah

        Membaca merupakan salah satu kegemaran sejak di SD.Dalam waktu-waktu luang aku sering di ruang perpustakaan sekolah.Beralih ke SMP kebiasaan itu tidak pernah pudar.Ketika memasuki SMA,perpustakaannya di kelola oleh pustakawan,guru pustakawan,di bantu oleh murid pustakawan.Karena tertarik sekali menjadi murid pustakawan,segeralah aku mendaftarkan diri.Segala persyaratan kupenuhi.Disusul mengikuti tes seleksi, dan aku termasuk di antara 40 siswa yang lulus.
        Sajak itulah aku mengenal perpustakaan sekolah bukan sekedar untuk membaca-baca, melainkan juga dapat membantu mengurusnya. Ruang-ruang perpustakaan terdiri dari ruang buku,ruang baca,ruang kerja pustakawan/petugas,ruang sirkulasi,ruang referensi.
         Perpustakaan sekolah tidak hanya memuat buku- buku hiburan,tetapi terdapat berbagai ilmu pengetahuan yang berguna dan menunjang kegiatan berbagai bidang studi.Di samping itu terdapat pula majalah,surat kabar,pamplet,keliping,brosur dan lain-lain.
Tentang fungsi perpustakaan Bapak Pustakawan sekolahku menyebutnya ada 4 macam, yaitu,:
1.Fungsi edukatif,mengembangkan daya pikir
2.Fungsi informatif,memudahkan mencari informasi.
3.Fungsi administratif,pencatatan dan pemrosesan,
4.Fungsi rekreatif,menyediakan buku bersifat hiburan bermutu.
         Kehadiran murid pustakawan banyak sekali manfaatnya,karena tidak mungkin perpustakaan ditangan oleh seorang pustakawan,atau guru pustakawan saja. Keikutsertaan murid pustakawan dapat membantu memperlancar pelayanan kepada peminjam.mencek keluar masuknya buku membuat statistik peminjaman,membantu tugas, Administrasi, dan menempatkan buku pada rak-rak tepat.Ai Rahmawati September 1989
EBTANAS-SMP-91-01
Pernyataan yang benar dari wacana di atas adalah sebagai berikut,kecuali ..
  • A.Membaca merupakan salah satu kegemaran sejak di SD.
  • B.Fungsi perpustakaan adalah edukatif,inforrnatif,administratif,dan rekreatif.
  • C.Di sekolahku siapa saja boleh menjadi murid pustakawan.
  • D.Sejak aku menjadi murid pustakawan,tugasku membaca dan mengurus perpustakaan.
EBTANAS-SMP-91-08Wacana yang berjudul"Aku dan Perpustakaan Sekolah" di atas termasuk jenis karangan ...
  • A.argumentasi
  • B.eksposisi
  • C.narasi
  • D.deskripsi
EBTANAS-SMP-91-08
Kesimpulan wacana di atas adalah sebagai berikut,kecuali ...
  • A.Murid pustakawan banyak manfaatnya diikutsertakan dalam mengelola perpustakaansekolah.
  • B.Seorang pustakawan atau guru pustakawan cukup terampil menangani sebuah perpustakaan sekolah.
  • C.Fungsi perpustakaan ada empat macam yaitu:edukatif, informatif, administratif, dan rekreatif.
  • D.Dari SD sampai SMA kegemaranku membaca dan mengunjungi perpustakaan tak pernah pudar.
EBTANAS-SMP-91-09
Dengan sepintas ia melihat bunga itu.Tidak sempat mengamati dengan seksama,karena kuliahnya di universitas menyita waktunya.Di IKIP ia mengambil Jurusan Ekonomi. Jadi wajar kalau ia selalu mendengarkan berita ekonomi dari radio dan televisi Dari wacana di atas yang termasuk kata umum adalah...
  • A.Melihat,universitas,berita
  • B.Melihat,mengamati,IKIP
  • C.Berita ekonomi,universitas,mengamati
  • D.Berita,IKIP,bunga
EBTANAS-SMP-91-10
KaJau sehari-hari hanya ... saja,tentu engkau akan merugi.
Ungkapop yang tepat sebagai pengisi titik-titik pada kalimat di atas adalah ...
  • A.Turun tangan
  • B.Tangan terbuka
  • C.Berpangku tangan
  • D.Ringan tangan
EBTANAS-SMP-91-11
Salah satu dari enipat buah kalimat di bawah ini yang bermajas litotes adalah …
  • A.Dengan adanya krisis teluk maka ketegangan dunia dewasa in mengamuk.
  • B.Apa yang akan di harapkan dariku,ilmu tiada,bangsa tiada,hartapun apa lagi.
  • C.Tulisan Anda paling baik di antara para siswa di kelas ini.
  • D.Bulan tersenyum melihat orang pergi menonton
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Rabu, Juli 06, 2011

SOAL UJIAN NASIONAL B INDONESIA MTs /SMP 1990

SOAL UJIAN NASIONAL B INDONESIA MTs /SMP 1990

WACANA
Manusia dan Lingkungan Alamnya

         Sudah tidak dapat disangkal lagi bahwa manusia untuk dapat melangsungkan kehidupannya, di mana pun berada secara langsung atau tidak,bahkan seringkali tanpa disadari,akan senantiasa tergantung kepada lingkungan alam tempat hidupnya.
Ketergantungan itu disebabkan karena lingkungan alam memiliki berbagai sumber daya yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk/mempertahankan hidupnya.Tidaklah mungkin manusia dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya tanpa bantuan dan sanggaan dari lingkungan alam.Lingkungan alam merupakan benteng yang utama bagi pengembangan.potensi manusia.Namun keadaan tersebut tidak banyak disadari manusia.
         Sebagian orang menganggap bahwa ketergantungan itu betul-betul total.Sehingga tak ada daya bagi manusia untuk mengatur alam.Berlawanan dengan anggapan ini bukan manusia yang tergantung kepada alam tetapi alamlah yang tergantung kepada manusia dan dapat diatur sekehendak manusia.Dengan demikian ada dua pandangan yang saling berlawanan,tentang kedudukan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan alam.
         Pandangan pertama menyatakan bahwa lingkungan alam itu merupakan satu-satunya faktor yang menentukan seluruh kehidupan kebudayaan manusia.Jadi lingkungan alam dipandang sebagai faktor determinan bagi segala proses kehidupan manusia.
         Sebaliknya pandangan kedua berpendapat bahwa manusialah yang sebenarnya aktif, sedangkan lingkungan alam itu pasif.Bukan lingkungan alam yang membentuk manusia, tetapi manusialah yang membentuk lingkungan alam.
         Sebenarnya kedua pandangan tersebut terlalu berat sebelah dan sangat ekstrim.Tidak memperhatikan adanya kekuatan pada kedua belah pihak.Proses hubungan antara manusia dan lingkungan alam dilihatnya berada dalam ketidakseimbangan.Pandangan pertama menyatakan bahwa alam mendominasi dan mempengaruhi tindakan-tindakan manusia.Sedangkan pandangan kedua menyatakan bahwa prilaku manusialah yang berperan dan sangat penting di dalam kehidupan, mengeksploitasi, dan membuat lingkungan alam.
Dikutip sebagian dari: Manusia dan lingkungan Alamnya
EBTANAS-SMP-90-06
Gajah Mada melahirkan sebuah sumpah yaitu Sumpah Palapa. Kata "melahirkan" dalam kalimat di atas bersinonim dengan ...
  • A.Menerbitkan
  • B.Menghasilkan
  • C.Menciptakan
  • D.Mengumandangkan
EBTANAS-SMP-90-07
Salah sebuah kalimat di bawah ini bermajas personifikasi,yaitu ...
  • A.Ia orang kaya yang miskin
  • B.Aku tak dapat membaca cakar ayamnya.
  • C.Kakek itu datang naik Merci
  • D.Bunga bungaan bersuka ria menerima hujan pertama.
EBTANAS-SMP-90-08
Kata-kata yang lemah lembut itu dapat juga mendinginkan hati orang yang sedang panas dan marah menghilangkan dendam orang yang bermusuhan.Untuk pernyataan di atas dapat digunakan sebuah peribahasa,yaitu ...
  • A.Air yang tenang jangan sangka tidak berbuaya
  • B.Air tenang menghayutkan
  • C.Air yang dingin juga dapat memadamkam api
  • D.Nan lurah juga diturut air.
EBTANAS-SMP-90-09
Salah sebuah kalimat di bawah ini mengandung kata yang bermakna konotasi yaitu ...
  • A.Bapak memburu seorang pencoleng
  • B.Asyik sekali malam itu
  • C.Para petani sedang membajak sawahnya.
  • D.Para pemburu itu mendapatkan seekor harimau kumbang.
EBTANAS-SMP-90-10
Kata yang bermakna khusus terdapat dalam salah sebuah.kalimat di bawah ini,yaitu .
  • A.Bibi sedang membuat kue
  • B.Sumini akan meminjam buku
  • C.Dodo membeli rambutan di pasar
  • D.Sulaeman melepaskan burung.
EBTANAS-SMP-90-11
Salah sebuah pemyataan di bawah ini mengandung perluasan makna,yaitu ...
  • A.Beliau adalah tuanku
  • B.Beliau adalah tuan tanah yang sangat disegani
  • C.Adik laki-lakinya telah lulus ujian
  • D.Kakak perempuannya telah menikah
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC


Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 60: Murah Hati Dan Dermawan Serta Membelanjakan Dalam Arab Kebaikan Dengan Percaya Penuh Kepada Allah Ta'ala
Dari Abu Umamah Shuday bin 'Ajlan رضي الله عنه katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda:
"Hai anak Adam, sesungguhnya jikalau engkau memberikan apa-apa yang kelebihan padamu, sebenarnya hal itu adalah lebih baik untukmu dan jikalau engkau tahan - tidak engkau berikan siapapun, maka hal itu adalah menjadikan keburukan untukmu. Engkau tidak akan tercela karena adanya kecukupan - maksudnya menurut syariat engkau tidak dianggap salah, jikalau kehidupanmu itu dalam keadaan yang cukup dan tidak berlebih- lebihan. Lagi pula mulailah - dalam membelanjakan nafkah - kepada orang yang wajib engkau nafkahi. Tangan yang bagian atas adalah lebih baik daripada tangan yang bagian bawah - yakni yang memberi itu lebih baik daripada yang meminta." (Riwayat Muslim)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner