Minggu, Agustus 09, 2009

RPP SENI BUDAYA (1) Kls. X SMK/MK


RPP SENI BUDAYA (1) Kls. X SMK/MK
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Sub Mata Pelajaran : Teater )
Kelas / Semester: X(sepuluh) / 1(satu)
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 45 Menit
Pertemuan Ke : 1(satu)

  1. Standar Kompetensi
    Mengapresiasi karya seni teater
  2. Kompetensi Dasar
    Keserasian dalam pementasan teater dijelaskan sesuai dengan unsur-unsur pembentukan seni teater
  3. Indikator
    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater
  4. Tujuan Pemelajaran :
    Memahami konsep dasar teater
  5. Materi Ajar :
    Arti seni teater terbagi menjadi 2 (dua) yaitu :

    1. Dalam arti luas, teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan didepan orang banyak, misalnya wayang orang, ketoprak, ludrug, dsb.
    2. Dalam arti sempit, teater ialah drama kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan diatas pentas, disaksikan oleh orang bayak dengan media percakapan, gerak dan laku, dengan atau tanpa dekor, didasarkan pada naskah yang tertulis dengan atau tanpa musik, nyanyian, tarian

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


  1. Metode Pembelajaran :
    Tanya jawab , Pemberian tugas , Diskusi
    Guru menjelaskan, menerangkan, dan menyimpulkan materi ajar.
    Siswa mencatat, bertanya, dan mengerjakan tugas sesuai dengan materi ajar yang diberikan oleh guru.
  2. Langkah-langkah Pembelajaran :

    1. Kegiatan Awal :
      Guru memberikan pertanyaan / pre test kepada siswa seputar materi teater yang akan diberikan.
      Siswa menjawab dengan pengertian dan pengetahuan dari mereka sendiri.
    2. Kegiatan Inti :
      Guru memberikan penjelasan mengenai : arti seni teater secara luas dan sempit.
      Siswa mendengarkan, menyimak, mencatat dan memberikan pertanyaan seputar materi yang diberikan oleh guru.
    3. Kegiatan Akhir :
      Guru memberikan kesimpulan dari semua materi yang telah diberikan.
      Guru memberikan tugas / tes kepada siswa seputar materi yang diberikan.
      Siswa menyimak kesimpulan yang diberikan oleh guru.
      Siswa mengerjakan tugas / tes yang diberikan oleh guru

  3. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
    Buku Dramatugi, (RMA, Harymawan), CV. Rosda, Bandung, 1988.
  4. Penilaian :
    Soal yang akan diberikan ke siswa seperti :

    1. Jelaskan arti seni teater secara luas ?
    2. Jelaskan arti seni teater secara sempit ?
    3. Sebutkan formula dramatugi ( 4 M ) ?
    4. Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi demi kelangsungan kehidupan drama ?
    5. Sebutkan 4 ( empat ) macam kekuatan dasar ?

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC



سْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Ilmu
Bab 14: Barangsiapa yang Dikehendaki Allah dalam kebaikan, maka Allah Menjadikannya Pandai Agama
55. Humaid bin Abdur Rahman berkata, "Saya mendengar Mu'awiyah sewaktu ia berkhotbah mengatakan, 'Aku mendengar Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, 'Barangsiapa yang dikehendaki Allah dalam kebaikan, maka Allah menjadikannya pandai agama. Saya ini hanya pembagi (penyampai wahyu secara merata), dan Allah Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia memberi (pemahaman). Dan akan senantiasa ada [dari 4/187] umat ini [suatu umat] yang menegakkan urusan Allah. Tidaklah membahayakan mereka [orang yang meremehkan mereka (dan dalam satu riwayat: orang yang mendustakan mereka 8/189) dan tidak pula] orang yang menentang mereka (dan dalam satu riwayat: Dan urusan umat ini akan senantiasa lurus sehingga datang hari kiamat atau 8/149) sehingga datang [kepada mereka] perintah Allah [sedang mereka tetap pada yang demikian itu.' Lalu Malik bin Tukhamir berkata, 'Mu'adz berkata, 'Sedang mereka berada di negeri Syam.' Kemudian Mua'wiyah berkata, 'Malik ini mengaku bahwa dia mendengar Mu'adz berkata, 'Sedang mereka berada di negeri Syam.'"].

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar