RPP MATRIKS (MATEMATIKA) SLTA
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SLTA
Mata Pelajaran : M A T R I K S(Matematika)
Kelas / Semester:
Pertemuan ke : 1(SATU) dan 2(DUA)
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
- Standar Kompetensi
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks. - Kompetensi Dasar
Menyelesaikan operasi matriks - Indikator
- Matriks ditentukan unsur dan notasinya
- Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya
- Matriks ditentukan unsur dan notasinya
- Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari konsep mendeskripsikan macam-macam matriks diharapkan siswa dapat :
Memiliki pemahaman mengenai pengertian matriks.
Dapat membedakan antara baris dan kolom matriks
Mengetahui elemen-elemen suatu matriks
Dapat menuliskan notasi-notasi matriks
Dapat menyebutkan ordo suatu matriks
Dapat menyebutkan macam-macam matriks
Dapat mengidentifikasi dua matriks yang sama
Memiliki kemampuan untuk menunujukkan transpose suatu matriks dan lawan suatu matriks
- Setelah mempelajari konsep mendeskripsikan macam-macam matriks diharapkan siswa dapat :
- Materi Ajar
- Pengertian Matriks
Dalam kehidupan sehari-sehari tanpa kita sadari terkadang sebuah kegiatan yang kita laksanakan dapat kita tampilkan dalam materi matematika, kita sajikan dalam bentuk tabel. - Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Pemberian Tugas
- CBSA
- Ceramah
- Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal
Mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang pembelajaran sebelumnya.
Membahas soal-soal pekerjaan rumah apabila ada.
Menjelaskan kepada siswa tentang bagian yang perlu untuk dibenahi. - Kegiatan Inti
Menjelaskan pengertian matriks dan definisi matriks
Menjelaskan pengertian notasi sigma, baris, kolom, elemen dan ordo matriks
Membedakan jenis-jenis matriks
Menentukan elemen (anggota) pada matriks berordo (mxn)
Menjelaskan kesamaan matriks (syarat kedua matriks sama)
Menjelaskan transpose matriks dari suatu matriks yang ditentukan
Menjelaskan lawan matriks dari suatu matriks yang ditentukan - Kegiatan Akhir
Peserta didik membuat rangkuman.
Siswa diberi kesempatan menanyakan materi yang belum jelas
Guru memberi penghargaan pada peserta yang aktif dan kinerjanya baik
Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah
- Kegiatan Awal
- Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Alat tulis seperti
Papan tulis, kapur, penggaris, buku, dll. - Alat perga seperti
Benda-benda di sekitar kita yang diatur secara matriks
Bahan untuk peraga seperti benda atau siswa sebagai elemen matriks
- Alat tulis seperti
- Sumber belajar
Buku modul yang memuat matriks
Referensi lain yang relevan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
I.Bulughul Maram
-Ibnu Hajar Al-Ashqolani-
Kitab Puasa
Dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda: "Janganlah mengkhususkan malam Jum'at untuk bangun beribadah dibanding malam-malam lainnya dan janganlah mengkhususkan hari Jum'at untuk berpuasa dibanding hari-hari yang lainnya, kecuali jika seseorang di antara kamu sudah terbiasa berpuasa."
Diriwayatkan oleh Muslim.
II.Bulughul Maram
-Ibnu Hajar Al-Ashqolani-
Kitab Puasa
'Aisyah رضي الله عنها berkata: Disunatkan bagi orang yang beri'tikaf untuk tidak menjenguk orang sakit, tidak melawat jenazah, tidak menyentuh perempuan dan tidak juga menciumnya, tidak keluar masjid untuk suatu keperluan kecuali keperluan yang sangat mendesak, tidak boleh i'tikaf kecuali dengan puasa, dan tidak boleh i'tikaf kecuali di masjid jami'. Riwayat Abu Dawud. Menurut pendapat yang kuat hadits ini mauquf akhirnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar