Jumat, Agustus 07, 2009

RPP TATA BUSANA (A) Kls. X SMK / MK


RPP TATA BUSANA (A) Kls. X SMK / MK
I. RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
JURUSAN TATA BUSANA
SMK NEGERI ....
Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Program Keahlian: Tata Busana
Kelas/Semester : X(sepuluh)/1(satu)
Pertemuan ke : 1 - 4
Alokasi Waktu : 8 jam @45 menit (2 jam /pertemuan)

  1. Standar Kompetensi
    Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Customer care)
  2. Kompetensi Dasar
    Melakukan komunikasi di tempat kerja
  3. Indikator

    1. Komunikasi dengan pe-langgan eksternal dilaksa-nakan secara terbuka, profesional, ramah dan sopan.
    2. Bahasa digunakan dengan intonasi nada yang cocok.
    3. Bahasa tubuh digunakan secara alami/natural tidak dibuat-buat
    4. Kepekaan terhadap per-bedaan budaya dan sosial diperlihatkan
    5. Komunikasi dua arah yang efektir digunakan secara aktif
    6. Perbedaan pendapat yang ada dicarikan solusi yang fleksibel dan menyenangkan kolega




  1. Tujuan Pembelajaran

    1. Pertemuan 1 :
      Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Komunikasi
      Peserta didik dapat menjelaskan Dasar-dasar Komunikasi
      Peserta didik dapat menjelaskan Teknik berkomunikasi
    2. Pertemuan 2 :
      Peserta didik dapat menjelaskan Jenis-jenis pelayanan
      Peserta didik dapat menjelaskan Karakter pelanggan
      Peserta didik dapat menjelaskan Pelayanan prima
    3. Pertemuan 3 :
      Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian dan tujuan penampilan diri
      Peserta didik dapat menjelaskan Bekerja dengan aman
      Peserta didik dapat menjelaskan Kebersihan dan kesehatan pribadi
    4. Pertemuan 4 :
      Peserta didik dapat menerangkan Prinsip-prinsip bekerja dalam tim
      Peserta didik dapat menawarkan atau menjual produk Tata busana.

  2. Materi Ajar

    1. Pertemuan 1 :
      pengertian Komunikasi
      pengertian Dasar-dasar Komunikasi
      prosedur Teknik berkomunikasi
    2. Pertemuan 2 :
      pengertian Jenis-jenis pelayanan
      Pengertian Karakter pelanggan
      Menjelaskan Konsep Pelayanan prima
    3. Pertemuan 3 :
      pengertian tujuan penampilan diri
      Menjelaskan Bekerja dengan aman
      Menjelaskan cara Kebersihan dan kesehatan pribadi
    4. Pertemuan 4 :
      Menjelaskan Prinsip-prinsip bekerja dalam tim
      menawarkan atau menjual produk Tata busana

  3. Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok. , Ceramah. , Presentasi. , Penugasan/pembuatan laporan.
    Praktik.
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC



بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 1: Keikhlasan Dan Menghadhirkan Niat Dalam Segala Perbuatan, Ucapan Dan Keadaan Yang Nyata Dan Yang Samar
Dari Abu Musa, yakni Abdullah bin Qais al-Asy'ari رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم ditanya perihal seseorang yang berperang dengan tujuan menunjukkan keberanian, ada lagi yang berperang dengan tujuan kesombongan - ada yang artinya kebencian - ada pula yang berperang dengan tujuan pameran - menunjukkan pada orang-orang lain kerana ingin berpamer. Manakah di antara semua itu yang termasuk dalam jihad fi-sabilillah?
Rasulullah صلی الله عليه وسلم menjawab:
"Barangsiapa yang berperang dengan tujuan agar kalimat Allah - Agama Islam - itulah yang luhur, maka ia disebut jihad fi-sabilillah." (Muttafaq 'alaih)
Penjelasan:
Hadis di atas dengan jelas menerangkan semua amal perbuatan itu hanya dapat dinilai baik, jika baik pula niat yang terkandung dalam hati orang yang melakukannya.
Selain itu dijelaskan pula bahwa keutamaan yang nyata bagi orang-orang yang berjihad melawan musuh di medan perang itu semata-mata dikhususkan untuk mereka yang berjihad fisabilillah, yakni tiada maksud lain kecuali untuk meluhurkan kalimat Allah, yaitu Agama Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar