SILABUS
Nama Sekolah:Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran:Matematika
Kelas/Semester:IV(empat)/I(ganjil)
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
- KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
- MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat operasi hitung
- PENGALAMAN BELAJAR
Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pertukaran
Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pengelompokkan
Menggunakan sifat bentukan atau pengelompokkan untuk menghitung cepat
Contoh :
19 + 21 = 19 (20 + 1)
= 19 + 1 + 20
= 20 + 20 = 40
- INDIKATOR
Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan melalui contoh
Mengenal sifat pengelompokkan pada penjumlahan melalui contoh
- PENILAIAN
Tes tertulis
- ALOKASI WAKTU
5 x 35 menit (2 pertemuan)
- SUMBER BELAJAR
Buku Penunjang,Buku Paket,Pengalaman Guru
- Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV(empat)/I(ganjil)
Pertemuan Ke: 1 dan 2
Alokasi Waktu: 5 x 35 menit (2 x pertemuan)
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
- KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
- INDIKATOR
Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan melalui contoh
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mengerjakan penjumlahan dengan cara pengelompokkan untuk menghitung cepat
Siswa dapat menggunakan cara pengelompokkan untuk soal perkalian
- MATERI AJAR
Sifat-sifat operasi hitung
- METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, Pemberian tugas,Diskusi
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I
- Kegiatan awal
Tanya jawab tentang penjumlahan dan perkalian bilangan
- Kegiatan inti
Mengamati soal penjumlahan di papan tulis
Mengerjakan tugas secara berkelompok
Melaporkan hasil tugas kelompok lain
Menyimpulkan
- Kegiatan akhir
Mencatat
Mengulang penjumlahan, siswa mengerjakan dengan cara mencongak
- Kegiatan awal
Tanya jawab penjumlahan dan perkalian bilangan
- Kegiatan inti
Menyebutkan soal yang bersifat komutatif
Antar kelompok mengerjakan soal/tugas
Menanggapi hasil tugas kelompok
Menyimpulkan
- Kegiatan akhir
Siswa menyimpulkan bahwa dalam perkalian dapat menggunakan sifat pertukaran
Siswa mengerjakan tugas yang dibuat oleh temannya
- Kegiatan awal
- ALAT/BAHAN/SARANA
Buku Erlangga,Buku SPK
Pengalaman guru atau murid
- PENILAIAN
Tes Kinerja, tes tulis
- Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar