Jumat, Agustus 07, 2009

RPP MATEMATIKA STATISTIK (1) Kls. XII SMK/MK


RPP MATEMATIKA STATISTIK (1) Kls. XII SMK/MK
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika Konsep Statistik
Kelas / Semester: XII(duabelas) / Ganjil
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran

  1. Standart Kompetensi
    Menerapkan Konsep Statistika
  2. Kompetensi Dasar
    Menyajikan data dalam tabel dan diagram
  3. Indikator
    Data disajikan dalam bentuk tabel
  4. Tujuan Pembelajaran :

    1. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh tabel dan macam-macam diagram
    2. Siswa dapat menentukan besarnya jangkauan dari data acak
    3. Siswa dapat menetapkan banyaknya kelas / interval
    4. Siswa dapat menentukan panjang interval
    5. Siswa dapat membuat tabel distribusi frekuensi dari data acak / tunggal
    6. Siswa dapat menyebutkan pengertian frekuensi
    7. Siswa dapat menyebutkan batas atas interval, batas bawah interval, tepi atas interval, tepi bawah interval dan nilai tengah interval
    8. Siswa dapat menghitung frekuensi komulatif pada suatu interval



  1. Materi Ajar :
    Tabel Distribusi Frekuensi.
    Untuk membuat tabel distribusi frekuensi dari data acak, diperlukan langlah-langkah sebagai berikut :

    1. Jangkauan / Range (R)
      adalah selisih nilai data tertinggi dengan nilai data terendah.
      Rumus :
      R = Xt - Xr dimana : Xt = Nilai data tertinggi , Xr = Nilai data terendah
    2. Banyaknya kelas / banyaknya interval ( K )
      Rumus aturan STURGES :
      K = 1 + 3,3 log N dimana : K = banyaknya kelas , N = banyaknya data
    3. Interval kelas / panjang kelas (p)
      Rumus : p = R / K
      dimana : R = Jangkauan , K = banyaknya kelas

  2. Metode Pembelajaran :
    Diskusi kelompok , Tanya Jawab , Ceramah
    Pemberian tugas
  3. Langkah-Langkah Pembelajaran :

    1. Guru memberikan pengantar dengan contoh-contoh tabel dan iluatrasi
    2. Siswa menyebutkan tampilan data yang sering dijumpai
    3. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan tugas membuat
      tabel distribusi frekuensi dari data acak
    4. Guru membahas hasil diskusi kelompok
    5. Siswa mengerjakan soal-soal latihan modul
    6. Siswa mengerjakan tes formatif
    7. Guru membahas soa-soal tes formatif

  4. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
    ~Contoh-contoh gambar tabel dan diagram
    ~Alat praga dengan LCD
  5. Sumber belajar
    ~ Modul 13 (untuk kalangan sendiri)
    ~ Matematika SMK (Galaksi Puspa Mega)
  6. Penilaian :
    1. Data berat badan anak usia SD tercatat sebagai
    berikut :
    25 36 23 34 40 24 36 38 45 29
    40 35 24 26 29 31 36 42 41 40
    39 24 26 31 40 27 28 41 44 37
    Buatlat tabel distribusi frekuensi dari data tersebut diatas ?
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC



بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Riyadhus Shalihin
-Imam An-Nawawi-
Bab 11: Bersungguh-sungguh
Kelima: Dari Aisyah رضي الله عنها juga bahwasanya ia berkata: "Rasulullah itu apabila masuk hari sepuluh, maka ia menghidup-hidupkan malamnya dan membangunkan isterinya dan bersungguh-sungguh serta mengeraskan ikat pinggangnya." Yang dimaksudkan ialah:
Hari sepuluh artinya sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan - jadi antara tanggal 21 Ramadhan sampai habisnya bulan itu. Mi'zar atau izar dikeraskan ikatannya maksudnya sebagai sindiran menyendiri dari kaum wanita - yakni tidak berkumpul dengan isteri-isterinya, ada pula yang memberi pengertian bahwa maksudnya itu ialah amat giat untuk beribadat. Dikatakan: Saya rnengeraskan ikat pinggangku untuk perkara ini, artinya: Saya bersungguh-sungguh melakukannya dan menghabiskan segala Waktu untuk merampungkannya

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar