Rabu, Agustus 26, 2009

CONTOH KURIKULUM MODEL KTSP SD/MI

CONTOH KURIKULUM MODEL KTSP SD/MI
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAAN
TIM PENYUSUN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Landasan
  3. Tujuan Penyusunan KTSP
  4. Prinsip Pengembangan KTSP
BAB II VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH
  1. Visi
  2. Misi
  3. Tujuan Sekolah
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
  1. Struktur Kurikulum
  2. Muatan Kurikulum
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN BAB V PENUTUP
  1. LAMPIRAN


    1. Contoh Silabus (Dokumen terpisah)
    2. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Dokumen terpisah
BAB PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Peralihan sistim pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi telah menjadikan perubahan paradigma berbagai unsur penyelenggaraan pemerintahan, termasuk pendidikan. Hal ini telah mendorong adanya perubahan dari berbagai aspek pendidikan termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru sehingga mengalami perubahan- perubahan kebijakan.
  3. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
  4. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Dengan demikian guru diharapkan menjadi lebih mengenal dengan baik dan lebih merasa memiliki kurikulum tersebut. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai dengan tuntutan kebutuhan
  5. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)diharapkan mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untukhidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. KTSP dengan demikian merupakan acuan bagi perwujudan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi.
Contoh Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Contoh Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Download Juga Lampiran – lampiran Contoh Silabus dan Rpp
1. Lampiran 1 Contoh Silabus dan Rpp File Bentuk PDF
2. Lampiran 1 Contoh Silabus dan Rpp File Bentuk DOC
3. Lampiran 2 Contoh Silabus dan Rpp File Bentuk PDF
4. Lampiran 2 Contoh Silabus dan Rpp File Bentuk DOC

ِ
سْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 47: Puasa Anak-Anak
964. Abu Hurairah رضي الله عنه berkata, "Nabi melarang melakukan wishal (Dalam satu riwayat: 'Janganlah kamu melakukan wishal', beliau ucapkan dua kali) dalam berpuasa. Salah seorang (dalam satu riwayat: Beberapa orang 8/32) dan kaum muslimin berkata, 'Sesungguhnya engkau berwishal, wahai Rasulullah.' Beliau bersabda, 'Siapakah diantara kamu yang seperti aku? Sesungguhnya aku bermalam dengan diberi makan dan minum oleh Tuhanku.' (Lalu mereka tetap memaksakan diri melakukan semampu mungkin). Ketika mereka enggan menghentikan wishal, beliau mewishalkan mereka sehari, kemudian sehari. Kemudian mereka melihat tanggal, lalu beliau bersabda, 'Seandainya tanggal itu mundur, niscaya aku tambahkan kepadamu.' Beliau bersabda begitu seakan-akan hendak menghukum mereka ketika mereka enggan menghentikan (wishal)."

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar