Minggu, Agustus 09, 2009

RPP PEND. KEWARGANEGARAAN (1) Kls. X SMK/MK


RPP PEND. KEWARGANEGARAAN (1) Kls. X SMK/MK
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMK / MK
Mata Pelajaran : PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
Kelas/Semester : X(sepuluh) / 1(satu)
Pertemuan Ke- : 1(satu)
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

  1. Standar Kompetensi
    Mengembangkan Wawasan Kebangsaan
  2. Kompetensi Dasar
    Menganalisis hakikat wawasan kebangsaan
  3. Indikator
    Menerapkan sikap-sikap berkesadaran berbangsa
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menganalisa hakikat wawasan kebangsaan.
  5. Materi Ajar

    1. Berlandaskan ideologinya, setiap bangsa memiliki cara pandang masing-masing tentang bangsa dan tanah airnya.
    2. Konsep sebagai bangsa itu diwujudkan dan dicerminkan dari sejarah dan kebudayaannya.
    3. Cara pandang suatu bangsa tentang tanah airnya dalam hubungan dengan sejarah dan kebudayaan berdasarkan ideologi yang dianut inilah yang membentuk wawasan kebangsaan.


  1. Metode Pembelajaran
    Tanya jawab
    Ceramah bervariasi dan diskusi
    Kerja kelompok
  2. Langkah-langkah Pembelajaran

    1. Langkah Awal
      Guru melakukan Pre tes mengenai tingkat pengetahuan siswa tentang wawasan kebangsaan
      Memberikan tugas kepada siswa yang belum memenuhi syarat kompeten dari hasil pre tes
    2. Langkah Inti

      1. Guru menugaskan siswa untuk membaca modul materi wawasan kebangsaan
      2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
      3. Menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan
      4. Bersama siswa berdiskusi dalam menganalisa hakikat wawasan kebangsaan
      5. Menyimpulkan secara bersama dari hasil diskusi sebagai bahan hasil analisis tentang wawasan kebangsaan

    3. Kegiatan Akhir

      1. Melakukan Pos tes
      2. Melakukan perbaikan bagi siswa yang belum kompeten dari hasil pos tes
      3. Memberikan tugas mencari bahan yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan melalui internet secara kelompok (2 siswa)

  3. Alat/Bahan/Sumber Belajar
    Model/Literatur yang relevan
  4. Penilaian
    Bentuk Tes : Tertulis
    Bentuk soal : Isey (terlampir)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF.1
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC.1



بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Ilmu
Bab 2: Seseorang yang ditanya mengenai ilmu pengetahuan, sedangkan ia masih sibuk berbicara. Kemudian ia menyelesaikan pembicaraannya, lalu menjawab orang yang bertanya.
42. Abu Hurairah رضي الله عنه berkata, "Ketika Rasulullah صلی الله عليه وسلم di suatu majelis sedang berbicara dengan suatu kaum, datanglah seorang kampung dan berkata, 'Kapankah kiamat itu?' Rasulullah terus berbicara, lalu sebagian kaum berkata, 'Beliau mendengar apa yang dikatakan olehnya, namun beliau benci apa yang dikatakannya itu.' Dan sebagian dari mereka berkata, 'Beliau tidak mendengarnya.' Sehingga, ketika beliau selesai berbicara, maka beliau bersabda, 'Di manakah gerangan orang yang bertanya tentang kiamat?' Ia berkata, 'Inilah saya, wahai Rasulullah.' Beliau bersabda, 'Apabila amanat itu telah disia-siakan, maka nantikanlah kiamat.' Ia berkata, 'Bagaimana menyia-nyiakannya?' Beliau bersabda, 'Apabila perkara (urusan) diserahkan (pada satu riwayat disebutkan dengan: disandarkan 7/188) kepada selain ahlinya, maka nantikanlah kiamat."

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar