SILABUS
Nama Sekolah:Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran:Matematika
Kelas/Semester:IV(empat)/2(genap)
Alokasi Waktu:
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
- KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
- MATERI POKOK/PEMBELAJARAN
Sifat dan unsure bangun datar dan simetris
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Mengenal bangun simetris
Praktek melipat kertas yang diberi setetes tinta untuk menunjukkan kesimetrisan
Menyimpulkan hasil prakteknya
Menyebutkan contoh-contoh gambar
Membuat bangun datar yang simetris
Siswa praktek membuat bangun yang simetris
Menyimpulkan hasil praktikum
- INDIKATOR
Mengelompokkan dan memberikan contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris
Mengidentifikasi cirri bangun datar yang simetris
Bangun datar yang tidak memiliki simetris
Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetris pada bangun
Menunjukkan dan menggambarkan bangun datar (benda-benda) yang simetris
- PENILAIAN
Tes Tulis, Produk
- Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Mata Pelajaran: Matematika
Kelas/Semester: IV(empat)/2(genap)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu: 2 X 35 Menit(1xpertemuan)
- STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan pengukuran sudut panjang dan lebar dalam pemecahan masalah .
- KOMPETENSI DASAR
Menentukan besar sudut pandang dengan satuan tidak batas dan satuan derajat
- INDIKATOR
Menentukan besarsududt dan satuan tidak baku
Mementukan besar sudut satuan derajat
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
Siswa dapat menentukan besar sudut satuan derajat
- MATERI AJAR
Satuan waktu, panjang dan berat
- METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan pemberian tugas.
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke I
- Kegiatan Awal
Bernyanyi dari Sabang dari Merauke
Tanya jawab tentang sudut
- Kegiatan Inti
Mengukur sudut denngan sudut satuan yang di buat sebelumnya.
Mencari benda-benda di sekitar yang sudutnya sebesar sudut satuan dan 3 sudut satuan
Mengukur tiap sudut yang ada pada permukaan buku matematika dan kerja belajarnya .
Menunjukkan busur derajat dan cara mengukur sudut dengan busur
Menghitung besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam pada gambar
- Kegiatan Akhir
mengumpulkan latihan soal
pemberian tugas PR
- Kegiatan Awal
- ALAT/BAHAN:
Buku Yudistira kelas IV 74 – 77
Pengalaman guru dan murid
Gambar dan guntingan sudut
- PENILAIAN
Tertulis
Carilah benda disekitarmu yang salah satu sudutnya sebesar sudut satuan benda dan 3 sudut satuan?
Lisan
Pernahkah kamu mengukur sudut yang ada pada buku matematikamu ?
Kinerja
- Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
1. File Bentuk PDF
2. File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar