Sabtu, April 24, 2010

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA KLS IV.B SD/MI

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA KLS IV.B SD/MI

SILABUS
Nama Sekolah:Sekolah Dasar/SD
Mata Pelajaran:Matematika
Kelas/Semester:IV(empat)/2(genap)
Alokasi Waktu:
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
  3. MATERI POKOK/PEMBELAJARAN
    Sifat dan unsure bangun datar dan simetris
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Mengenal bangun simetris
    Praktek melipat kertas yang diberi setetes tinta untuk menunjukkan kesimetrisan
    Menyimpulkan hasil prakteknya
    Menyebutkan contoh-contoh gambar
    Membuat bangun datar yang simetris
    Siswa praktek membuat bangun yang simetris
    Menyimpulkan hasil praktikum
  2. INDIKATOR
    Mengelompokkan dan memberikan contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris
    Mengidentifikasi cirri bangun datar yang simetris
    Bangun datar yang tidak memiliki simetris
    Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetris pada bangun
    Menunjukkan dan menggambarkan bangun datar (benda-benda) yang simetris
  3. PENILAIAN
    Tes Tulis, Produk

  4. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Mata Pelajaran: Matematika
Kelas/Semester: IV(empat)/2(genap)
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu: 2 X 35 Menit(1xpertemuan)
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menggunakan pengukuran sudut panjang dan lebar dalam pemecahan masalah .
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menentukan besar sudut pandang dengan satuan tidak batas dan satuan derajat
  3. INDIKATOR
    Menentukan besarsududt dan satuan tidak baku
    Mementukan besar sudut satuan derajat
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
    Siswa dapat menentukan besar sudut satuan derajat
  5. MATERI AJAR
    Satuan waktu, panjang dan berat
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan pemberian tugas.
  7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan ke I

    1. Kegiatan Awal
      Bernyanyi dari Sabang dari Merauke
      Tanya jawab tentang sudut
    2. Kegiatan Inti
      Mengukur sudut denngan sudut satuan yang di buat sebelumnya.
      Mencari benda-benda di sekitar yang sudutnya sebesar sudut satuan dan 3 sudut satuan
      Mengukur tiap sudut yang ada pada permukaan buku matematika dan kerja belajarnya .
      Menunjukkan busur derajat dan cara mengukur sudut dengan busur
      Menghitung besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam pada gambar
    3. Kegiatan Akhir
      mengumpulkan latihan soal
      pemberian tugas PR
  8. ALAT/BAHAN:
    Buku Yudistira kelas IV 74 – 77
    Pengalaman guru dan murid
    Gambar dan guntingan sudut
  9. PENILAIAN
    Tertulis
    Carilah benda disekitarmu yang salah satu sudutnya sebesar sudut satuan benda dan 3 sudut satuan?
    Lisan
    Pernahkah kamu mengukur sudut yang ada pada buku matematikamu ?
    Kinerja

  10. Baca Selengkapnya Silahkan Download File Dibawah Ini :
    1. File Bentuk PDF
    2. File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar