Jumat, April 23, 2010

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA KELAS IV.A SD/MI

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA KELAS IV.A SD/MI

SILABUS
Nama Sekolah:Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran:Matematika
Kelas/Semester:IV(empat)/I(ganjil)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    Sifat-sifat operasi hitung
  1. PENGALAMAN BELAJAR
    Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pertukaran
    Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pengelompokkan
    Menggunakan sifat bentukan atau pengelompokkan untuk menghitung cepat
    Contoh :
    19 + 21 = 19 (20 + 1)
    = 19 + 1 + 20
    = 20 + 20 = 40
  2. INDIKATOR
    Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan melalui contoh
    Mengenal sifat pengelompokkan pada penjumlahan melalui contoh
  3. PENILAIAN
    Tes tertulis
  4. ALOKASI WAKTU
    5 x 35 menit (2 pertemuan)
  5. SUMBER BELAJAR
    Buku Penunjang,Buku Paket,Pengalaman Guru

  6. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV(empat)/I(ganjil)
Pertemuan Ke: 1 dan 2
Alokasi Waktu: 5 x 35 menit (2 x pertemuan)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
  3. INDIKATOR
    Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan melalui contoh
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat mengerjakan penjumlahan dengan cara pengelompokkan untuk menghitung cepat
    Siswa dapat menggunakan cara pengelompokkan untuk soal perkalian
  5. MATERI AJAR
    Sifat-sifat operasi hitung
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Tanya jawab, Pemberian tugas,Diskusi
  7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan I

    1. Kegiatan awal
      Tanya jawab tentang penjumlahan dan perkalian bilangan
    2. Kegiatan inti
      Mengamati soal penjumlahan di papan tulis
      Mengerjakan tugas secara berkelompok
      Melaporkan hasil tugas kelompok lain
      Menyimpulkan
    3. Kegiatan akhir
      Mencatat
      Mengulang penjumlahan, siswa mengerjakan dengan cara mencongak
    Pertemuan II
    1. Kegiatan awal
      Tanya jawab penjumlahan dan perkalian bilangan
    2. Kegiatan inti
      Menyebutkan soal yang bersifat komutatif
      Antar kelompok mengerjakan soal/tugas
      Menanggapi hasil tugas kelompok
      Menyimpulkan
    3. Kegiatan akhir
      Siswa menyimpulkan bahwa dalam perkalian dapat menggunakan sifat pertukaran
      Siswa mengerjakan tugas yang dibuat oleh temannya
  8. ALAT/BAHAN/SARANA
    Buku Erlangga,Buku SPK
    Pengalaman guru atau murid
  9. PENILAIAN
    Tes Kinerja, tes tulis

  10. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar