Senin, Agustus 17, 2009

RPP MATRIKS (MATEMATIKA) SLTA


RPP MATRIKS (MATEMATIKA) SLTA
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SLTA
Mata Pelajaran : M A T R I K S(Matematika)
Kelas / Semester:
Pertemuan ke : 1(SATU) dan 2(DUA)
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
  2. Kompetensi Dasar
    Menyelesaikan operasi matriks
  3. Indikator

    1. Matriks ditentukan unsur dan notasinya
    2. Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya

  4. Tujuan Pembelajaran

    1. Setelah mempelajari konsep mendeskripsikan macam-macam matriks diharapkan siswa dapat :
      Memiliki pemahaman mengenai pengertian matriks.
      Dapat membedakan antara baris dan kolom matriks
      Mengetahui elemen-elemen suatu matriks
      Dapat menuliskan notasi-notasi matriks
      Dapat menyebutkan ordo suatu matriks
      Dapat menyebutkan macam-macam matriks
      Dapat mengidentifikasi dua matriks yang sama
      Memiliki kemampuan untuk menunujukkan transpose suatu matriks dan lawan suatu matriks


    Materi Ajar

    1. Pengertian Matriks
      Dalam kehidupan sehari-sehari tanpa kita sadari terkadang sebuah kegiatan yang kita laksanakan dapat kita tampilkan dalam materi matematika, kita sajikan dalam bentuk tabel.

  1. Metode Pembelajaran

    1. Ceramah
    2. Tanya Jawab
    3. Diskusi
    4. Pemberian Tugas
    5. CBSA

  2. Langkah-langkah Pembelajaran

    1. Kegiatan Awal
      Mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang pembelajaran sebelumnya.
      Membahas soal-soal pekerjaan rumah apabila ada.
      Menjelaskan kepada siswa tentang bagian yang perlu untuk dibenahi.
    2. Kegiatan Inti
      Menjelaskan pengertian matriks dan definisi matriks
      Menjelaskan pengertian notasi sigma, baris, kolom, elemen dan ordo matriks
      Membedakan jenis-jenis matriks
      Menentukan elemen (anggota) pada matriks berordo (mxn)
      Menjelaskan kesamaan matriks (syarat kedua matriks sama)
      Menjelaskan transpose matriks dari suatu matriks yang ditentukan
      Menjelaskan lawan matriks dari suatu matriks yang ditentukan
    3. Kegiatan Akhir
      Peserta didik membuat rangkuman.
      Siswa diberi kesempatan menanyakan materi yang belum jelas
      Guru memberi penghargaan pada peserta yang aktif dan kinerjanya baik
      Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah

  3. Alat / Bahan / Sumber Belajar

    1. Alat tulis seperti
      Papan tulis, kapur, penggaris, buku, dll.
    2. Alat perga seperti
      Benda-benda di sekitar kita yang diatur secara matriks
      Bahan untuk peraga seperti benda atau siswa sebagai elemen matriks

  4. Sumber belajar
    Buku modul yang memuat matriks
    Referensi lain yang relevan

Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


>بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

I.Bulughul Maram
-Ibnu Hajar Al-Ashqolani-
Kitab Puasa
Dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda: "Janganlah mengkhususkan malam Jum'at untuk bangun beribadah dibanding malam-malam lainnya dan janganlah mengkhususkan hari Jum'at untuk berpuasa dibanding hari-hari yang lainnya, kecuali jika seseorang di antara kamu sudah terbiasa berpuasa."
Diriwayatkan oleh Muslim.
II.Bulughul Maram
-Ibnu Hajar Al-Ashqolani-
Kitab Puasa
'Aisyah رضي الله عنها berkata: Disunatkan bagi orang yang beri'tikaf untuk tidak menjenguk orang sakit, tidak melawat jenazah, tidak menyentuh perempuan dan tidak juga menciumnya, tidak keluar masjid untuk suatu keperluan kecuali keperluan yang sangat mendesak, tidak boleh i'tikaf kecuali dengan puasa, dan tidak boleh i'tikaf kecuali di masjid jami'. Riwayat Abu Dawud. Menurut pendapat yang kuat hadits ini mauquf akhirnya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar