Jumat, Agustus 28, 2009

CONTOH MODEL KURIKULUM KTSP SMPLB


CONTOH MODEL KURIKULUM KTSP SMPLB
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
  1. BAB I. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Landasan
    3. Tujuan Penyususnan
    4. Prinsip Pengembangan KTSP
  2. BAB II. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
    1. Visi
    2. Misi
    3. Tujuan Sekolah
  3. BAB III. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
    1. Struktur Kurikulum
    2. Muatan Kurikulum
  4. BAB IV. KALENDER PENDIDIKAN
    1. Alokasi Waktu dalam Kalender Pendidikan
    2. Rincian Kalender Pendidikan
  5. BAB V. PENUTUP
    1. Lampiran
      1. Contoh Silabus
      2. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
      3. Daftar Istilah
      4. Profil Sekolah
  1. BAB I. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
      1. Berkembangnya demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan diikuti dengan perubahan pengelolaan pendidikan dari pengelolaan sentralistik menjadi desentralistik.Hal ini tidak terlepas dari Undang-undang Nomor 32 Tahun 2003 tentang Pemerintah Daerah dan dilanjutkan dengan pelaksanaan otonomi daerah memberikan peluang yang cukup luas pada daerah untuk menentukan kebijakan- kebijakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah masing-masing termasuk penyelenggaraan pendidikan.
      2. Implikasi dari kebijakan tersebut berdampak pada desentralisasi kurikulum, sebagaimana diketahui bahwa kurikulum merupakan substansi pendidikan yang sangat penting. Dengan desentralisasi kurikulum terutama pada pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang didukung oleh manajemen berbasis sekolah memungkinkan tiap-tiap sekolah untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa,keadaan sekolah, dan kondisi daerah masing-masing.Hasil pengembangan tersebut akanmenjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTSP)yang akan diselenggarakan pada sekolah-sekolah masing-masing. Hal ini mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP).
      3. Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan berupaya mengembangkan KTSP dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan siswa,kondisi sekolah dan daerah.Dengan pengembangan tersebut diharapkan sekolah dapat membekali peserta didik berupa pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi daerah setempat.
      4. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan,kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
      5. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar isi,proses,kompetensi lulusan, sarana dan prasarana, pengelolaan,pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari delapan Standar Nasional Pendidikan tersebut,yaitu Standar Isi(SI)dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar