Sidebar atas

Sabtu, Agustus 29, 2009

CONTOH MODEL SEKOLAH KATEGORI MANDIRI(SKM)


CONTOH MODEL SEKOLAH KATEGORI MANDIRI(SKM)
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL DEPAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
  1. BAB I. KONSEP DAN KARAKTERISTIK
    1. Kategori sekolah
    2. Kedudukan Sekolah Kategori Mandiri
    3. Karakteristik Sekolah Kategori Mandiri
  2. BAB II.PERANAN INSTITUSI
  3. BAB III. PENUTUP
  1. BAB I KONSEP DAN KARAKTERISTIK PENGEMBANGAN MODEL
    1. Kategori Sekolah
      1. Sekolah Kategori Standar
        Sekolah kategori standar adalah sekolah yang belum memenuhi Standar Nasional
        Pendidikan.
      2. Sekolah Kategori Mandiri
        Sekolah Kategori Mandiri (SKM) adalah sekolah yang hampir memenuhi atau sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hal ini berarti ada dua jenis sekolah Kategori Mandiri yaitu:
        1. Sekolah yang sudah memenuhi/melaksanakan ke delapan standar nasional pendidikan yaitu, Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar proses, Standar penilaian, Standar Tenaga kependidikan, Standar Sarana dan prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.
        2. Sekolah yang hampir memenuhi ke delapan Standar Nasional Pendidikan. Kata
          “hampir memenuhi” menunjukan letak SKM kelompok ini berada diantara kelompok sekolah kategori standar dan kelompok sekolah yang sudah memenuhi kedelapan standar tersebut.
    2. Kedudukan Sekolah Kategori Mandiri
      Berdasarkan landasan hukum pada penjelasan sebelumnya, tergambar bahwa rentang gradasi sekolah kategori mandiri ternyata bukan hanya dari hampir memenuhi sampai memenuhi tetapi juga dapat sampai melampaui standar nasional pendidikan. Namun demikian yang akan dibahas didalam dokumen ini hanya sekolah mandiri yang masuk kategori hampir memenuhi dan yang sudah memenuhi SNP.
    3. Karakteristik Sekolah Kategori Mandiri
      Adapun karakteristik Sekolah Kategori Mandiri yang mempunyai batasan sudah memenuhi kriteria minimal (sudah memenuhi delapan standar nasional pendidikan) dan yang hampir memenuhi standar nasional pendidikan, adalah sebagai berikut:
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
INSTRUMEN PENGUKURAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI
JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
  1. Standar Isi
    1. Sekolah memiliki dokumen yang berisi hasil pertemuan
      membahas Prinsip Pengembangan Kurikulum.
    2. Sekolah memiliki dokumen yang berisi hasil pertemuan membahas Prinsip Pelaksanaan Kurikulum.
    3. Sekolah memiliki Struktur Kurikulum yang searah dengan visi sekolah.
    4. Sekolah memiliki Struktur Kurikulum yang searah dengan misi sekolah.
    5. Sekolah memiliki Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar seluruh mata pelajaran dalam bentuk file
    6. Sekolah memiliki Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar seluruh mata pelajaran dalam bentuk print out
    7. Sekolah menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem SKS
      Jika ya, lampirkan struktur kurikulum dan dokumen pendukung lainnya!bersangkutan
    8. Guru-guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik seperti dibawah ini:
      1. SD/MI/SDLB: Waktu maksimum 40% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan
      2. SMP/MTs/SMPLB: Waktu maksimum 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan
      3. SMA/MA/SMALB/SMK/MAK: Waktu maksimum 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang
      4.  
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar