Sidebar atas

Kamis, Agustus 20, 2009

RPP KOMPETENSI KEJURUAN Kls. X SMK/MAK


RPP KOMPETENSI KEJURUAN Kls. X SMK/MAK
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah : SMK / MAK
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X(sepuluh)/ I(satu)
Pertemuan ke- : 1(satu)
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Mengenali dan Memilih Peralatan dan Perlengkapan Gambar
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menentukan teknik gambar yang akan digunakan
    2. Menentukan peralatan dan perlengkapan gambar
    3. Menentukan media gambar

  3. Indikator

    1. Menjelaskan standar gambar teknik
    2. Menjelaskan teknik penggambaran ditetapkan berdasarkan tujuan penggambaran
    3. Menjelaskan tujuan penggambaran
    4. Menjelaskan peralatan dan perlengkapan gambar manual
    5. Peralatan dan perlengkapan gambar dipilih dan ditentukan sesuai dengan tujuan penggambaran dan media gambar.
    6. Mengidentifikasi dan memperbaiki kondisi peralatan dan perlengkapan gambar jika ada kerusakan.
    7. Menjelaskan berbagai macam media gambar manual
    8. Media gambar ditentukan sesuai dengan tujuan penggambaran dan peralatan gambar yang digunakan.
    9. Mengidentifikasi kondisi media gambar dan dipilih sesuai dengan persyaratan penggambaran.


  1. Tujuan Pembelajaran

    1. Siswa dapat menjelaskan tentang standar gambar teknik
    2. Siswa dapat menjelaskan teknik penggambaran yang ditetapkan berdasarkan tujuan penggambaran
    3. Siswa dapat menjelaskan tujuan penggambaran
    4. Siswa dapat menjelaskan peralatan dan perlengkapan gambar manual
    5. Siswa dapat memilih peralatan dan perlengkapan gambar yang ditentukan sesuai dengan tujuan penggambaran dan media gambar.
    6. Siswa dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kondisi peralatan dan perlengkapan gambar jika ada kerusakan
    7. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam media gambar manual
    8. Siswa dapat menggunakan media gambar yang ditentukan sesuai dengan tujuan penggambaran dan peralatan gambar yang digunakan
    9. Siswa dapat mengidentifikasi kondisi media gambar yang sesuai dengan persyaratan penggambaran

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah : SMK / MAK
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X(sepuluh)/2(dua)
Pertemuan ke- : 1(satu)
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Menggambar Proyeksi Ortogonal
  2. Kompetensi Dasar

    1. Melakukan persiapan pekerjaan menggambar proyeksi konstruksigeometris
    2. Menggambar tampak (depan atau belakang) obyek
    3. Menggambar tampak samping (kiri atau kanan) obyek
    4. Membereskan pekerjaan

  3. Indikator

    1. Mengetahui penggambaran proyeksi konstruksi geometris dengan ilmu proyeksi baik cara Eropa atau cara Amerika
    2. Menjelaskan cara menggambar proyeksi orthogonal cara Eropa dan Amerika
    3. Menggambar tampak depan dan belakang dengan cara proyeksi orthogonal
    4. Menggambar tampak samping (kiri atau kanan) obyek dengan cara proyeksi ortogonal
    5. Memeriksa kelengkapan dan kesesuaian gambar

  4. Tujuan Pembelajaran

    1. Siswa dapat mengetahui penggambaran proyeksi konstruksi geometris dengan ilmu proyeksi baik cara Eropa atau cara Amerika
    2. Siswa dapat menjelaskan cara menggambar proyeksi orthogonal cara Eropa dan Amerika
    3. Siswa dapat menggambar tampak depan dan belakang dengan cara proyeksi orthogonal
    4. Siswa dapat menggambar tampak samping (kiri atau kanan) obyek dengan cara proyeksi ortogonal
    5. Siswa dapat memeriksa kesesuaian dan kelengkapan gambar

  5. Materi Pembelajaran

    1. Proyeksi geometri cara Eropa dan cara Amerika
    2. Cara menggambar tampak depan dan belakang dengan cara proyeksi orthogonal :
    3. Sumbu-sumbu proyeksi dengan titik perpotongan di O digambar dan diberi nama (misalnya garis sumbu vertikal ZOY dan garis sumbu horisontal XOY’).
    4. Tampak atas obyek digambar pada bidang XOY.
    5. Setiap titik sudut obyek diproyeksikan ke sumbu OX.
    6. Garis-garis vertikal digambar pada bidang XOZ dari setiap titik pada sumbu OX sesuai dengan bentuk dan ukuran tinggi yang ditentukan sehingga menghasilkan proyeksi sisi-sisi (depan atau belakang) obyek.
    7. Sisi-sisi obyek yang terletak di belakang digambar dengan garis putus-putus dan yang terletak di depan digambar dengan garis tegas.
    8. Cara menggambar tampak samping (kiri atau kanan) obyek dengan cara proyeksi orthogonal:
    9. Garis-garis tegak lurus sumbu OY digambar dari setiap titik sudut obyek dan diberi tanda dengan titik (misalnya titik A, B, C, dan seterusnya).
    10. Sebuah busur digambar dengan titik pusat O dan radius masing-masing OA, OB, OC dan seterusnya yang memotong sumbu OY1 di beberapa titik.
    11. Garis-garis vertikal digambar dari setiap titik pada sumbu OY1 pada bidang ZOY1 dengan bentuk dan ukuran tinggi yang telah ditentukan sehingga menghasilkan proyeksi sisi-sisi samping (kiri atau kanan) obyek.
    12. Sebuah busur dengan radius DE dan titik pusat di D digambar sehingga memotong garis CD (misalnya di titik 1).
    13. Sisi-sisi obyek yang terletak di belakang digambar dengan garis putus-putus dan yang terletak di depan digambar dengan garis tegas.

  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah dan Demonstrasi
  7. Langkah–langkah Pembelajaran

    1. Kegiatan Awal
      Menyiapkan peralatan dan perlengkapan gambar
      Guru menyuruh siswa membuat garis tepi dan kepala gambar
    2. Kegiatan Inti

      1. Menjelaskan teori tentang proyeksi geometri cara Eropa dan cara Amerika
      2. Menjelaskan cara menggambar tampak depan dan belakang dengan cara proyeksi orthogonal
      3. Menjelaskan cara menggambar tampak samping (kiri atau kanan) obyek dengan cara proyeksi orthogonal
      4. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
      5. Memberi tugas menggambar proyeksi orthogonal cara Amerika
      6. Guru memantau pekerjaan siswa dan membantu siswa yang kesulitan belajar

    3. Kegiatan Akhir
      Memeriksa kelengkapan dan kesesuaian gambar
      Menyimpan dan merawat peralatan

  8. Alat/Bahan Sumber Belajar
    Alat/Bahan : spidol, penghapus, papan tulis, penggaris segitiga
  9. Sumber Belajar
    - Teknik Menggambar Bangunan 1,Th.1977
    - Modul Gambar Teknik Bangunan
  10. Penilaian
    Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
    Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar