Sidebar atas

Minggu, April 25, 2010

SILABUS DAN RPP BHS INDONESIA KLS V.A SD/MI

SILABUS DAN RPP BHS INDONESIA KLS V.A SD/MI

SILABUS
Nama Sekolah: Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran: BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester: V(lima)/I(ganjil)
Alokasi Waktu:
Jaringan Tema: Hiburan
Aspek: a. Mendengar b. Membaca c. Berbicara d. Menulis
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
  3. MATERI POKOK/PEMBELAJARAN
    Penjelasan dari narasumber
  1. INDIKATOR
    Mencatat pokok-pokok pembicaraan narasumber
    Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
    Menanggapi isi penjelasan narasumber dengan memperhatikan santun berbahasa
  2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mendengarkan penjelasan narasumber
    Mencatat pokok-pokok pembahasan narasumber
    Bertanya tentang hal-hal yang penting dari narasumber
    Menanggapi isi penjelasan narasumber dengan memperhatikan santun berbahasa
    Membacakan pokok-pokok pembicaraan narasumber
  3. PENILAIAN
    Tes tulis :
    Mencatat pokok-pokok pembicaraan berdasarkan penjelasan narasumber
    Tes lisan :
    Menanggapi penjelasan narasumber

  4. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
 
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Jaringan Tema: Hiburan
Kelas/Semester:V(lima)/I(ganjil)
Waktu: 3 x pertemuan (6 jam pelajaran)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa
  3. INDIKATOR
    Mencatat pokok-pokok pembicaraan narasumber Bapak Tani.
    Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
    Menanggapi isi penjelasan narasumber dengan memperhatikan santun bahasa
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Anak dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan narasumber Bapak Tani.
    Anak dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan.
    Anak dapat menanggapi penjelasan Bapak Tani dengan memperhatikan santun berbahasa.
  5. MATERI POKOK
    Penjelasan dari narasumber Bapak Tani
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan.
  7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan I

    1. Kegiatan Awal
      Tanya jawab
      Bercerita
    2. Kegiatan Inti
      Mendengarkan penjelasan dari Bapak Guru Untuk wawancara
      Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari Bapak Guru
      Menjelaskan hasil kerjanya di depan kelas
      Mendapat tanggapan dari siswa lain
      Menyempurnakan hasil kerjanya
    3. Kegiatan Akhir
      Menyimpulkan hasil
      Pemberian tugas di rumah
  8. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar