Jumat, Agustus 14, 2009

RPP BAHASA INDONESIA (X.A) Kls. X SMK / MAK


RPP BAHASA INDONESIA (X.A) Kls. X SMK / MAK
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Nama Sekolah : SMK / MAK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X(sepuluh) / 1(satu), 2(dua)
Pertemuan Ke- : 1, 2, 3
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana
  2. Kompetensi Dasar
    Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi.
  3. Tujuan Pembelajaran

    1. Memahami pengertian ciri-ciri, macam-macam kata tanya, jenis kalimat tanya.
    2. Mengaplikasikan Kalimat tanya secara efektif dan benar
    3. Memahami formula 5 WIH (What, who, why, when, where, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi komunikasi


  1. Materi Pembelajaran

    1. Kalimat tanya : Pengertian, ciri-ciri, macam-macam kata tanya, jenis kalimat tanya.
    2. Kalimat tanya yang efektif.
    3. Formula 5 WIH (What, who, why, when, where, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi komunikasi.

  2. Indikator dan Kompetensi

    1. Indikator pencapaian hasil belajar dan kompetensi siswa
    2. Setelah mengikuti KBM, siswa diharapkan dapat:
    3. Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan topik pembicaraan secara tertulis.
    4. Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak secara tertulis untuk memantapkan klarifikasi atau konfirmasi.
    5. Menyampaikan pertanyaan retorik secara tertulis.
    6. Menyampaikan pertanyaan secara tersamar dengan kalimat tanya secara tertulis.

  3. Kegiatan Pembelajaran

    1. Pendahuluan:
      Pengkondisian kelas: berdoa, pengabsenan, apersepsi.
      Penyampaian informasi materi yang akan dibahas.
      Melaksanakan tes awal.
    2. Kegiatan Inti:
      Menyimak topik pembicaraan dari rekaman/membaca teks.
      Mendaftarkan pokok-pokok permasalahan dari bahan yang disimaknya/dibacanya.
      Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan
      pokok permasalahan yang dihadapi secara tertullis.
      Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak secara tertulis.
      Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jawaban) secara tertulis.
      Menyampaikan pertanyaan secara tertulis dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, menyakinkan, menyetujui, atau menyanggah.
    3. Penutup:
      Penyimpulan , Pemberian tugas , Melaksanakan tes akhir
      Penyampaian informasi materi untuk pertemuan berikutnya.

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Nama Sekolah : SMK / MAK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X(sepuluh) / 1(satu), 2(dua)
Pertemuan Ke- : 9(sembilan)
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana
  2. Kompetensi Dasar
    Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja

    1. Tujuan Pembelajaran

      1. Memahami kiat pengenalan perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan
      2. Memahami kiat perumusan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka, atau bagan

    2. Materi Pembelajaran

      1. Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja
      2. Peran dan manfaat kamus dalm belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara
      3. Proses pembentukan kata baru
      4. Relasi makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata

    3. Indikator dan Kompetensi Siswa

      1. Indikator pencapaian hasil belajar dan kompetensi siswa
      2. Setelah mengikuti KBM, siswa diharapkan dapat:
      3. Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
      4. Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
      5. Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
      6. Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman

    4. Kegiatan Pembelajaran

      1. Pendahuluan:
        Pengkondisian kelas: berdoa, pengabsenan, apersepsi.
        Penyampaian informasi materi yang akan dibahas.
        Melaksanakan tes awal.
      2. Kegiatan Inti:
        Menyimak topik pembicaraan dari rekaman/membaca teks.
        Mendaftarkan pokok-pokok permasalahan dari bahan yang disimaknya/dibacanya.
        Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan pokok permasalahan yang dihadapi secara tertullis.
        Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak secara tertulis.
        Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jawaban) secara tertulis.
        Menyampaikan pertanyaan secara tertulis dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, menyakinkan, menyetujui, atau menyanggah.
      3. Penutup:
        Penyimpulan , Pemberian tugas , Melaksanakan tes akhir
        Penyampaian informasi materi untuk pertemuan berikutnya.

    5. Metode:
      Ceramah , Tanya jawab
      Penugasan
    6. Media Pembelajaran

      1. Fasilitas Alat
        1. Kelas beserta kelengkapannya
        2. Peralatan yang mendukung
      2. Sumber Belajar
        Modul Bahasa Idonesia SMK tingkat semenjana
        Buku yang relevan

    7. Penilaian
      Prosedur : Tes Awal dan Tes akhir
      Jenis tes : lisan dan tertulis
      Bentuk tes : Uraian, objektif

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC



بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 6: Orang yang Berpuasa Ramadhan Karena Iman dan Mengharapkan Pahala dari Allah Serta Keikhlasan Niat
Aisyah رضي الله عنها mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Orang-orang akan dibangkitkan dari kuburnya sesuai dengan niatnya."[3]
(Saya berkata, "Dalam bab ini Imam Bukhari meriwayatkan dengan isnadnya hadits Abu Hurairah yang tertera pada nomor 26 di muka.")
[3] Akan disebutkan secara maushul dengan lengkap pada permulaan kitab AL-BUYU'.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar