DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
- BAB I: PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Landasan
- Tujuan Penyusunan KTSP
- Prinsip Pengembangan KTSP
- Latar Belakang
- BAB II: VISI, MISI,DAN TUJUAN SEKOLAH
- Visi
- Misi
- Tujuan Sekolah
- Visi
- BAB III: STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
- Struktur Kurikulum
- Muatan Kurikulum
- Mata Pelajaran Wajib
- Muatan Lokal
- Pengembangan Diri
- Pengaturan Beban Belajar
- Ketuntasan Belajar
- Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan
- Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
- Mata Pelajaran Wajib
- Struktur Kurikulum
- BAB IV: KALENDER PENDIDIKAN
- BAB V: PENUTUP
- LAMPIRAN
- SILABUS
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
- SILABUS
- BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Departemen Pendidikan Nasional telah menetapkan kerangka dasar Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD).
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Pengembangannya harus berdasarkan satuan pendidikan, potensi daerah, atau karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat dan peserta didik.
- Pemberlakuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan diberikannya wewenang kepada satuan pendidikan untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu Pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan Pasal 35 mengenai standar nasional pendidikan.
- Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Departemen Pendidikan Nasional telah menetapkan kerangka dasar Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD).
Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Download Juga Lampiran Contoh Silabus dan Rpp
1. Lampiran 1 Contoh Silabus dan Rpp File Bentuk Rar/Zip
2. Lampiran 2 Contoh Silabus dan Rpp File Bentuk Rar/Zip - Latar Belakang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar