Jumat, Agustus 28, 2009

CONTOH KURIKULUM MODEL KTSP SDLB


CONTOH KURIKULUM MODEL KTSP SDLB
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
  1. BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Landasan
    3. Tujuan Penyususnan KTSP
    4. Prinsip Pengembangan KTSP
  2. BAB II VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
    1. Visi
    2. Misi
    3. Tujuan Sekolah
  3. BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
    1. Struktur Kurikulum
    2. Muatan Kurikulum
  4. BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
  5. BAB V PENUTUP
    1. Lampiran
      1. Lampiran 1: Contoh Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Standar, Indikator ke dalam Tema
      2. Lampiran 2: Contoh Jaringan Tema
      3. Lampiran 3: Contoh Silabus Tematik
      4. Lampiran 4: RPP Tematik
      5. Lampiran 5: Silabus Muatan Lokal
      6. Lampiran 6: RPP Muatan Lokal
      7. Lampiran 7: Pengertian Istilah dan Profil
      8. Lampiran 8: Abstrak
    BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
      1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah
      2. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional pendidikan terdiri atas Standar isi, proses, kompetensi lulusan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari delapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu srtandar isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
      3. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang berguna bagi individu, masyarakat, bangsa, dan negara. Sementara itu, penyelenggaraan pendidikan merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
        Filsafat pendidikan yang menekankan tentang hakekat manusia.
      4. Teori Pendidikan sebagai turunan dari filsafat pendidikan, antara lain menjabarkan adanya empat teori, yaitu teori pendidikan klasik (Perenialisme dan Esensialisme), teori pendidikan instruksional, teori pendidikan pribadi yang meliputi: pendidikan progresif dan romantik, serta teori pendidikan interaksional.
      5. Dalam proses pendidikan, setiap peserta didik mengembangkan potensinya melalui proses interaksi dengan pendidik, kawan sebaya, lingkungan, dan sumber belajar lainnya. Proses pendidikan ini akan memungkinkan peserta didik menghayati pengalaman belajar untuk mewujudkan empat pilar pendidikan, yaitu belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar untuk mampu melakukan (learning to do),
        belajar menjadi diri sendiri (learning to be), dan belajar untuk hidup bersama (learning to live together).
      6. Untuk mewujudkan tujuan tersebut setiap peserta didik harus menguasai seperangkat kompetensi lulusan satuan pendidikan maupun kompetensi lulusan mata pelajaran melalui KTSP. Penyusunan KTSP Pendidikan Khusus pada umumnya dan KTSP SDLB Negeri Karangasem dikembangkan dengan memperhatikan landasan konseptual sebagai berikut:
      Contoh Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
      Contoh Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
    2. Downloan Juga Lampiran – Lampiran Di Bawah Ini 1.Lampiran 1 Pemetaan SK KD File Bentuk PDF 2.Lampiran 1 Pemetaan SK KD File Bentuk DOC 3.Lampiran 2 Jaringan Tema SDLB File Bentuk PDF 4.Lampiran 2 Jaringan Tema SDLB File Bentuk DOC 5.Lampiran 3 Silabus Tematik File Bentuk PDF 6.Lampiran 3 Silabus Tematik File Bentuk DOC 7.Lampiran 4 RPP Temetik File Bentuk PDF 8.Lampiran 4 RPP Temetik File Bentuk DOC 9.Lampiran 5 Silabus Muatan Lokal File Bentuk PDF 10.Lampiran 5 Silabus Muatan Lokal File Bentuk DOC 11.Lampiran 6 RPP Muatan Lokal File Bentuk PDF 12.Lampiran 6 RPP Muatan Lokal File Bentuk DOC 13.Lampiran 7 Pengertian Istilah dan Profil File Bentuk PDF 14.Lampiran 7 Pengertian Istilah dan Profil File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar