(SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY)
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
- BAB I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Tujuan Kegiatan
- Ruang Lingkup
- Latar Belakang
- BAB II. LANDASAN
- Landasan Yuridis
- Landasan Filosofis
- Landasan Teoritis
- Hakikat Sain, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat
- Visi, Misi, dan Tujuan Pembelajaran dengan Pendekatan SETS
- Pembelajaran dengan Pendekatan SETS
- Domain Pembelajaran Bervisi SETS
- Hakikat Sain, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat
- Landasan Empiris
- Landasan Yuridis
- BAB III. POLA PENGEMBANGAN MODEL BERVISI SETS
- Prinsip Pengembangan Kurikulum
- Langkah-Langkah Pengembangan
- Prinsip Pengembangan Kurikulum
- BAB IV. PELAKSANAAN DAN IMPLIKASI PENGEMBANGAN
MODEL KURIKULUM BERVISI SETS
- Pelaksanaan
- Peralihan Menuju Pembelajaran SETS
- Implikasi
CONTOH Model Kurikulum SMAN 1 Imogiri
- Dokumen 1: Kurikulum SMAN 1 Imogiri
- Dokumen 2: Silabus dan RPP
- Dokumen 1: Kurikulum SMAN 1 Imogiri
- Pelaksanaan
- Bab I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Perkembangan kehidupan di masyarakat menuntut diberlakukannya pendidikan secara lebih terstruktur yang memungkinkan dihasilkannya lulusan yang sesuai dengan kebutuhan di masyarakat tersebut. Aktivtas pembelajaran di sekolah sebagai wujud nyata penterjemahan sistem pendidikan di sekolah pada umumnya dan di kelas pada khususnya seharusnya tidak mengkotak-kotakan secara kaku berbagai bahan kajian melalui mata pelajaran-mata pelajaran. Hal ini dimaksudkan agar hasil belajar di sekolah terasakan manfaatnya baik bagi peserta didik langsung maupun bagi masyarakat seeara luas. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dituangkan di dalam standar isi untuk mata pelajaran yang terpisah-pisah sebaiknya dimaknai bahwa pencapaiannya dapat ditempuh melalui pengintegrasian SK dan KD beberapa mata pelajaran ke dalam satu wadah pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa ditempuh adalah melalui model pembelajaran sain, lingkungan, teknologi dan masyarakat (SETS).
- Perkembangan sain dan teknologi serta dampaknya pada lingkungan dan masyarakat, menjadi semakin tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Mengingat keterkaitan yang sangat erat antara lingkungan, teknologi, dan masyarakat dengan sain, maka sangat dimungkinkan untuk menggunakan keterkaitan tersebut sebagai cara pandang atau visi kita dalam melihat sesuatu. Oleh karena itu meniadakan keterkaitan keempat unsur tersebut menjadi tidak relevan dalam konteks pendidikan masa kini. Untuk mewujudkan proses pembelajaran yang mengembangkan konsep sain, dengan memperhatikan penggunaanya pada teknologi, dan dampaknya bagi lingkungan dan masyarakat, maka dikembangkanlah pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) sebagai pilihan dalam proses pembelajaran yang ada. Selain memberi peluang kepada peserta didik untuk belajar secara kontekstual, pendekatan ini juga memberi peluang dikembangkannya life skills pada diri peserta didik. Oleh karena itu, sangat relevan jika visi serta pendekatan SETS digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
- Sebagai visi, secara sengaja kita membawa pemikiran para peserta didik tentang keberadaan keempat unsur Salingtemas (SETS) serta berbagai implikasi yang terkandung atau tercakup di dalamnya ketika mereka ”melihat” sesuatu. Dari sana diharapkan peserta didik dapat menghasilkan pemikiran atau gagasan-gagasan baru (inovatif) yang dapat dihasilkan dari hasil ”penglihatan” itu sesuai dengan kemampuan mereka di jenjang usia atau jenjang pendidikan yang mereka lewati dengan memadukan berbagai macam pengalaman hidup mereka.
Gambaran Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
- Perkembangan kehidupan di masyarakat menuntut diberlakukannya pendidikan secara lebih terstruktur yang memungkinkan dihasilkannya lulusan yang sesuai dengan kebutuhan di masyarakat tersebut. Aktivtas pembelajaran di sekolah sebagai wujud nyata penterjemahan sistem pendidikan di sekolah pada umumnya dan di kelas pada khususnya seharusnya tidak mengkotak-kotakan secara kaku berbagai bahan kajian melalui mata pelajaran-mata pelajaran. Hal ini dimaksudkan agar hasil belajar di sekolah terasakan manfaatnya baik bagi peserta didik langsung maupun bagi masyarakat seeara luas. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dituangkan di dalam standar isi untuk mata pelajaran yang terpisah-pisah sebaiknya dimaknai bahwa pencapaiannya dapat ditempuh melalui pengintegrasian SK dan KD beberapa mata pelajaran ke dalam satu wadah pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa ditempuh adalah melalui model pembelajaran sain, lingkungan, teknologi dan masyarakat (SETS).
1. Lampiran 1 Contoh Silabus dan Rpp PAI SETS File Bentuk PDF
2. Lampiran 1 Contoh Silabus dan Rpp PAI SETS File Bentuk DOC
3. Lampiran 2 Contoh Silabus dan Rpp PKn SETS File Bentuk PDF
4. Lampiran 2 Contoh Silabus dan Rpp PKn SETS File Bentuk DOC
5. Lampiran 3 Contoh Silabus dan Rpp B Indo SETS File Bentuk PDF
6. Lampiran 3 Contoh Silabus dan Rpp B Indo SETS File Bentuk DOC
7. Lampiran 4 Contoh Silabus dan Rpp Matematika SETS File Bentuk PDF
8. Lampiran 4 Contoh Silabus dan Rpp Matematika SETS File Bentuk DOC
9. Lampiran 5 Contoh Silabus dan Rpp B Inggris SETS File Bentuk PDF
10. Lampiran 5 Contoh Silabus dan Rpp B Inggris SETS File Bentuk DOC
11. Lampiran 6 Contoh Silabus dan Rpp Fisika SETS File Bentuk PDF
12. Lampiran 6 Contoh Silabus dan Rpp Fisika SETS File Bentuk DOC
13. Lampiran 7 Contoh Silabus dan Rpp Kimia SETS File Bentuk PDF
14. Lampiran 7 Contoh Silabus dan Rpp Kimia SETS File Bentuk DOC
15. Lampiran 8 Contoh Silabus dan Rpp Biologi SETS File Bentuk PDF
16. Lampiran 8 Contoh Silabus dan Rpp Biologi SETS File Bentuk DOC
17. Lampiran 9 Contoh Silabus dan Rpp Ekonomi SETS File Bentuk PDF
18. Lampiran 9 Contoh Silabus dan Rpp Ekonomi SETS File Bentuk DOC
19. Lampiran 10 Contoh Silabus dan Rpp Geografi SETS File Bentuk PDF
20. Lampiran 10 Contoh Silabus dan Rpp Geografi SETS File Bentuk DOC
21. Lampiran 11 Contoh Silabus dan Rpp Sosiologi SETS File Bentuk PDF
22. Lampiran 11 Contoh Silabus dan Rpp Sosiologi SETS File Bentuk DOC
23. Lampiran 12 Contoh Silabus dan Rpp Seni Budaya SETS File Bentuk PDF
24. Lampiran 12 Contoh Silabus dan Rpp Seni Budaya SETS File Bentuk DOC - Latar Belakang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar