Minggu, Agustus 16, 2009

RPP MEKANIK OTOMOTIF (Bag. I) SMK / MAK


RPP MEKANIK OTOMOTIF (Bag. I) SMK / MAK
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Sekolah : SMK / MAK
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester :
Pertemuan ke :
Kode Kompetensi : OPKR-10-001 B
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Pelaksanaan pemeliharaan/servis komponen
  2. Kompetensi Dasar
    Pelaksanaan pemeliharaan/ servis komponen
  3. Indikator

    1. Pemeliharaan/servis komponen dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
    2. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
    3. Pemeliharaan/servis dilaksanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan yang ditentukan berdasarkan spesifikasi yang sesuai tehadap komponen.
    4. Pekerjaan pemeliharaan/ servis dilaksanakan dengan pedoman dari industri yang telah ditetapkan.
    5. Dilengkapi data yang tepat sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
    6. Seluruh kegiatan pemeliharaan/servis dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), K 3, peraturan perundangundangan dan prosedur/ kebijaksanaan perusahaan..


  1. Tujuan Pembelajaran

      Siswa dapat :
    1. Menentukan komponen otomotif yang harus dipelihara/diservis
    2. Menggunakan Data spesifikasi pabrik.
    3. Menggunakan metoda dan perlengkapan sesuai dengan spesifikasi industri.
    4. Mengikuti Langkah kerja pemeliharaan/ servis komponen sesuai dengan SOP K3, peraturan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.

  2. Materi Pokok

    1. Menentukan komponen otomotif yang harus dipelihara/diservis
    2. Data spesifikasi pabrik.
    3. Penggunaan metoda dan perlengkapan sesuai dengan spesifikasi industri.
    4. Langkah kerja pemeliharaan/ servis komponen sesuai dengan SOP K3, peraturan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.

  3. Metode Pembelajaran

    1. Informasi
    2. Penugasan
    3. Observasi
    4. Diskusi
    5. Demonstrasi

  4. Langkah langkah Pembelajaran

    1. Kegiatan Awal
      Guru membagikan Modul
    2. Kegiatan Inti
      Mengindentifikasi Komponen yang diservis sesuai dengan tuntutan jenis pekerjaan dengan cara mengali lmpormasi darimodul..
      Mempelajari lembaran ceklis secara berkala diakses dari buku servis kendaraan.
      Mempelajari pelaksanakan perawatan berkala sesuai dengan buku manual.
      Melaksanakan pengisian ceklis servis manual sesuai dengan komponen yang perlu perawatan.:
      Mengganti oli Mesin
      Mengganti saringan oli
      Membersihkan saringan udara dan Bahan bakar
      Memeriksa oli transmisi .
      Memeriksa tingi oli diferensial.
      Melaksanakan K3. dan sesuai SOP
    3. Kegiatan Akhir
      Siswa mengerjakan latihan soalsoal yang ada pada modul
      Guru memberikan penilaian

  5. Alat dan Sumber Belajar
    Modul , Unit kendaraan , Kartu servis , Pelumas
  6. Penilaian
    Tes Tertulis , Observasi
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC



ِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 20: Keberkahan Sahur, Tetapi Tidak Diwajibkan
Karena Nabi صلی الله عليه وسلم dan para sahabat beliau pernah melakukan puasa wishal (bersambung dua hari), dan tidak disebut-sebut tentang sahur.[10]
934. Abdullah Ibnu Umar رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi melakukan puasa wishal, lalu orang-orang melakukan puasa wishal. Tetapi, kemudian mereka merasa keberatan, lalu dilarang oleh beliau. Mereka berkata, 'Tetapi engkau melakukan puasa wishal (terus-menerus)?" Beliau bersabda, "Aku tidak seperti kamu, aku senantiasa (dalam satu riwayat: pada malam hari) diberi makan dan minum."
935. Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, "Nabi bersabda, 'Makan sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah.'"
[10] Menunjuk kepada hadits Ibnu Umar yang disebutkan dalam bab ini, dan yang sama dengannya adalah hadits Anas yang akan disebutkan pada "48 - BAB" dan hadits Abu Hurairah sesudahnya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar