Senin, Agustus 31, 2009

Kurikulum Inovatif Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD)Formal dan Nonformal

Kurikulum Inovatif Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD)Formal dan Nonformal
DAFTAR ISI
  1. BAB I PENDAHULUAN
    1. Rasional
    2. Tujuan
    3. Lingkup Pengembangan Model Kurikulum PAUD
  2. BAB II KERANGKA FILOSOFIS
    Pembelajaran Berbasis Alam
  3. BAB III PRINSIP – PRINSIP
    Pembelajaran Berbasis Alam
  4. BAB IV PENDEKATAN DAN METODE PBA
    1. Pendekatan Pembelajaran berbasis Alam
    2. Metode Pembelajaran Berbasis Alam
  5. BAB V PENGGUNAAN MEDIA DAN SUMBER
    Pembelajaran Berbasis Alam
  6. Bab VI PENGORANISASIAN KEGIATAN
    1. Pembelajaran Berbasis Alam
    2. Daftar Pustaka
    3. Lampiran
  1. Bab1 PENDAHULUAN
    1. Rasional
      1. Kurikulum merupakan seperangkat konsep yang mengatur tentang isi, tujuan dan
        proses pendidikan yang akan dilaksanakan. Konsep yang diatur dalam kurikulum bersifat tidak kaku dan stagnan melainkan suatu gagasan yang dinamis dan progresif, terutama dalam memenuhi kebutuhan perkembangan anak pada berbagai aspek, kondisi perubahan sosio-antropologis dan ilmu pengetahuan serta teknologi, khususnya dalam bidang ilmu pendidikan dan/atau pembelajaran. Atas dasar itu, perlu diupayakan pemahaman dan sosialisasi perlunya pengembangan model kurikulum inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan pendidik anak usia dini yang menyelenggarakan pendidikan pada berbagai lingkungan pendidikan keluarga (informal), masyarakat (nonformal) dan sekolah (formal).
      2. Pengembangan model kurikulum inovatif diarahkan untuk membantu pendidik anak usia dini dalam merancang model kurikulum, khususnya pada proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak. Melalui upaya ini diharapkan akan memberikan pencerahan pada pendidik anak usia dini untuk mengembangkan variasi proses pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan anak memperoleh sejumlah pengalaman belajar secara langsung (real learning), bermakna (meaningfull) dan konstruktif.
    2. Tujuan
      1. Tujuan pengembangan model kurikulum inovatif PAUD dengan model
        pembelajaran berbasis alam disusun sebagai panduan praksis pembelajaran pada anak usia dini sesuai dengan karakteristik dan tahapan perkembangannya. Secara spesifik, panduanini diarahkan untuk :
        1. Memberikan guideline bagi pendidik dan stakeholder lainnya dalam melaksanakan pendidikan pada anak usia dini khususnya dalam melaksanakan proses pembeljaran berbasis alam .
        2. Memberikan panduan kepada guru dalam memahami konsep falsafah pendidikan yang
          menjadi dasar kerangka berpikir dan bertindak secara praksis dan profesional.
        3. Membantu pendidik dalam merancang dan mengembangkan proses pembelajaran pada anak usia dini yang memungkinkan tejadinya moving melalui sumber belajar yang berbasis alam.
        4. Membantu guru menyesuaikan pratik pembelajaran pada anak usia dini sesuai dengan falsafah pendidikan yang mendasarinya.
      Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
      Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
    Download Juga Lampiran – Lampiran Di Bawah Ini  
    1. Lampiran 1 Konsep Peng. Kur-Inov PAUD File Bentuk PDF  
    2. Lampiran 1 Konsep Peng. Kur-Inov PAUD File Bentuk DOC  
    3. Lampiran 2 Rpp Kur-Inov PAUD File Bentuk PDF  
    4. Lampiran 2 Rpp Kur-Inov PAUD File Bentuk DOC


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 46: Apabila Orang Berpuasa Sudah Berbuka dalam Bulan Ramadhan, Kemudian Matahari Kelihatan Lagi
959. Asma' binti Abu Bakar رضي الله عنه berkata, "Kami berbuka pada masa Nabi pada hari yang berawan, kemudian matahari tampak lagi." Kemudian ditanyakan kepada Hisyam, "Apakah para sahabat disuruh mengqadha?" Hisyam berkata, "Harus mengqadha?"
Ma'mar berkata, "Saya mendengar Hisyam berkata, 'Aku tidak mengetahui, apakah mereka itu mengqadha atau tidak.'"[71]
[71] Di-maushul-kan oleh Abd bin Humaid, dia berkata, "Kami diberi tahu oleh Ma'mar tentang hal itu." Sanadnya sahih.

1 komentar:

  1. sangat inovatif sekali, terima kasih informasinya...
    bisa dilihat juga tentang inovasi pendidikan di majalah :
    http://kafebuku.com/pengusaha-muslim-inovasi-pendidikan-untung-besar/

    BalasHapus